Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK SENI MUSIK SMA KELAS XI

CONTOH PTK SENI MUSIK  SMA KELAS XI-Rendahnya minat dan keterampilan bermain gitar yang diperoleh siswa SMA Negeri pada materi bermain gitar dipengaruhi oleh model pembelajarandan metode yang digunakan guru ketika meyampaikan materi.Oleh sebab itu, diperlukan sebuah model pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan keterampilan siswa dalam pembelajaran bermain gitar. Model pembelajaran kooperatif Jigsaw, dipilih untuk memperbaiki minat dan keterampilan siswa SMA Negeri Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan minat dan keterampilan bermain gitar melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada peserta didik kelas XI MIA1 SMA Negeri download contoh ptk seni budaya 2020.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengambilan data dilaksanakan melaluitahap pra siklus,siklus 1, dan siklus 2. Teknik pengambilan datadengan teknik angket, observasi, wawancara, pengamatan, tes dan nontes. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Selain itu, peneliti juga menggunakan analisis refleksi dan pembahasan evaluatif dalam menyajikan bahasan dari hasil penelitian ptk seni budaya mts dalam bentuk word.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan minat belajar bermain gitar siswa kelas XI MIA1 SMA Negeri. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar bermain gitar siswa dari 36 orang siswa, diperoleh data prosentase awal minat bermain gitar sebanyak 16 (45,16%) siswa kategori minat rendah, 9 (25,80%) siswa kategori minat sedang, 7 (20,03%) siswa kategori minat tinggi pada kegiatan pra siklus, sebanyak 0 (0%) siswa kategori minat rendah, 23 (64,51%) siswa kategori minat sedang, 13 (35,48%) siswa kategori minat tinggi pada siklus I, dan sebanyak 0 (0%) siswa kategori minat rendah, 12 (32,25%) siswa kategori minat sedang, 24 (67,74%) siswa kategori minat tinggi pada siklus II. Setelah semua siklus selesai dilakukan, minat belajar siswa meningkat sebanyak 15 (41,93%) dari kegiatan pra siklus. Selain itu, model pembelajaran Jigsaw juga dapat meningkatkan keterampilan bermain gitar siswa kelas XI MIA1 SMA Negeri ptk seni budaya smp doc.

DOWNLOAD CONTOH PTK SENI BUDAYA SMA DOC LENGKAP

DOWNLOAD CONTOH PTK SENI TARI DAN MUSIK SMA K13

Hal ini dapat dilihat dari nilai tes bermain gitar pada masing-masing aspek yang diteliti. Dari 36 orang siswa, diperoleh data prosentase awal tes bermain gitar sebanyak 60% siswa mendapat nilai kurang, 30% siswa mendapat nilai sedang dan 10% siswa mendapat nilai baik pada kegiatan pra siklus, sebanyak 21% siswa nilai kurang, 60% siswa nilai sedang, dan 18% siswa nilai baik pada siklus I, dan sebanyak 7,5% siswa nilai kurang, 39% siswa nilai sedang, dan 52% siswa nilai baik pada siklus II. Setelah semua siklus selesai dilakukan, nilai tes bermain gitar siswa meningkat sebanyak 49% dari kegiatan prasiklus ptk seni rupa smp kurikulum 2013.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru disarankan untuk menerapkan model pembelaj aran tersebut dalam materi-materi praktek lainnya baik untuk mata pelajaran seni musik maupun mata pelajaran yang lainnya. Meskipun begitu, masih banyak model pembelajaran lain yang sekiranya dapat diterapkan dalam pembelajaran seni musik ptk mapel seni budaya sma.


UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN BERMAIN GITAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI MIA1 DI SMA NEGERI TAHUN AJARAN 2017/2018

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Latar Belakang Masalah
Kemajuan ilmu teknologi sekarang ini, terutama teknologi informasi menyebabkan arus komunikasi menjadi cepat dan tanpa batas. Hal ini bardampak langsung pada bidang norma kehidupan dan ekonomi, seperti tersingkirnya tenaga kerja yang kurang berkependidikan dan kurang terampil, terkikisnya budaya lokal karena cepatnya arus informasi dan budaya global. Dimas (2011:1). Adanya pasar bebas, kemampuan bersaing, penguasaan pengetahuan, dan teknologi, menjadi semakin penting untuk kemajuan suatu bangsa. Ukuran kesejahteraan suatu bangsa telah bergeser dari moral fisik atau sumber daya alam ke model intelektual, pengetahuan, sosial, dan kepercayaan. Dimas (2011:1). Hal ini membutuhkan pendidikan yang download contoh ptk memberikan keterampilan, kemahiran, dan keahlian dengan kompetensi tinggi pada peserta didik sehingga dapatbertahan dalam suasana yang selalu berubah atau tidak pasti dan kompetitif dalam kehidupannya judul ptk seni tari.

