DOWNLOAD PTK SMK KURIKULUM 2013
Salam sejahtera! Semoga bulan ini selalu membawa keceriaan bagi siapa saja yang merasakanya tak terkecuali rekan guru semua. Nah, pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi tentang cara gimana sih download PTK SMK itu?
Cuaca memang sedang gerimis ya rekan guru, tapi jangan sampai hati kalian semua juga ikut menangis ya karena ngerasain sulitnya mencari topik dan menulis laporan Penelitian Tindakan Kelas yang sebentar lagi udah mau dikejar deadline.
Eh tapi, jangan khawatir rekan guru sekalian, website ini akan terus update dan merilis tentang PTK terbaru yang mungkin itu bisa memudahkan kinerja dalam penulisan laporan Penelitian Tindakan Kelas secara berangsur-angsur.
PTK SMK yang diupload di sini bisa rekan guru download dengan gratis dan sesuka hati tanpa imbalan sedikitpun. Sungguh mudah, bukan? Udah nggak bayar, trus dapat referensi dan banyak informasi lagi. Kan ketiban untung banget itu namanya.
Oh iya, sekedar informasi saja bahwasannya siapa saja boleh download PTK SMK di laman ini dengan format .doc atau pun PDF. Terserah mana disukai yang penting pastikan bahwa keduanya bisa meringankan pekerjaan.
Terus, jika rekan guru sekalian masih bingung nih gimana cara downloadnya, maka bisa browsing terlebih dahulu atau mengontak Admin dengan meninggalkan pesan di kolom komentar ya supaya mudah terdeteksi dan cepat dibalas.
Rekan guru semua harus sungguh-sungguh dalam mempelajari cara penulisan PTK, karena nantinya itu akan sangat berguna ketika membutuhkan karya tulis untuk syarat kenaikan jabatan atau pemilihan pendidik berprestasi.
Untuk itu, jangan bosan-bosan berguru dalam dunia kepenulisan walaupun dengan yang lebih muda. Rekan guru juga bisa bergabung dalam grup literasi pada website ini atau dengan cara masuk di komunitas pembelajaran menulis WhatsApp.
Di sana, semua peserta akan diajarkan mulai cara penulisan dasar seperti cara membat latar belakang masalah hingga ke tingkatan yang lebih sulit seperti metode, instrumen, penyajian hasil dan lain sebagainya.
Selain menyediakan sarana download PTK SMK, Admin juga bersedia memberi arahan saat membuat laporan penelitian jika memang rekan guru menghendakinya. Tentunya, hal itu bisa digunakan sebagai pembelajaran.
Masalah yang lain misalnya kesulitan guru menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi informasi, perhatian orang tua yang kurang optimal terhadap pendidikan putra - putri mereka sehingga sebagai akibatnya sekolah dan guru merasa tidak mendapat dukungan dari orang tua untuk bersama-sama mendidik siswa mereka, jauhnya jarak rumah siswa dan sekolah yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kinerja siswa di dalam kelas dan banyak lagi contoh-contoh lainnya yang semuanya dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran.
Kualitas pembelajaran produktif dapat dilihat dalam dua segi yaitu kualitas proses dan kualitas hasil. Dari segi kualitas proses siswa masih cenderung pasif dalam proses belajar mengajar, sementara diharapkan siswa dapat secara aktif terlibat dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Dari segi kualitas hasil dapat dilihat dari prestasi belajar atau ketuntasan belajar yang dicapai siswa.
Sebagai tenaga pengajar atau pendidik yang secara langsung terlibat dalam proses belajar mengajar, maka guru memegang peranan penting dalam menentukan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar yang akan dicapai siswanya. Salah satu kemampuan yang diharapkan dikuasai oleh pendidik dalam hal ini adalah bagaimana mengajarkan pelajaran produktif dengan baik agar tujuan pengajaran dapat dicapai semaksimal mungkin. Dalam hal ini penguasaan materi dan cara pemilihan media atau alat peraga yang sesuai dengan menentukan tercapainya tujuan pengajaran. Demikian juga halnya dengan proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, perlu disusun suatu strategi agar tujuan itu tercapai dengan optimal. Tanpa suatu strategi yang cocok, tepat dan jitu, tidak mungkin tujuan dapat tercapai.
Keterbatasan media atau alat peraga menuntut guru untuk dapat mengatasi permasalahan pembelajaran di dalam kelas, agar siswa tidak merasa bosan dengan cara pembelajaran monoton yang di berikan oleh guru, sehingga di dalam kelas tercipta pembelajaran yang menjadikan siswa senang dalam mengikuti pelajaran di kelas. Apabila kualitas pembelajaran yang di berikan kepada siswa baik hasilnya akan baik.
Keterbatasan alat atau media pada pelajaran ini menyebabkan guru mengajar hanya dengan teori, sehingga penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Pencegahan Polusi Lingkungan Siswa Kelas XI SMK melalui Media atau Alat Peraga Tahun Pelajaran 2017/2018”
1. Apakah ketuntasan belajar melakukan pencegahan polusi lingkungan siswa kelas XI dapat meningkat melalui penggunaan media atau alat peraga tahun pelajaran 2017/2018 ?
2. Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI SMK proses pembelajaran pada materi melakukan pencegahan polusi lingkungan melalui penggunaan media atau alat peraga ?
1. Meningkatkan ketuntasan belajar melakukan pencegahan polusi lingkungan siswa kelas XI SMK Negeri dapat meningkat melalui penerapan media atau alat peraga tahun pelajaran 2017/2018.
2. Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK selama proses pembelajaran pada materi melakukan pencegahan polusi lingkungan melalui penggunaan media atau alat peraga.
1. Bagi Siswa
Membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran karena memberikan pengalaman baru dengan pembelajaran menggunakan media atau alat peraga.
2. Bagi Guru
Sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk memanfaatkan media atau alat peraga yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
3. Bagi Sekolah
Dapat dijadikan acuan bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja sekolah pembelajaran yang diberikan di sekolah menggunakan berbagai strategi pembelajaran, fasilitas dan teknologi yang lebih maju.
MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PENCEGAHAN POLUSI LINGKUNGAN LAUT SISWA KELAS XI SMK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ATAU ALAT PERAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Latar Belakang Masalah
Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan dampak dari perkembangan ipteks yang sangat pesat. Perkembangan ipteks mengharuskan penyesuaian dan peningkatan proses secara berlanjut dan terus menerus. Hal ini diikuti dengan perlunya mengadakan pembaharuan strategi dan konsep-konsep pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri. Masalah yang berhubungan dengan kondisi masyarakat dan lingkungan yang secara besar mempengaruhi proses pembelajaran, misalnya perkembangan media hiburan (seperti playstation sampai ke pelosok desa) yang sulit dikendalikan dan mempengaruhi para siswa.Masalah yang lain misalnya kesulitan guru menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi informasi, perhatian orang tua yang kurang optimal terhadap pendidikan putra - putri mereka sehingga sebagai akibatnya sekolah dan guru merasa tidak mendapat dukungan dari orang tua untuk bersama-sama mendidik siswa mereka, jauhnya jarak rumah siswa dan sekolah yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kinerja siswa di dalam kelas dan banyak lagi contoh-contoh lainnya yang semuanya dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran.
Kualitas pembelajaran produktif dapat dilihat dalam dua segi yaitu kualitas proses dan kualitas hasil. Dari segi kualitas proses siswa masih cenderung pasif dalam proses belajar mengajar, sementara diharapkan siswa dapat secara aktif terlibat dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Dari segi kualitas hasil dapat dilihat dari prestasi belajar atau ketuntasan belajar yang dicapai siswa.
Sebagai tenaga pengajar atau pendidik yang secara langsung terlibat dalam proses belajar mengajar, maka guru memegang peranan penting dalam menentukan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar yang akan dicapai siswanya. Salah satu kemampuan yang diharapkan dikuasai oleh pendidik dalam hal ini adalah bagaimana mengajarkan pelajaran produktif dengan baik agar tujuan pengajaran dapat dicapai semaksimal mungkin. Dalam hal ini penguasaan materi dan cara pemilihan media atau alat peraga yang sesuai dengan menentukan tercapainya tujuan pengajaran. Demikian juga halnya dengan proses pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, perlu disusun suatu strategi agar tujuan itu tercapai dengan optimal. Tanpa suatu strategi yang cocok, tepat dan jitu, tidak mungkin tujuan dapat tercapai.
Keterbatasan media atau alat peraga menuntut guru untuk dapat mengatasi permasalahan pembelajaran di dalam kelas, agar siswa tidak merasa bosan dengan cara pembelajaran monoton yang di berikan oleh guru, sehingga di dalam kelas tercipta pembelajaran yang menjadikan siswa senang dalam mengikuti pelajaran di kelas. Apabila kualitas pembelajaran yang di berikan kepada siswa baik hasilnya akan baik.
Keterbatasan alat atau media pada pelajaran ini menyebabkan guru mengajar hanya dengan teori, sehingga penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Pencegahan Polusi Lingkungan Siswa Kelas XI SMK melalui Media atau Alat Peraga Tahun Pelajaran 2017/2018”
Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.1. Apakah ketuntasan belajar melakukan pencegahan polusi lingkungan siswa kelas XI dapat meningkat melalui penggunaan media atau alat peraga tahun pelajaran 2017/2018 ?
2. Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI SMK proses pembelajaran pada materi melakukan pencegahan polusi lingkungan melalui penggunaan media atau alat peraga ?
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :1. Meningkatkan ketuntasan belajar melakukan pencegahan polusi lingkungan siswa kelas XI SMK Negeri dapat meningkat melalui penerapan media atau alat peraga tahun pelajaran 2017/2018.
2. Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK selama proses pembelajaran pada materi melakukan pencegahan polusi lingkungan melalui penggunaan media atau alat peraga.
Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai berikut.1. Bagi Siswa
Membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran karena memberikan pengalaman baru dengan pembelajaran menggunakan media atau alat peraga.
2. Bagi Guru
Sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk memanfaatkan media atau alat peraga yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
3. Bagi Sekolah
Dapat dijadikan acuan bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja sekolah pembelajaran yang diberikan di sekolah menggunakan berbagai strategi pembelajaran, fasilitas dan teknologi yang lebih maju.
Post a Comment for "DOWNLOAD PTK SMK KURIKULUM 2013"