Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK AQIDAH AKHLAK MI KELAS VI ROTATING TRIO EXCHANGE

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VI.A MI dengan memakai model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI.A yang berjumlah 23 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan belajar, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode untuk analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI.A MI pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan dalil tentang qada dan qadar Allah SWT di MI Negeri. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari masing-masing siklus. Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa di siklus I sebesar 55,56% dan meningkat di siklus II menjadi 76,07%. Meningkatnya ketuntasan belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa saat pra-siklus yakni sebesar 44,44%, selanjutnya meningkat saat siklus I menjadi 72,22% dan meningkat lagi di siklus II menjadi 100%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Rotating Trio Exchange

Berdasarkan hasil observasi saat mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan dalil tentang qada dan qadar Allah SWTdi kelas VI.A MI Keaktifan siswa diniliai masih kurang. Hal ini terlihat saat proses pembelajaran berlangsung, hanya ada 2-4 siswa yang bertanya kepada guru. Sedangkan siswa lainnya enggan bertanya tentang materi yang belum dipahami dengan alasan takut. Oleh sebab itu, siswa tidak dapat menjawab pertanyaan ketika guru bertanya tentang materi yang disampaikan.

Selain itu, saat pembelajaran juga ditemukan beberapa siswa yang mengerjakan tugas mata pelajaran lain yang tentunya tidak berkaitan dengan mata pelajaran Aqidah Akhlak. Diskusi kelompok yang terjadi saat pembelajaran juga kurang maksimal. Hal ini dikarenakan komposisi anggota kelompok diskusi yang dibentuk selalu sama dan guru tidak memperhatikan perbedaan kemampuan siswa.
Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif yang memiliki sistem khusus dalam hal peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Saat ini terdapat berbagai macam model pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange yang mana akan digunakan dalam penelitian ini.

Selain penerapan model pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange masih jarang diterapkan, tipe tersebut dirasa sesuai untuk digunakan dalam penelitian ini. Model ini mengembangkan sebuah lingkungan belajar aktif dengan menciptakan siswa dapat bergerak secara fisik untuk saling bertukar pikiran untuk memperoleh pengetahuan. Konsep dasar model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange yaitu siswa belajar dalam kelompok yang anggotanya berjumlah 3 orang. Anggota dari kelompok yang sudah dibentuk selanjutnya dirotasikan dengan meninggalkan satu anggota tetap dalam kelompok. Rotasi yang dilakukan akan membuat siswa berinteraksi dengan siswa pada kelompok lain.

JASA PEMBUATAN PTK DAN PTS BISA MENGHUBUNGI WA ADMIN DI ATAS. TRIMS 

Post a Comment for "PTK AQIDAH AKHLAK MI KELAS VI ROTATING TRIO EXCHANGE"