Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

Project Based Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar

Project Based Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar-Latar belakang penelitian ini didasarkan pada observasi yang dilakukan atau muncul bahwa aktivitas siswa dalam menghadiri pelajaran masih kurang. Hal itu ditunjukan dari 13 siswa, 6 siswa atau 46,15% masih kurang serius karena sebagian besar siswa ada yang melakukan aktifitas sendiri, seperti: berbicara sendiri dengan teman sebelahnya, bermain pengaris dan pergi ke toilet tanpa ijin.Dalam memperhatikan penjelasan guru, kegiatan dalam menanggapi pertanyaan dari guru atau mengajukan pertanyaan kepada guru selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan kata lain yang aktif dalam pembelajaran hanya sebanyak 7 siswa atau 53,85%. Dari latar belakang masalah tersebut kemudian dirumuskan masalah sebagai berikut: Apakah dengan metode Project-Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di masa pandemi pada materi teks interaksi transaksional di kelas VIII SMP Tahun Pelajaran 2020/2021?

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar di masa pandemi pada materi teks interaksi transaksional menggunakan metode Project-Based Learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Munjan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus dilakukan dalam 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian dari setiap siklus meningkat. Berdasarkan hasil tes siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar adalah 82,85 dari 13 siswa yang mendapat nilai di atas KKM terdapat 13 siswa, dan aktivitas siswa mencapai 100% dengan kategori sangat tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan metode Project-Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di masa pandemi pada materi teks interaksi transaksional kelas VIII SMP Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Metode Project-Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Materi Teks Interaksi Transaksional Melalui Metode Project Based Learning Pada Siswa Kelas VIII 

Proses pendidikan dalam sistem sekolah kami, umumnya belum menerapkan pembelajaran bahwa siswa mengendalikan materi pembelajaran sepenuhnya. Akibatnya, banyak siswa tidak menguasai materi pembelajaran meskipun mereka telah dinyatakan lulus dari sekolah. Tidak heran kualitas pendidikan secara nasional masih rendah. Belajar juga disebut proses belajar mengajar. Pembelajaran dan pengajaran adalah dua konsep yang tidak boleh dipisahkan dari satu sama lain. Dalam prosesnya, kegiatan ini melibatkan interaksi individu, yaitu guru pada satu pihak dan siswa di sisi lain. Keduanya berinteraksi dalam proses yang disebut belajar belajar.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, sekolah harus dapat menggerakkan semua komponen yang menjadi sub-sistem dalam sistem kualitas pendidikan. Di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, guru dituntut untuk mencari metode pembelajaran yang tepat. Penguasaan pengembangan teknologi diharapkan bahwa para pendidik dapat menerapkannya di bidang pendidikan sehingga motivasi belajar siswa menjadi lebih baik dan lebih baik.

Pembelajaran bahasa Inggris di sekolah juga banyak yang hanya menekankan pada tujuan kognitif. Salah satu alternatif agar pembelajaran bahasa Inggris tidak hanya menekankan pada tujuan kognitif saja adalah melalui pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Pembelajaran bahasa Inggris berbasis proyek bukanlah sekedar pembelajaran yang dipenuhi dengan latihan soal–soal seperti yang sering terjadi di lembaga bimbingan tes (belajar). Dalam pembelajaran berbasis proyek siswa dihadapkan dengan materi secara langsung yang membangkitkan rasa ingin tahunya untuk melakukan penyelidikan sehingga dapat menemukan sendiri jawabannya, dengan mengkomunikasikan hal itu dengan orang lain.

Pada umumnya masalah yang menonjol yang dihadapi oleh pendidikan bahasa Inggris adalah hasil belajar bahasa Inggris materi pokok teks interaksi transaksional yang belum memuaskan. Aktivitas belajar dan kemampuan siswa SMP  dalam memahami materi teks interaksi transaksional masih rendah. Rendahnya kemampuan tersebut ditunjukkan oleh rendahnya hasil belajar bahasa Inggris materi pokok teks interaksi transaksional. Hasil diskusi peneliti dengan teman sesama guru SMP diperoleh hasil bahwa: 1) Siswa cukup sulit memahami materi teks interaksi transaksional karena kurangnya referensi dari siswa, 2) Tidak banyak siswa yang siap atau mempersiapkan diri sebelum belajar dimulai meskipun materi pelajaran yang akan diajarkan pada pertemuan berikutnya diketahui, dan 3) motivasi siswa dalam proses pembelajaran masih rendah.

Post a Comment for "Project Based Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar"