Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

PTK MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAHasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang dialami oleh seseorang yang belajar, yang ditandai dengan bertambahnya pengetahuan dan keterampilan serta sikap seseorang. Lewat hasil belajar ini murid bisa mengetahui kemajuan-kemajuan yang sudah diraihnya dalam belajar.

Hasil belajar yang dicapai seorang siswa merupakan hasil interaksi antara faktor yang mempengaruhi baik yang berasal dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa (faktor internal dan eksternal) menurut Nana Sudjana bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yang berasal dari dalam diri siswa (faktor internal) meliputi motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan serta kemampuan siswa. Kemampuan siswa memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa di sekolah, 70% dipengaruhi oleh kemampuan siswa itu sendiri, 30% dipengaruhi oleh faktor eksternal (lingkungan sosial) yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat (Nana Sudjana,2005:39).

Berdasarkan hasil pengamatan awal penulis di sekolah SMA bahwasanya peneliti menemukan siswa kelas XI IPS.2 sebagian besar nilai ulangan harian, dan tugas belum mencapai KKM yang telah ditentukan pada mata pelajaran Ekonomi, yaitu sebesar 71. Hal ini lebih disebabkan sebagian besar siswa belum memiliki kepercayaan diri yang baik, ditandai dengan siswa belum berani bertanya secara langsung kepada guru pada materi yang tidak dipahami, siswa juga masih malu-malu untuk mengerjakan menjelaskan jawaban dari tugas individu yang diberikan guru, siswa juga masih menjawab sekedarnya pada saat guru bertanya. Setidaknya ada 4 hal yang menjadi faktor menurunnya hasil belajar seperti di bawah ini:

1. Pemebelajaran yang harus diselenggarakan secara daring memanfaatkan media jejaring sosial dimasa pandemi covid 19 yang dirasa masih asing bagi siswa kelas XI.

2. Siswa kurang memilki kepercayaan diri.

3. Siswa masih malu-malu untuk mengutarakan pendapat.

4. Kurangnya minat siswa pada mata pelajaran Ekonomi.

Dengan adanya permasalahan tersebut, dirasa harus melakukan tindakan, agar didapatkan solusi untuk permasalahan tersebut.

Berdasar rincian di atas, maka periset memilih untuk melakukan sebuah riset, sebagai salah satu langkah untuk menangani permasalahan itu. Maka dilakukanlah penelitian tindakan kelas dengan judul “Penerapan Metode Penugasan dan Tanya Jawab Memanfaatkan Aplikasi Telegram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Metode Penghitungan Pendapat Nasional Pada Kelas SMA Tahun Pelajaran 2020/2021”.

Pada siklus 1, nilai rata-rata siswa kelas XI-IPS.2 meningkat hingga mencapai 81,14. Sedangkan presentase kelulusan tes peserta didik mencapai 80%. Pada tahap siklus II menunjukkan bahwa, hasil peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPS.2 semakin maksimal. Nilai rata-rata siswa kelas XI-IPS.2 SMA  mengalami peningkatan hingga mencapai 86,18. Sedangkan presentase ketuntasan peserta didik masih mencapai 94,29%. Ini memperlihatkan bahwa nilai rerata posttest peserta didik setiap siklus alami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Penugasan dan Tanya Jawab dengan memanfaatkan aplikasi telegram dapat meningkatkan Hasil Belajar peserta didik kelas SMA pada mata pelajaran Ekonomi Materi Pokok Metode Penghitungan Pendapat Nasional di semester genap tahun pelajaran 2020/2021.

Post a Comment for "PTK MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA"