Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK SMA GEOGRAFI LENGKAP TERBARU K13

Salam pendidikan, rekan guru semuanya! Semoga selalu diberi kesehatan dan semangat setiap harinya. Pada kesempatan kali ini Admin ingin membahas salah satu pelajaran yang mungkin juga menjadi fokus utama penelitian, yakni PTK SMA Geografi.

Geografi sendiri merupakan salah satu cabang dari IPS dimana ilmu ini mempelajari letak serta posisi suatu wilayah, kondisi topografi atau keadaan alamnya, serta materi-materi penyusun daerah tersebut. Terdengar sedikit rumit, walaupun sebenarnya menyenangkan untuk dipelajari.

Kebanyakan, pelajaran Geografi masih ditekankan pada teori-teori yang diterangkan pengajar dalam kelas. Mata pelajaran ini pun juga terkenal dengan penjelasan panjang dan stagnan. Bahkan kurang sekali adanya praktek outdoor. Bukan tidak mungkin bisa membuat mengantuk di kelas.

Tidak dipungkiri juga kenapa Admin katakan akan banyak siswa yang merasa bosan dengan pelajaran ini. Menjadikan mereka kurang berminat menerima pelajaran. Jadi walau rekan guru sendiri sudah secara maksimal menjelaskan, apa yang diserap oleh siswa masih minim.

Oleh karena itu, ketika rekan guru mengambil sebuah penelitian seperti PTK SMA Geografi setidaknya bisa menjadi cahaya baru dalam dunia pendidikan. Sehingga mereka semua memiki minat belajar lebih saat memahami ilmu bumi seperti ini.
Sifat PTK yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan hanya pada subyek, tentu akan cocok diterapkan pada permasalahan seperti ini. Mulai dari begitu kompleks hingga sederhana. Melalui penelitian berbasis tindakan kelas, sangat diharapkan mampu membawa perubahan proposal ptk sma jigsaw.

Utamanya pada metode pengajaran rekan guru serta respon siswa terhadap apa yang diajarkan tersebut. Apakah terjadi perubahan atau biasa saja seperti sebelumnya. Apabila telah dilakukan namun masih terdapat kekurangan, maka diadakan refleksi untuk meninjau.

PTK sendiri juga bersifat fleksibel, tidak terlalu mengekang dengan banyak sekali aturan. Jadi, apabila rekan guru sekalian memiliki beragam solusi untuk diuji cobakan pada siswa-siswinya, tidak masalah. Asalkan apa yang dihasilkan jelas, terencana dan bermanfaat.

Ketika rekan guru mengambil proposal ptk ips sma PTK SMA Geografi usahakan untuk selalu merencanakannya sematang mungkin terlebih dahulu dengan mengambil riset kecil pada kelas yang diajar. Agar ketika pelaksanaan tiba, bisa diaplikasikan secara maksimal. Jika masih binggung, Admin siap membantu.

laporan penelitian tindakan kelas geografi sma

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS XI IPS  PADA MATERI PERMASALAHAN YANG DIAKIBATKAN DINAMIKA KEPENDUDUKAN  TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan indikator kemampuan berpikir analitis dan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 8 Pandeglang tahun pelajaran 2018/2019 melalui model pembelajaran discovery learning .
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa.  Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 33%, setelah dilaksanakan siklus I dengan model pembelajaran discovery learning persentase ketuntasan kemampuan berpikir analitis siswa sebesar 63% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan kemampuan berpikir analitis mencapai 91%.
Model pembelajaran discovery learning juga dapat meningkatkan indikator kemampuan berpikir analitis belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 8 Pandeglang Tahun Pelajaran 2018/2019. Indikator kemampuan berpikir analitis belajar siswa terdiri dari differentiating, organizing dan attributing. Pada siklus I indikator kemampuan berpikir analitis siswa memperoleh skor akhir 64%, artinya indikator kemampuan berpikir analitis siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir indikator kemampuan berpikir analitis siswa mencapai 90% sehingga berada pada kriteria sangat baik.

ptk geografi sma download

PENERAPAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS  PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DALAM POKOK BAHASAN POTENSI DAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM STRATEGIS INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan indikator kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 1 SMAN 8 Pandeglang tahun pelajaran 2018/2019 melalui model pembelajaran discovery learning . Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 32%, setelah dilaksanakan siklus I dengan model pembelajaran discovery learning persentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 62% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan kemampuan berpikir kritis mencapai 90%.
Model pembelajaran discovery learning juga dapat meningkatkan indikator kemampuan berpikir kritis belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 8 Pandeglang Tahun Pelajaran 2018/2019. Indikator kemampuan berpikir kritis belajar siswa terdiri dari klasifikasi dasar, menyimpulkan dan klasifikasi lanjut. Pada siklus I indikator kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh skor akhir 67%, artinya indikator kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir indikator kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 90% sehingga berada pada kriteria sangat baik.

Post a Comment for "PTK SMA GEOGRAFI LENGKAP TERBARU K13"