Meningkatkan keterampilan hendaknya merupakan bagian integral dari setiap program pendidikan, jika meninjau tujuan program pendidikan atau sasaran belajar siswa, keterampilan biasanya disebut sebagai prioritas. Hal ini dapat dipahami jika melihat dasar pertimbangan (rasional) mengapa keterampilan perlu dipupuk dan dikembangkan. (Munandar, 1999:22) contoh ptk seni musik sma.

Indonesia menghadapi transformasi dari masyarakat agraris ke masyarakat industri serta menuju ke masyarakat informasi, dimana untuk mengambil keputusan terbuka banyak kemungkinan pilihan. Siswa perlu belajar bagaimana menggunakan sumber-sumber yang ada dengan optimal untuk menentukan jawaban inovatif atas suatu masalah. Dimas (2011:2). Dengan memberikan keterampilan sejak dini dan pemecahan masalah secara terampil, di dalam kurikulum siswa dipersiapkan untuk masa depan yang penuh tantangan.

Keterampilan sangatlah penting untuk pertumbuhan dan keberhasilan pribadi, dan sangat vital untuk pembangunan Indonesia. Orang yang sukses tidak lepas dari terampil, dimana ia dapat memberikan respon yang inovatif terhadap situasi yang ada ptk seni budaya,  kematangan bersikap khususnya dalam mengasah skill, menemukan penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu teknologi, serta dalam bidang usaha manusia lainnya (Renzulli dalam Munandar, 1999 : 6). Mengingat pentingnya keterampilan bagi keberhasilan pribadi dan pembangunan Indonesia, perlu adanya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan.

Pendidikan seni memiliki peranan dalam pengembangan keterampilan, kepekaan rasa inderawi, serta kreativitas musik, misalnya seseorang dapat memainkan suatu karya musik dengan alat musik ritmis, melodis dan harmonis, baik dalam bentuk sederhana maupun variatif. Dalam bermain alat musik, seorang pemain musik hendaknya diberi keterampilan sejak dini, karena dengan pengenalan lebih dini diharapkan akan terus mengasah bakatnya dibidang musik.

Musik sebagai salah satu cabang seni yang dijarkan di sekolah, mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan bakat, kemampuan berfikir logis dan kemampuan pengembangan potensi diri yang terus menerus digali dan dikembangkan berdasarkan bakat dan keterampilan seseorang.

Akan tetapi, pembelajaran seni budaya di sekolah belum bisa dikatakan maksimal. Menurut pengamatan yang dilakukan peneliti pembelajaran seni budaya di SMA Negeri (khususnya bermain gitar) belum bisa dikatakan maksimal, hal ini ditandai dengan siswa yang terlihat malas dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran seni budaya. Adapun siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pelajaran seni budaya, download ptk jam pelajaran sering digunakan untuk bersantai, membaca komik, dan ironisnya digunakan untuk mengerjakan tugas pelajaran lainnya. Siswa lebih suka dan lebih semangat dalam mengikuti pelajaran sains dibandingkan mengikuti pelajaran seni budaya, hal itu menunjukkan betapa rendahnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran seni budaya. Selain itu, alasan siswa tidak suka dan tidak berminat mengikuti pelajaran seni budaya dikarenakan adanya perasaan malu dalam bermain musik, merasatidak bisa dalam memainkan alat musik, dan adanya pikiran bahwa bermain alat musik itu tidak bermanfaat bagi kehidupan.

Dalam pelaksanaan pelajaran PTK doc seni budaya , siswa kurang serius untuk mengikuti pelajaran seni budaya. Hal ini diperjelas dengan pembelajaran seni musik pada siswa kelas XI MIA1 SMA Negeri , khususnya KD (kompetensi dasar) bermain gitar tidak sesuai dengan KKM. Jumlah siswa sebanyak 36 siswa dalam 1 kelas yang dapat memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) baru mencapai 30% dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang ditentukan yaitu sebesar 70, dengan kata lain dari 36 siswa hanya terdapat 11 siswa yang mencapai KKM.

Dalam pembelajaran gitar, siswa diharapkan dapat menguasai KD (kompetensi dasar) bermain gitar. Akan tetapi dalam kenyataannya, tidak semua kompetensi dapat dicapai dengan baik. Pada proses pembelajaran gitar guru hanya memberikan materi, kemudian siswa hanya mempraktikkannya. Tetapi dalam pelaksanaan praktiknya, siswa belum mampu memainkan akord lagu dan meletakkan posisi penempatan jari tangan saat bermain gitar. Bahkan, menurut anggapan orang tua siswa dirumah jadwal latihan yang seharusnya digunakan untuk latihan gitar hanya digunakan siswa untuk bermain. Sesekali berlatih gitar, siswa hanya menomorduakan bermain gitar dan lebih fokus untuk bermain handphone. Siswa menganggap bermain gitar itu tidak penting. Sesekali dalam seminggu ada pelajaran gitar, sebanyak 12 siswa tidak membawa gitar dari keseluruhan siswa yang berjumlah 36. Bahkan, waktu pelajaran seni budaya yang hanya 2 jam habis untuk melatih materi pertemuan sebelumnya.

