PTK AQIDAH AKHLAK MI KELAS VI ROTATING TRIO EXCHANGE
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VI.A MI dengan memakai model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI.A yang berjumlah 23 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan belajar, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode untuk analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI.A MI pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan dalil tentang qada dan qadar Allah SWT di MI Negeri. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari masing-masing siklus. Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa di siklus I sebesar 55,56% dan meningkat di siklus II menjadi 76,07%. Meningkatnya ketuntasan belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa saat pra-siklus yakni sebesar 44,44%, selanjutnya meningkat saat siklus I menjadi 72,22% dan meningkat lagi di siklus II menjadi 100%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Rotating Trio Exchange
Berdasarkan hasil observasi saat mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan dalil tentang qada dan qadar Allah SWTdi kelas VI.A MI Keaktifan siswa diniliai masih kurang. Hal ini terlihat saat proses pembelajaran berlangsung, hanya ada 2-4 siswa yang bertanya kepada guru. Sedangkan siswa lainnya enggan bertanya tentang materi yang belum dipahami dengan alasan takut. Oleh sebab itu, siswa tidak dapat menjawab pertanyaan ketika guru bertanya tentang materi yang disampaikan.
Post a Comment for "PTK AQIDAH AKHLAK MI KELAS VI ROTATING TRIO EXCHANGE"