Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK SMA BIOLOGI GRATIS ABSTRAK

Halo, kali ini Admin akan berbagi mengenai contoh PTK SMA Biologi  beserta manfaatnya buat rekan guru semua. Tujuannya, supaya memudahkan penulisan dan proses penelitia guna memenuhi persyaratan administrasi sebagai pendidik yang wajib dijalani.

Asal rekan semua tau, penelitian tindakan kelas merupakan suatu hal yang dianggap penting bagi seorang guru. Setiap guru diharapkan mampu memperbaiki cara mengajarnya melalui PTK yang telah dibuat. Terlebih lagi, dengan adanya penelitian ini, pendidik akan lebih peka terhadap dinamika pembelajaran yang terjadi saat ini. 

Guru menjadi gemar dengan kajian ilmiah pendidikan serta mampu menuliskan hasil penelitianya dalam laporan PTK. Mereka pada akhirnya menemukan metode pembelajaran yang tepat dan mempraktekkan hal tersebut dengan cara yang lebih inovatif dan menyenangkan.

Selain sebagi tugas, penelitian tindakan kelas SMA Biologi ini juga memiliki manfaat tersendiri bagi guru yang menulisnya. Mereka tidak akan rugi tatkala membuat penelitian karena akan mendapatkan sesuatu yang menguntungkan. Apa saja manfaat itu?

DOWNLOAD CONTOH PTK BIOLOGI KURIKULUM 2013 LENGKAP

PENELITIAN TINDAKAN KELAS BIOLOGI SMP DAN SMA K13

CONTOH PTK IPA BIOLOGI K13 SMA KELAS XII

Tujuan akhir dari penulisan Penelitian Tindakan Kelas Biologi adalah adanya perbaikan dalam kegiatan belajar mengajar yang dikomandoi oleh guru. Oleh sebab itu, jurnal PTK guru tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelola di dalam kelas bersama siswa.

Dengan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Biologi, seorang guru akan dapat menilai dan memperbaiki semua jenis pembelajaran Biologi yang telah dilakukan. Evaluasi diri ini menunjukkan bahwa guru tersebut telah mampu untuk berkembang lebih profesional terkait dengan pekerjaan utamanya, yakni mengajar proposal ptk biologi sma doc.

Kadangkala, rasa percaya diri seorang guru juga akan tampak pudar. Terlebih, mengajar Biologi bukanlah pekerjaan mudah. Untuk mengatasinya, salah satu yang bisa dilakukan adalah menulis PTK Biologi karena setelah berhasil melakukan suatu Penelitian Tindakan Kelas, rasa percaya diri seorang guru akan lebih meningkat untuk menghadapi proses pendidikan.

Saat menulis PTK, rekan guru juga akan banyak membaca buku referensi terkait mata pelajaran Biologi  kelas X yang sebelumnya belum pernah diketahui. Karena kegiatan itulah, pengetahuan akan suatu ilmu pengetahuan bertambah dan keterampilan pun semakin terasah.

Ulasan singkat mengenai  PTK SMA Biologi terbaru ini diharapkan menjadikan rekan guru semua mahir menulis Penelitian Tindakan Kelas dengan topik Biologi yang menarik dan menerbitkanya sesuai dengan kaidah yang ada penelitian tindakan kelas bidang studi biologi.

Contoh PTK Biologi SMA Kelas XI

PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR INQUIRY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SEL PADA SISWA KELAS XI MIPA 3  SMA TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

Pembelajaran IPA di SMA Negeri  berdasarkan hasil observasi khususnya di Kelas XI MIPA 3 , 67% nilai siswa masih di bawah KKM. Berdasarkan hasil pengamatan di SMA  khususnya  di Kelas XI MIPA 3 , selain penyebab di atas, pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam mata pelajaran IPA masih terlihat membosankan dan kurang variasi, yaitu metode usang ber ceramah dan saling Pembelajaran antara guru dan siswa kurang komunikatif, sedangkan yang diperlukan dalam mempelajari IPA bukan hanya hafalan tetapi diperlukan juga pemahaman. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas dalam mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi belajar inkuiri dalam materi Sel di Kelas XI MIPA . Pada Kelas XI MIPA 3  Jakarta, metode pembelajaran inkuiri ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Oleh karena itu, diharapkan metode inkuiri ini dapat menigkatkan pemahaman serta hasil belajar siswa Kelas XI MIPA 3  SMA  Jakarta dalam mata pelajaan IPA. Permasalahan yang di angkat dalam PTK ini adalah Penggunaan Strategi Belajar Inquiry Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sel Pada Siswa Kelas XI MIPA 3  SMA  Jakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil akhir dari penelitian ini adalah pada pra siklus peneliti masih menggunakan metode cermah sehungga jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 11 siswa atau 33%, kemudian pada siklus 1 dan siklus 2 peneliti menggunakan strategi belajar inquiry, hasil yang di peroleh adalah peningkatan jumlah siswa tuntas belajar menjadi 17 siswa atau 47%, dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 29 siswa atau 80% siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Maka dari itu, dapat di simpulna dengan konsep 4X pertemuan maka Strategi Belajar Inquiry mampu meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi Sel.

Laporan PTK SMA BIOLOGI

PENDEKATAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGI AND SOCIETY) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS XI MIPA 1 SMA  TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan pendekatan SETS (science environment technologi and society). PTK ini dilaksanakan secara partisipasif  dan kolaboratif yang dilakukan dalam dua siklus. Cara menghimpun data menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SETS (science environment technologi and society) dapat meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut didukung dengan data penelitian yang memperlihatkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 36%, setelah dilaksanakan siklus I dengan pendekatan sets (science environment technologi and society) persentase hasil belajar siswa sebesar 61% kemudian pada tindakan siklus II mencapai 89%.
Penerapan pendekatan SETS (science environment technologi and society) juga dapat meningkatkan indikator hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1  Tahun Pelajaran 2018/2019. Indikator hasil belajar siswa terdiri dari kognitif, afektif dan psikomotor. Pada siklus I indikator hasil belajar siswa memperoleh skor akhir 64%, artinya indikator hasil belajar berada pada kriteria cukup. Pada siklus II skor akhir indikator hasil belajar siswa mencapai 90% sehingga berada pada kriteria baik.

Post a Comment for "PTK SMA BIOLOGI GRATIS ABSTRAK"