Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK PAI SD DALAM FORMAT DOC

CONTOH PTK PAI SD DALAM FORMAT DOC-Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, menyajikan unsur-unsur dalam penelitian yang meliputi permasalahan, tujuan prosedur pelaksanaan penelitian, hasil dan pembahasan, sampai dengan kesimpulan dan saran. contoh ptk pai sd untuk kenaikan pangkat

Sebagai ilustrasi dari sari  laporan penelitian ini adalah bermula dari munculnya permasalahn dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa belum memahami penerapan membaca Alquran dengan ilmu tajwid, makhroj dan tanafusnya, sehi ngga 12 orang si swa dari 15 jumlah siswa belum mencapai target nilai ketuntasan minimal 70 yang telah ditetapkan. ptk pai sd doc
Tuj uan dilaksanakannya PTK ini adalah untuk meni ngkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode card sort pada pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah di kelas IV SDN  ptk pai sd pdf

Proses pelaksanaan penelitian pola PTK melalui tiga tahapan, melingkupi prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap kegiatan pembelajaran terdiri atas: perencanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi.
Hasil dari pelaksanaan penelitian, seluruh siswa telah mencapai target nilai ketuntasan, hal ini membukti kan bahwa penerapan metode card sort , dapat meningkatkan prestasi siswa kelas IV SDN, pada pokok bahasan nun sukun atau tanwi n bertemu huruf hijaiyah sesuai dengan tujuan yang direncanakan.
Kata Kunci: card sort, nun sukun atau tanwin, membaca Alquran. laporan ptk pendidikan agama islam sd doc

PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA POKOK BAHASAN NUN SUKUN ATAU TAN WIN BERTEMU HURUF HIJAIYAH KELAS IV SD NEGERI  TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 
DOWNLOAD PTK 

CONTOH PTK PAI SD: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia menurut UU Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat (2) menyebutkan bahwa suatu pendi dikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Tidak bisa di pungkiri bahwa pendidikan Islam baik sebagai sistem maupun institusinya, ptk pai sd terbaru merupakan warisan budaya bangsa yang berurat berakar pada masyarakat bangsa Indonesia. Dengan demikian jelas bahwa pendidikan Islam akan merupakan bagian integral dari sistem Pendidikan Nasional1.

Kehidupan dan peradaban manusia senantiasa mengalami perubahan. Dalam merespons fenomena itu, manusia berpacu mengembangkan kualitas pendidikan, salah satunya melalui penyempurnaan kurikulum, kualitas yang tinggi diperlukan untuk mencipta kan keghidupan yang cerdas, damai, terbuka, demokratis dan mampu bersaing.

Dalam konteks madrasah/ sekolah, agar lulusannya memiliki keunggul an kompetensi dan komparasi maka kurikulum Madrasah/ Sekolah perlu dikembangkan dengan pendekatan kompetensi dan tingkat satuan pendidikan. Hal itu dilakukan agar madrasah secara kelembagaan dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, download contoh ptk pai teknologi dan seni, serta tuntutan desentralisasi, sehingga madrasah tidak kehilangan relevansi program pembelajarannya.

Selanjutnya basis kompetensi yang dikembangkan di madrasah/ sekolah harus menjamin pertumbuhan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah S.W.T, penguasaan keterampilan hidup, kemampuan akademik, seni dan pengembangan kepribadian yang sempurna. download ptk pai sd lengkap Oleh karena itu peranan dan efektifitas pendidikan agama di madrasah/ sekolah sebagai landasan bagi pengembangan sepiritual terhadap kesejahteraan masyarakat mutlak harus di ti ngkatkan, karena asumsinya adalah jika pendidikan agama (yang meliputi Alquran dan Hadits, Aqidah dan Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam) yang dijadikan landasan pengembangan nilai spiritual dilakukan dengan baik, maka kehidupan masyarakat akan lebih baik.

CONTOH PTK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD VERSI WORD

BAB II
LANDASAN TEORETIS DAN HIPOTESIS


A. Hasil Belajar
1. Pengertian Hasil Belajar
a. Untuk menyatakan bahwa suatu proses pembelajaran dapat berhasil, setiap guru memiliki pendangan masing-masing sejalan dengan filsafatnya. Namun, untuk menyamakan persepsi sebaiknya kita berpedoman pada kuri kul um yang berlaku saat ini yang telah disempurnakan, antara lain bahwa.” Suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahan pengajaran dinyatakan berhasil apabila standar kompetensinya dapat tercapai”. judul ptk pai sd

b. Berdasarkan berbagai pengertian hasil belajar juga disebut hasil evaluasi yang selalu dikaitkan dengan prestasi belajar siswa, menurut Ralph Tyler (1950) mengatakan bahwa evaluasi merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan seberapa jauh, dalam hal apa, dan bagaimana tujuan pendidikan tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum dan apa sebabnya. Definisi yang lebih luas di kemukakan oleh dua ahli lain yakni Cronbach dan Stuff lebeam, bahwa proses evaluasi bukan sekedar mengukur seberapa jauh tujuan tercapai, tetapi di gunakan untuk membuat keputusan

2. Macam-macam Aspek Hasil Belajar
Ada tiga macam aspek hasil belajar dinilai dalam kegiatan pembelajaran yaitu
Pertama, aspek kognitif yang berkaitan dengan hasil belajar berupa pengetahuan, kemampuan dan kemahiran intelektual, beberapa kategori yang mencakup yaitu pengetahuan (knowlegde), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), si ntesis (syntesis), dan evaluasi (evaluation). download ptk pai sd lengkap

Kedua, aspek afektif yang berkaitan dengan perasaan,sikap,minat,dan nilai. Kategori aspek afektif yaitu penerimaan (receving), penanggapan (responding), peni laian (valuing), pengorgani sasi an (organication) dan pembentukan pola hidup.

