DOWNLOAD PTK MTs UNTUK KENAIKAN PANGKAT
Selamat mengawali tahun baru para pejuang pendidikan yang rela mengorbankan diri demi mencerdaskan anak bengsa. Tentunya semangat harus lebih ditingkatkan khususnya dalam memenuhi administrasi pendidikan seperti melakukan download PTK MTs.
Ya, PTK merupakan kependekan atau singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas. Perlu rekan guru semua ketahui bahwasanya hal itu merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang proses penulisanya melalui beberapa tahap dan harus melakukan penelitian terlebih dahulu.
Kalau rekan guru sedang mengajar di lingkup pendidikan Madrasah Tsanawiyah, setiap semester sekali pasti akan dituntut untuk menulis PTK itu dengan sebaik mungkin dan tentunya tanpa manipulasi agar memunculkan hasil penelitian yang sebenarnya.
Kegunaan dari PTK sebenarnya adalah untuk mengetahui masalah-masalah yang dialami oleh siswa, sehingga nantinya dari hasil penelitian itu akan ditemukan probelm solving atau solusi yang harus diterapkan oleh seorang guru di dalam kelas.
Selanjutnya tentang cara penulisanya, rekan guru semua pasti pernah kuliah dan mendapatkan materi tentang penelitian, bukan? Jika iya, maka ingat-ingatlah atau bukalah kembali materi-materi terkait dengan sistem penulisan PTK yang pernah diajarkan di sana.
Jika tidak mungkin melakukan hal itu, maka berselancarlah di dunia maya dan belajarlah sebanyak-banyaknya tentang cara penulisan PTK melalui blog atau website kepenulisan ilmiah dengan sungguh-sungguh. Dengan aktivitas tersebut, maka kemampuan menulis akan meningkat lama-kelamaan.
Rekan guru semua juga bisa download contoh PTK MTs yang sudah sangat banyak diterbitkan. Lebih-lebih unduhlah jurnal yang sudah terindeks internasional, agar kualitasnya terjamin dan Anda bisa belajar dari sana.
Apa saja topik penulisan PTK yang relevan untuk jenjang MTs? Masalah pencarian topik penelitian memang menjadi salah satu momok menakutkan nih buat para guru, nah saat ini tema yang sedang hits buat diteliti yaitu meliputi hal-hal seperti, gaya belajar sisiwa, faktor penyebab kesulitan belajar siswa, metode pembelajaran menyenangkan ataupun motivasi belajar siswa untuk terus berkembang.
Nah, sekarang rekan guru semua udah tau kan bagaimana cara download contoh PTK MTs, topik penelitian yang sedang hits, dan juga kegunaan penelitianya sendiri. Jika masih kebinggungan, jangan malu untuk bertanya kepada Admin.
Pada kesempatan kali ini akah dibahas PTK Akidah Untuk Mts N
Pada zaman modernisasi yang semuanya serba canggih seperti sekarang ini, banyak siswa yang motivasi belajarnya menurun. Padahal guru sudah berupaya menciptakan kondisi belajar mengajar yang menyenangkan. Kondisi belajar mengajar yang efektif adalah suatu keadaan atau situasi belajar yang dapat menghasilkan perubahan perilaku pada seseorang setelah ia ditempatkan pada situasi belajar yang didalamnya melibatkan tenaga pendidik serta peran aktif siswa itu sendiri. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya. Kuantitas dan kualitas tersebut harus sesuai dengan pelajaran yang diberi dalam pengajaran. Oleh sebab itu, guru harus memikirkan dan membuat perencanaan secara seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan mempebaiki kualitas mengajarnya. Kuantitas dan kualitas mengajar menuntut perubahan-perubahan dalam pengorganisasian kelas, penggunaan metode mengajar, strategi belajar mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Guru berperan sebagai pengelola proses belajar mengajar, bertindak selaku fasilitator juga berusaha menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif sehinggga memungkinkan proses belajar mngajar, mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus mereka capai.
Adapun Hasil pengamatan guru di kelas, pada pelajaran Akidah Akhlak khususnya materi sifat tawakkal dan Ikhtiyar, siswa kelas VIII menunjukkan motivasi belajar yang rendah.
Oleh karenanya disini, guru menganggap permasalahan motivasi belajar siswa perlu di tingkatkan, karenanya jika di biarkan maka nilai siswa tidak akan mengalami kemajuan. Selanjutnya guru melakukan wawancara terhadap beberapa siswa, yang hasilnya adalah siswa jenuh dan merasa bosan dengan pembelajaran di kelas. Dari hasil wawancara itulah, guru berinisiatif menggunakan model pembelajaran yang tidak biasa di pakai di kelas, yakni menggunakan Model pembelajaran problem based learning. Pembelajaran Berbasis Masalah yang berasal dari bahasa Inggris Problem-based Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dimulai dengan menyelesaikan suatu masalah, tetapi untuk menyelesaikan masalah itu peserta didik memerlukan pengetahuan baru untuk dapat menyelesaikannya.
Pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning / PBL) adalah konsep pembelajaran yang membantu guru menciptakan lingkungan pembelajaran yang dimulai dengan masalah yang penting dan relevan (bersangkut-paut) bagi peserta didik, dan memungkinkan peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang lebih realistik (nyata).
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, peneliti hendak melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sifat tawakkal dan Ikhtiyar Melalui Model pembelajaran problem based learning Pada Peserta Didik Kelas VIII Tahun Pelajaran 2019/2020”
2. Bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar siswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020 sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning?
3. Apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar siswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020?
1. Bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar siswa Kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020 sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning.
2. Bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar siswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020 sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning.
3. Apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar siswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020.
Memperkuat teori bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar Siswa Pada Pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar.
2. Manfaat Praktis
a. Bagi Siswa
1) Dapat meningkatkan hasil belajar siswa
2) Dapat meningkatkan kerjasama siswa untuk dapat bekerja secara kelompok sehingga motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
b. Bagi Guru
1) Meningkatkan strategi atau metode pembelajaran yang lebih menarik yang menjadi salah satu indikator menjadi seorang guru professional.
2) Dapat menciptakan suasana lingkungan belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Jika rekan guru ingin mendapatkan file PTK dalam bentuk Word bisa di DOWNLOAD
Pada kesempatan kali ini akah dibahas PTK Akidah Untuk Mts N
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI SIFAT TAWAKKAL DAN IKHTIYAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII
Latar Belakang Masalah
Era globalisasi sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat begitu maju sehingga memunculkan adanya persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satu di antaranya bidang pendidikan. Pendidikan pada hakekatnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan setiap manusia karena dengan pendidikan manusia dapat berdaya guna dan mandiri. Selain itu pula pendidikan sangat penting dalam pembangunan maka tidak salah jika pemerintah senantiasa mengusahakan untuk meningkatkan mutu pendidikan, baik dari tingkat yang paling rendah maupun sampai ketingkat perguruan tinggi. Peran Guru (pengajar) merupakan bagian yang terpenting dalam keberhasilan peserta didik di Sekolah.Pada zaman modernisasi yang semuanya serba canggih seperti sekarang ini, banyak siswa yang motivasi belajarnya menurun. Padahal guru sudah berupaya menciptakan kondisi belajar mengajar yang menyenangkan. Kondisi belajar mengajar yang efektif adalah suatu keadaan atau situasi belajar yang dapat menghasilkan perubahan perilaku pada seseorang setelah ia ditempatkan pada situasi belajar yang didalamnya melibatkan tenaga pendidik serta peran aktif siswa itu sendiri. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya. Kuantitas dan kualitas tersebut harus sesuai dengan pelajaran yang diberi dalam pengajaran. Oleh sebab itu, guru harus memikirkan dan membuat perencanaan secara seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan mempebaiki kualitas mengajarnya. Kuantitas dan kualitas mengajar menuntut perubahan-perubahan dalam pengorganisasian kelas, penggunaan metode mengajar, strategi belajar mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Guru berperan sebagai pengelola proses belajar mengajar, bertindak selaku fasilitator juga berusaha menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif sehinggga memungkinkan proses belajar mngajar, mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus mereka capai.
Adapun Hasil pengamatan guru di kelas, pada pelajaran Akidah Akhlak khususnya materi sifat tawakkal dan Ikhtiyar, siswa kelas VIII menunjukkan motivasi belajar yang rendah.
Oleh karenanya disini, guru menganggap permasalahan motivasi belajar siswa perlu di tingkatkan, karenanya jika di biarkan maka nilai siswa tidak akan mengalami kemajuan. Selanjutnya guru melakukan wawancara terhadap beberapa siswa, yang hasilnya adalah siswa jenuh dan merasa bosan dengan pembelajaran di kelas. Dari hasil wawancara itulah, guru berinisiatif menggunakan model pembelajaran yang tidak biasa di pakai di kelas, yakni menggunakan Model pembelajaran problem based learning. Pembelajaran Berbasis Masalah yang berasal dari bahasa Inggris Problem-based Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dimulai dengan menyelesaikan suatu masalah, tetapi untuk menyelesaikan masalah itu peserta didik memerlukan pengetahuan baru untuk dapat menyelesaikannya.
Pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning / PBL) adalah konsep pembelajaran yang membantu guru menciptakan lingkungan pembelajaran yang dimulai dengan masalah yang penting dan relevan (bersangkut-paut) bagi peserta didik, dan memungkinkan peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang lebih realistik (nyata).
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, peneliti hendak melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sifat tawakkal dan Ikhtiyar Melalui Model pembelajaran problem based learning Pada Peserta Didik Kelas VIII Tahun Pelajaran 2019/2020”
Rumusan Masalah
Berdasarakan identifikasi masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1. Bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar siswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020 sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning?
2. Bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar siswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020 sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning?
3. Apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar siswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020?
Tujuan Penelitian
Berdasarakan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian dalam PTK ini adalah :1. Bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar siswa Kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020 sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning.
2. Bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar siswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020 sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning.
3. Apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar siswa kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020.
Manfaat Penelitian
1. Manfaat TeoritisMemperkuat teori bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar Siswa Pada Pelajaran Akidah Akhlak materi tentang sifat tawakkal dan Ikhtiyar.
2. Manfaat Praktis
a. Bagi Siswa
1) Dapat meningkatkan hasil belajar siswa
2) Dapat meningkatkan kerjasama siswa untuk dapat bekerja secara kelompok sehingga motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
b. Bagi Guru
1) Meningkatkan strategi atau metode pembelajaran yang lebih menarik yang menjadi salah satu indikator menjadi seorang guru professional.
2) Dapat menciptakan suasana lingkungan belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Jika rekan guru ingin mendapatkan file PTK dalam bentuk Word bisa di DOWNLOAD
Post a Comment for "DOWNLOAD PTK MTs UNTUK KENAIKAN PANGKAT"