Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK PAI SMA KURIKULUM 2013

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK PAI SMA KURIKULUM 2013-Haii pembaca blog pada kesempatan kali ini, kami mengunggah beberapa hasil penelitian tindakan kelas (PTK) untuk bidang studi atau mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Harapan dari admin kumpulan judul PTK PAI SMA/MA yang kami upload bisa memberikan manfaat bagi bapak atau ibu guru yang sedang membuat PTK Pendidikan Agama Islam SMA/MA. Contoh penelitian tindakan kelas/PTK yang kami tampilkan hanyalah sebagai referensi dalam menyusun karya penelitian tindakan kelas Anda.

Dengan tulisan ini semoga membantu  Anda bapak atau ibu guru SMA/MA/SMK dalam menyusun PTK PAI SMA untuk kepentingan kenaikan pangkat. Referensi tentang PTK PAI SMA/MA ini lengkap dari cover sampai lampiran serta file yang kami berikan sudah berformat word document atau doc yang bisa Anda edit dengan kebutuhan Anda. Tulisan kami ini memang bertujuan untuk memberikan inspirasi berupa ide penelitian PTK lengkap.

PTK PAI

CONTOH PTK AQIDAH AKHLAK MAN LENGKAP DOC

Banyak sekali referensi mengenai PTK pendidikan agama islam khususnya kelas X SMA, XI SMA, dan XII SMA ini yang tersedia di internet yang bisa digunakan salah satu inspirasi untuk melakukan penelitian. Tetapi juga banyak sekali file atau sumber yang tidak bisa kita download dengan lengkap. Karena itulah kami ingin berbagi dan bertujuan untuk memudahkan Anda dengan memberikan berbagai contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PAI SMA yang sudah siap download lengkap. Memang tidak mudah menyusun penelitian tindakan kelas yang sangat menyita waktu. Pekerjaan kita di ranah akademik maupun administratif juga sudah sangat menyita waktu. Kami juga menyediakan jasa penyusunan PTK dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Ditambah lagi, inspirasi yang bagus yang mudah-mudahan saja diperoleh dari tulisan ini.

Contoh PTK PAI SMA Doc Kurikulum 2013 Lengkap

  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X.IPS-1 Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Pokok Unsur-Unsur Hadits Di Madrasah Aliyah Negeri Tahun Pelajaran 2015/2016
  • Peningkatan Kebiasaan Sholat Lima Waktu Melalui Pemberian Motivasi Multi Aspek.

  • Strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA.
  • Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Moral Akhlak Siswa di SMA 

Contoh PTK PAI BP SMA Di Masa Pandemi Covid

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI “MAKNA ASMAUL HUSNA” SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, khususnya mata pelajaran PAI guru dituntut untuk menggunakan model, Model, atau setrategi dalam menyampaikan materi pelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Hal ini dilakukan agar siswa merasa tertarik dengan mata pelajaran tersebut, dan setiap penggunaan Model sangatlah membantu pendidik untuk mempermudah tugasnya dalam menyampaikan mata pelajaran PAI. 

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas X SMA Negeri, mata pelajaran PAI merupakan salah satu pelajaran yang dianggap membosankan bagi para siswa, karena di dalam pelajarannya, siswa hanya pasif mendengarkan ceramah dari guru, dalam memahami materi. Kegiatan lain hanyalah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ptk pai jadi oleh guru.

Setelah dilaksanakan penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut;
1. Pada tahap prasiklus nilai terendah yang didapatkan siswa adalah 50, nilai tertinggi 95, dengan nilai rata-rata 75, dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 45,71%.
2. Pada tahap siklus I perolehan nilai terendah adalah 60, dengan nilai tertinggi 100, sedangkan rata-rata nilainya 84,29, dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 77,14%. 
3. Sedangkan pada tahap siklus II perolehan nilai terendah 70, dengan nilai tertinggi 100, sedangkan rata-rata nilainya 89, dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 91,43%.Kata 

Kunci: Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share, Kelas X-IPA 1, PAI.

Dalam pendidikan di Indonesia, seorang siswa harus menempuh setidaknya dua jenjang pendidikan. Jenjang pendidikan itu, di antaranya pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Pendidikan dasar terbagi dalam Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) download ptk pai sd lengkap. Dan, pendidikan menengah mencakup Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau Sekolah Menengah Kedinasan. Dua tingkatan pendidikan itu harus dilakukan oleh murid di Indonesia buat bisa mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia contoh ptk pai sma.

