Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK KIMIA SMA DI MASA PANDEMI MELALUI PRAKTIKUM

CONTOH PTK KIMIA SMA DI MASA PANDEMI MELALUI PRAKTIKUM-Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar praktek Kimia materi makro molekul melalui pembelajaran berbasis praktikum (Pembuatan Sabun Cair) di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA  Di SMA Negeri Indonesiaku di di semester 1  tahun pelajaran 2020/2021, yang melibatkan 35 siswa. 

Objek penelitian adalah prestasi belajar Kimia materi makro molekul melalui pembelajaran berbasis praktikum (Pembuatan Sabun Cair) di masa pandemi. Instrumen penelitian adalah tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparasi dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar praktek Kimia materi makro molekul melalui pembelajaran berbasis praktikum (Pembuatan Sabun Cair) siswa dilihat dari skor rata-rata. Skor rata-rata peningkatan hasil belajar praktek Kimia materi makro molekul melalui pembelajaran berbasis praktikum (Pembuatan Sabun Cair) ditunjukkan pada nilai rata-rata keadaan awal hasil belajar praktek pada pra siklus nilai rata-rata 69,30 pada siklus I meningkat menjadi 74,30 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 83,26.

Dari segi kriteria ketuntasan Minimal (KKM) pada observasi awal (prasiklus) siswa yang mencapai KKM sebesar 8,57%, pada siklus I meningkat menjadi 54,29% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 100%. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar praktek Kimia materi makro molekul melalui pembelajaran berbasis praktikum (Pembuatan Sabun Cair) siswa secara siknifikan, sehingga layak untuk diterapkan di SMA Negeri Indonesiaku.

PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PRAKTIKUM (PEMBUATAN SABUN CAIR) PADA MATERI MAKRO MOLEKUL DI MASA PANDEMI KELAS XII IPA DI SMA NEGERI INDONESIAKU

 

Hasil belajar praktek siswa merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh guru. Hasil belajar praktek merupakan muara dari proses pembelajaran, yang merupakan salah satu bagian dari proses pendidikan dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. 

Dimasa pandemi corona virus covd 19 (covid 19) proses pembelajaran tidak lagi di laksanakan di sekolah atau di dalam kelas. Proses pembelajaran berubah ke bentuk daring atau penbelajaran jarak jauh (pjj). Pembelajaran yang dilaksanakan selama ini belumlah begitu optimal dalam mencapat tujuan pembelajaran, peroses belajar mengajar masih menggunakan buku paket atau modul yang dibuat guru untuk dibagikan kepada siswa sebagau sumber belajar dimasa pandemi covid 19.

Pembelajaran dimasa pandem covid 19 tak bisa lagi dilakukan dengan tatap muka, begitu juga praktikum pembelajaran tak bisa dilaksanakan di laboratoriun sekolah, praktikum dilakukan di rumah masing-masing siswa dengan memanfaatkan bahan yang mudah didapat siswa sehingga dapat melakukan praktikum di rumah.

Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan dimasa pandemi di atas, yaitu perlu dilakukannya pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis praktikum pada proses pembelajaran yang bertujuan untuk hasil belajar praktek siswa, dan memudahkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan suasana pembelajaran daring yang kondusif.


Post a Comment for "CONTOH PTK KIMIA SMA DI MASA PANDEMI MELALUI PRAKTIKUM"