Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK MATEMATIKA SMA KELAS XI LINGKARAN DOC LENGKAP

Pembelajaran Matematika di kelas XI MIPA 2  pada semester 2 salah satunya adalah Lingkaran . Namun terdapat permasalah yang di alami siswa yaitu permasalahan pada aspek kemampuan siswa dalam memahami materi ini. Kemampuan siswa pada kelas XI MIPA 2 dalam memahami Lingkaran  masih sangat rendah. Berangkat dari permasalahan tersebut, guru Matematika  kemudian berupaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami  Lingkaran .Salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami  Lingkaran  adalah menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Kooperatif tipe STAD ptk matematika sma kelas xii doc. Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Kooperatif tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Lingkaran Di Kelas XI MIPA 2 Tahun Pelajaran 2016/2017.Dengan konsep 4X pertemuan maka Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Kooperatif tipe STAD  berdampak positif bagi proses pembelajaran mata pelajaran Matematika   khususnya pada materi Lingkaran . Hal tersebut di buktikan dengan perolehan rata rata nilai siswa dari pra siklus  71,8 pada siklus 1 meningkat menjadi 76,6 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 81. Di samping itu, hasil presentase ketuntasan klasikal siswa juga menunjukan adanya peningkatan. Pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 38%, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 67%, sementara itu jumlah siswa yang tuntas belajar sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 89% pada siklus 2. Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Kooperatif tipe STAD  pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih paham apa yang telah di ajarkan guru khususnya dalam penelitian ini adalah pembelajaran pada aspek kemampuan siswa dalam memahami  Lingkaran   . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam memahami  Lingkaran  Pada Siswa Kelas XI MIPA 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 contoh ptk matematika sma word.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Kooperatif tipe STAD, Lingkaran

DOWNLOAD PTK MATEMATIKA SMA DOC


Kompetensi Dasar 

3.20 Memahami konsep persamaan lingkaran dan menganalisis sifat garis singgung lingkaran dengan menggunakan metode koordinat penelitian tindakan kelas pembelajaran matematika.
3.21 Memahami konsep dan kurva lingkaran dengan titik pusat tertentu dan menurunkan persamaan umum lingkaran dengan metode koordinat.
8.13. Mengolah informasi dari suatu masalah nyata , mengidentifikasi sebuah titik sebagai pusat lingkaran yang melalui suatu titik tertentu, membuat model matematika berupa persamaan lingkaran dan menyelesaikan masalah tersebut.
8.14. Merancang dan mengajukan masalah nyata terkait garis singgung lingkaran serta menyelesaikannya dengan melakukan manipulasi aljabar dan menerapkan berbagai konsep lingkaran

Post a Comment for "PTK MATEMATIKA SMA KELAS XI LINGKARAN DOC LENGKAP"