Pendidikan dasar yang paling awal ditempuh yakni sekolah dasar. Sekolah dasar merupakan pendidikan dasar yang wajib ditempuh oleh siswa di Indonesia. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 6 ayat 1, yang berbunyi: “Setiap warga negara yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun wajib mengikuti pendidikan dasar”(Departemen Pendidikan Nasional, ptk pai dan bp sma kelas 10 11 12 2003).

Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan kapasitas dirinya sendiri untuk mempunyai kekuatan kerohanian, keagamaan, pengontrolan diri, personalitas, kepandaian, adab mulia dan keahlian yang dibutuhkan dirinya sendiri, masyarakat, negara dan bangsa.

download gratis ptk pai sma filetype doc Pembelajaran adalah proses belajar yang dibangun oleh guru untuk  mengembangkan kreatifitas berpikir yang dapat meningkatkan kemampuan  berpikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkontruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pelajaran ( Syaiful Sagala, download ptk pai bp sma kelas 10 11 12 2003:62).

Dalam makna yang lebih kompleks pembelajaran hakikatnya adalah usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan yang  diharapkan (Trianto, 2009:17).

Contoh PTK PAI BP SMA Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP) Kurikulum Prototype atau Prototipe 2022

Berdasarkan pengertian di atas, terlihat bahwa pembelajaran merupakan interaksi dua arah dari seorang guru dan peserta didik, dimana antara keduanya terjadi komunikasi (transfer) yang intens dan terarah menuju pada suatu target yang telah ditetapkan sebelumnya download ptk pai sma lengkap. Belajar mengajar sebagai suatu sistem instruksional mengacu pada pengertian sebagai seperangkat komponen yang saling bergantung antara satu dan lainnya untuk mencapai tujuan (Ahmad Sabri, ptk paibp sma kelas 10 11 12 kurikulum sekolah penggerak ksp 2005:18). Sebagai suatu sistem tentu saja kegiatan belajar mengajar mengandung sejumlah komponen yang meliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, Model, alat dan sumber serta evaluasi (Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain download ptk pai dan budi pekerti sma doc kurikulum prototype, 2010:48).

Taktik mendidik pada intinya ialah tindakan riil dari guru melaksanakan pengajaran dengan cara tertentu yang dipandang lebih efisien dan efektif, yang memiliki kandungan pemahaman kalau beberapa langkah yang sudah dilakukan guru pada proses pembelajaran itu tersusun secara rapi dan logis hingga tujuan yang ditentukan terwujud.

Di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, khususnya mata pelajaran PAI guru dituntut untuk menggunakan model, Model, atau setrategi dalam menyampaikan materi pelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Hal ini dilakukan agar siswa merasa tertarik dengan mata pelajaran tersebut, dan setiap penggunaan Model sangatlah membantu pendidik untuk mempermudah tugasnya dalam menyampaikan mata pelajaran PAI. 

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas X IPA 1, mata pelajaran PAI merupakan salah satu pelajaran yang dianggap membosankan bagi para siswa, karena di dalam pelajarannya, siswa hanya pasif mendengarkan ceramah dari guru, dalam memahami materi. Kegiatan lain hanyalah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ptk pai sma untuk kenaikan pangkat oleh guru. 

Sebagian besar kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran PAI di SMA masih bersifat konvensional, yaitu dengan menggunakan Model ceramah sehingga terkesan monoton yang akan menimbulkan tingkat kebosanan bagi siswa dan berimbas pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal, tanpa memperhatikan keaktifan belajar peserta didik. Hingga peserta didik cuman duduk, diam, dengar, dan menulis materi pelajaran. Ini karena kurang keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang dijalankan contoh ptk pai sma kurikulum prototipe 2022.

Pembelajaran yang kurang memikat mengakibatkan sikap murid dalam kelas kurang kondusif ini karena di saat guru menerangkan materi, ada banyak murid yang kurang memerhatikan keterangan guru karena mengobrol dengan teman sebangkunya dan ada juga yang mengganggu siswa lainnya sehingga  konsentrasi siswa menjadi terganggu dan kemampuan siswa dalam bekerjasama juga masih kurang. Pembelajaran yang kurang menarik dan kemampuan kerjasama yang kurang juga menyebabkan interaksi antara guru dan siswa menjadi berkurang. 