Download Contoh PTK PAI SD-SMA

BAB III
PROSEDUR PENELITIAN


A. Setting Penelitian
Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di kelas IV semester genap, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di tempat penulis mengajar, keadaan siswa di kelas IV semester genap dengan jumlah siswa 9 anak, terdiri dari 4 anak siswa laki-laki dan 5 anak siswa perempuan. laporan ptk pendidikan agama islam sd doc

Untuk mengetahui sejauh mana karakteristik yang di miliki berbeda-beda peulis memandang dari berbagi sudut antara lain:
1. Tempat ti nggal siswa di daerah pedesaan
2. Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI sangat rendah
3. Kurangnya perhatian orang tua terhadap mata pelajaran PAI
Sehingga guru harus memberi motivasi dengan cara penggunaan metode-metode yang tepat dalam pembelajaran dan dapat merangsang minat siswa dalam belajar.

B. Waktu Dan Subjek Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dikelas IV SDN Sulili Jambu pada semester genap bulan Februari sampai Apri l 2016 ptk pai sd/mi

CONTOH LAPORAN PTK PAI

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PERBAIKAN


A. Deskripsi Pra siklus
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV tentang bacaan tajwi d nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah di SDN  dapat dilihat diskripsinya sebagai berikut: proposal ptk pai lengkap

PRA SIKLUS
Dari hasil proses pembelajaran pra siklus PAI tentang materi pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah, dapat di peroleh data hasil belajar siswa belum mencapai tingkat ketuntasan (nilai 70) karena nilai rata-rata ketuntasan di bawah KKM yang ditentukan, dari 9 siswa yang mencapai target hanya 2 siswa atau 19,50%, yang belum tuntas 7 siswa atau 80,50% untuk mengimplementasikan dari fokus permasalahan yang terjadi pada kegiatan pembelajaran pra siklus ini, penulis berusaha menyempurnakan dan memperbaiki dengan cara memilih strategi belajar menggunakan metode card sort serta media yang menunjang meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa. ptk pai sd terbaru

Dengan bimbingan dosen / supervisor dan di bantu teman sejawat, penulis menyusun scenario pembelajaran mulai dari perencanaan, tahap kegiatan awal, kegiatan inti, sampai kegiatan akhir pada perbaikan pembelajaran si klus I hal tersebut dapat dili hat pada tabel 1.

DAFTAR PUSTAKA

Lutfi, Ahmad, Pembelajaran Al-qur’an an Hadits; Jakarta, Derektoral
Pendi di kan Islam Departemen Agama Republik Indonesia,2009 Majid, Abdul, Penerapan Pembelajaran; Bandung, P.T Remaja
Rosdakarya, 2008
Masitoh, Strategi Pembelajaran: Jakarta, Derektoral Pendidi kan Islam Departemen Agama Republik Indonesia,2009
M uslich, Mas Nur, Melaksanakan PTK itu Mudah, Jakarta, Bumi Aksara, 2009
Nasution, S, Asas-asas Kurikulum; Jakarta, Bumi Aksara, 2006
Sami manto, Ayo Praktik PTK; Semarang, RaSA IL Media Group, 2010 Sugiono, Metode Penelitian: Alfabeta, 2009
Supriyadi, Metode Studi Islam; Jakarta, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Departeman Agama RI, 2009
Susetyo, Budi, Statistika; Jakarta, Di rektorat Pendidikan Islam, Departemen Agama RI, 2009

LAMPIRAN

RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN
: SD Negeri 
: Pendidikan Agama Islam
: IV/2
: 1(satu)
: 3X 35 Menit (1X pertemuan)
: Membaca Surat-surat Al-qur’an
: 1. Membaca surat Al-Ghosiyah dengan lancer 
   2. Membaca surat Al-Ghosiyah dengan tajwid
I. Indikator
- Menyebutkan hukum nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah
II. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami hukum nun sukun atau tanwi n bertemu huruf hiaiyah.
- Siswa dapat menyebutkan hukum nun sukun atau tanwi n bertemu huruf hijaiyah.
III. Karakter yang diharapkan
- Siswa dapat menerapkan bacaan tajwid dalam membac AlQuran 
- Siswa dapat menerapkan bacaan tajwid ketika sholat lima waktu
IV. Materi pembelajaran
- Hukum nun sukun atau tanwi n bertemu huruf hujaiyah
V. Metode pembelajaran
-   Ceramah dan tugas.
- Siswa mengadakan kerja kelompok dengan teman-temennya membahas hukum nun sukun atau tanwin.
-   Siswa menyebutkan hukum nun sukun atau tanwin .

Post a Comment for "CONTOH PTK PAI SD DALAM FORMAT DOC"