Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK BAHASA INDONESIA SD MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KOSA KATA

ptk bahasa indonesia sd kurikulum 2013-Salah satu tujuan pembelajaran pada Tema 2 Kegiatanku  adalah siswa mampu Menyusun Kosa Kata dengan baik. Namun, tujuan tersebut menjadi masalah yang sulit bagi kelas 1   SDN, sebab banyak siswa yang kurang memahami materi pembelajaran. Rendahnya kemampuan  Menyusun Kosa Kata pada siswa kelas 1 dimungkinkan karena pengaruh beberapa faktor internal dan eksternal. Faktor internal terlihat pada siswa yang kurang memperhatikan guru saat pembelajaran belangsung. Faktor eksternal muncul dari pemilihan strategi dan pendekatan yang digunakan guru. Salah satu cara yang dapat di lakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam Menyusun Kosa Kata adalah dengan menrapkan permainan kata dalam pembelajaran. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode permaianan akan menjadi efektif, bermakna, dan tetap menyenangkan apabila dalam pelaksanaan berdasarkan pada prinsip-prinsip yang dikembangkan. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam Menyusun Kosa Kata melalui permainan kata di kelas 1 SDN tahun pelajaran 2018/2019 ptk bahasa indonesia sd kelas 3. Maka penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil akhir dari penelitian ini adalah pada pra siklus di mana pembelajaran masih menggunakan metode ceramah siswa yang mampu tubtas belajar hanya sejumlah 10 siswa, dengan nilai tertinggi 82.  Kemudian pada siklus 1 peneliti menerapkan permainan kata , dan hasil dari siklus 1 adalah lebih banyak siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu sebanyak 15 siswa, dengan nilai tertinggi 90.  Pada siklus 2 masih dengan  permainan kata, hasilnya adalah 21 siswa dapat  mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai tertinggi 95. Maka kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam Menyusun Kosa Kata melalui permainan kata di kelas 1  SDN 008  tahun pelajaran 2018/2019 berjalan kondusif dan tepat sasaran.

Kata Kunci : Menyusun Kosa Kata,  Permainan Kata contoh ptk bahasa indonesia sd kelas 2


Nama Sekolah :  SDN 
Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :  1/1

 Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi ptk bahasa indonesia sd kelas 4
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar proposal ptk bahasa indonesia sd kelas 4.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis ptk bahasa indonesia sd kelas 1.

Post a Comment for "PTK BAHASA INDONESIA SD MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUSUN KOSA KATA"