Model ceramah yang biasa dipakai tersebut mengakibatkan siswa tidak terlatih untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai materi yang diajarkan, mengungkapkan pendapat, bertukar pendapat dan pemikiran dengan temannya, berinteraksi aktif dengan sesama teman, dan bekerjasama dengan teman yang lainnya sehingga siswa sulit di atur saat berdiskusi di dalam kelas, selain itu juga pada saat berdiskusi di dalam kelas banyak siswa yang pasif saat berdiskusi, kurang terlibat dalam  menyelesaikan masalah atau pertanyaan yang diberikan oleh guru, tidak bisa mengungkapkan pendapat atau pemikiran dengan temannya, kerjasama dalam pembelajaran juga kurang, kurangnya kerjasama dalam pembelajaran tersebut mengakibatkan kurangnya saling ketergantungan yang positif diantara individu-individu, kurangnya interaksi dengan semua teman di kelas maupun guru, kurangnya tanggung jawab personal individu, kurangnya keterampilan komunikasi interpersonal ptk pai dan bukdi pekerti sma pdf, kurangnya keterampilan bekerjasama dengan sesama teman contoh proposal penelitian tindakan kelas pai. 

Ketidakaktifan siswa, dan pembelajaran yang tidak kondusif juga mengakibatkan pemahaman siswa terhadap materi tidak maksimal. Hal ini menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas X IPA 1 yang belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran PAI yaitu 80. 
Penggunaan model pembelajaran sangat membantu proses komunikasi antara guru dan siswa, karena dapat melatih siswa untuk bekerjasama dengan sesama teman. Seorang guru harus berusaha mengembangkan keterampilan untuk memilih model pembelajaran yang tepat, karena model pembelajaran harus disesuaikan dengan mata pelajaran sehingga dalam kegiatan belajar mengajar dapat efektif dan mencapai sasaran proposal ptk pai. Dengan biasanya bekerja bersama memakai mode pembelajaraan diharap kegiatan pelajar bisa bertambah hingga hasil belajar bertambah.  

Adapun upaya untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X khususnya kelas X IPA 1 serta tercapainya kualitas pembelajaran yang lebih baik dari siswa, maka perlu diupayakan pengembangan Model pembelajaran dengan memperhatikan tingkat keaktifan siswa. Dalam pembelajaran PAI selain menjadikan lebih menarik, perlu juga diperhatikan beberapa aspek seperti bagaimana Model yang digunakan dapat menjadikan siswa lebih aktif, kreatif dan prestasinya dalam kegiatan pembelajaran lebih baik.  

Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti berupaya untuk menemukan solusi untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI yaitu dengan menggunakan model Think-Pair-Share (TPS), untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar murid karena mode TPS bisa memberikan waktu berpikir, untuk merespon dan saling bekerjasama untuk memecahkan masalah yang diberikan guru, karena dalam penggunaan Think-Pair-Share (TPS) merupakan suatu  cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi yang dilakukan siswa di kelas. 

Mode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) mempunyai mekanisme yang sudah ditetapkan untuk memberi ke murid waktu yang makin banyak untuk berpikir. Seorang siswa harus berbagi idenya kepada teman atau pasangannya dan mendiskusikannya sehingga mendapatkan kesepakatan contoh proposal ptk pai. Jika kesempatan itu telah diperoleh, mereka dapat membagi idenya dengan pasangannya ataupun dengan teman sekelas. Keunggulan mode pembelajaran ini ialah memungkinkannya murid untuk merangkum dan ajukan beberapa pertanyaan berkenaan materi yang diberikan karena otomatis mendapat contoh pertanyaan yang disodorkan oleh guru, dan mendapat kesempatan untuk memikirkan materi yang diberikan, murid akan terbiasa mengaplikasikan ide karena tukar opini dan pertimbangan dengan temannya untuk memperoleh persetujuan dalam pecahkan permasalahan, pelajar lebih aktif dalam pembelajaran karena menuntaskan pekerjaannya dalam barisan, pelajar mendapat peluang untuk mempersentasikan hasil diskusinya dengan semua pelajar hingga gagasan yang ada menebar contoh ptk pai.


Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas Download Lengkap Contoh ptk PAI SMA/MA/SMK Kurikulum 2013 lengkap doc, ptk pai sma, ptk pai dan bp sma masa pandemi. Semoga PTK pendidikan Agama Islam SMA  ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

8 comments for "DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK PAI SMA KURIKULUM 2013"

  1. baik, karena dapat membantu bagi penulis pemula dalam pembuatan PTK

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. salam sejahtera untuk muhammadyuni, terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Replies
    1. Terimakasih sudah mengunjungi blog PTK dan PTS terbaru kami.

      Delete
  4. Replies
    1. sama-sama semoga bisa membantu dan bermanfaat

      Delete