Disamping itu, minat belajar yang ditunjukkan siswa juga mempengaruhi pembelajaran.Menurut pengamatan yang dilakukan peneliti selama PPL yang dimulai sejak bulan Agustus sampai Oktober di SMA Negeri, siswa kurang berminat dan kurang antusias dalam menerima materi dari guru, hal itu ditandai dengan adanya sejumlah 12 siswa yang tidak memperhatikan materi pelajaran saat pembelajaran berlangsung, penelitian tindakan kelas (PTK SMA) mereka lebih asyik berbicara sendiri tanpa menghiraukan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, tidak ada proses tanya jawab dalam pembelajaran sehingga pembelajaran bersifat sentris, yaitu pembelajaran hanya berpusat pada guru. Hal tersebut ditandai juga dari jumlah keseluruhan 36 siswa dan hanya terdapat 12 siswa enggan bertanya jawab dengan guru mengenai materi yang belum dipahami.

Terampilnya siswa dalam bermain gitar yang dimaksud adalah terampilnya siswa. Menurut Ramanto (1991:2) kata keterampilan sama artinya dengan kata kecekatan. Kecekatan adalah kepandaian melakukan sesuatu dengan cepat dan benar. Kecekatan disini adalah kecekatan siswa bermain gitar dengan menggunakan metode jigsaw yang meliputi : Mengenal teknik dasar memetik gitar yang meliputi: teknik apoyando, dan teknik tirando.

Menurut Rahadyan Shalat (2013 : 49) dalam belajar gitar, hal pertama yang harus diketahui siswa dalam bermain gitar adalah teknik memetik. Pemetikan dilakukan dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari terlebih dahulu. Tetapi, sebelumnya siswa harus melakukan penyeteman senar gitar sebelum memainkannya. contoh ptk seni Setelah gitar benar­benar sudah disetem, kemudian siswa harus mengetahui cara memegang gitar yang benar dan melakukan pemanasan terlebih dahulu pada bagian jari tangan yang merupakan bagian terpenting dalam permainan gitar. Setelah itu, siswa bisa langsung menekan senar gitar dengan kuat. Pada tahap ini, mungkin siswa akan merasa kesakitan pada ujung jari. Namun, siswa akan terbiasa setelah melakukannya berulang-ulang. Penekanan dilakukan sampai suara petikan yang dihasilkan berbunyi nyaring.

Setelah menekan senar pada gitar, siswa bisa langsung mengenal chord. Chord merupakan tiga nada yang dimainkan secara terpisah atau bersamaan. Chord disini berfungsi untuk mengiringi sebuah lagu agar terdengar harmonis. Dalam belajar gitar, paling tidak siswa mampu membaca akord dasar (mayor/ minor) serta mampu memainkannya.

Setelah mengenal chord dasar, siswa bisa langsung belajar padalatihan memindahkan chord. Pada tahap ini mungkin siswa akan kesulitan karena jari-jari yang digerakkan harus cepat. Oleh sebab itu, dibutuhkan latihan sesering mungkin agar siswa bisa memindahkan chord tanpa kesulitan dan tetap bisa mempertahankan suara senar yang dihasilkan dengan baik. Siswa bisa melakukan latihan pertama dengan memindahkan dua chord yang berlainan. Setelah siswa merasa benar­benar bisa memindahkan dua chord tersebut, tambahkan lagi dua chord lainnya untuk berlatih. Jika sudah lancar memindahkan chord dengan cepat, siswa bisa langsung memetik senar pada chord-chord dasar. Pemetikan dilakukan dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari sampai suara yang dihasilkan berbunyi jernih dan lancar. PTK Seni SMA Kurikulum 2013 Setelah itu, barulah siswa bisa menambahkan jari manis, lalu jari-jari lainnya hingga semua jari tangan ikut bermain memetik senar. Setelah pemetikan chordmenggunakan semua jari tangan lancar, siswa bisa langsung memainkan lagu-lagu termudah sampai dengan lancar dan siswa bisa memainkan semua chord pada lagu-lagu lainnya. Dengan adanya materi seperti itu diharapkan siswa dapat memahami materi yang diberikan guru seiring dengan peningkatan minat dan keterampilan bermain gitar dengan menggunakan metode jigsaw.

Post a Comment for "CONTOH PTK SENI MUSIK SMA KELAS XI "