Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK TEMATIK PERTANIAN UNTUK KELAS 3 SD

CONTOH PTK TEMATIK PERTANIAN UNTUK KELAS 3 SD-Berbagai upaya pembelajaran telah dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan nilai prestasi matematika terutama materi pokok mengenal pecahan sederhana.  Upaya  pembelajaran  itu  diantaranya  menyuruh  siswa mengerjakan LKS, Menyuruh beberapa siswa untuk maju mengerjakan soal dari guru,  dan  memberikan  PR  kepada  siswa ptk sd kelas 3 doc.  Namun  semua  itu  belum  da pat meningkatkan nilai prestasi siswa. Siswa justru merasa bosan dan tidak tertarik mengikuti pelajaran matematika. Berawal dari masalah tersebut, maka peneliti berusaha menerapkan satu teknik pembelajaran yang dianggap mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pembelajaran matematika dengan materi mengenal pecahan sederhana ptk kelas 3 sd kurikulum 2013 doc.
Berdasarkan hasil ulangan formatif siswa dalam pembelajaran matermatika dengan materi pokok mengenal pecahan sederhana di kelas III semester genap SD Negeri 52/IV hanya ada 5 siswa dari 23 siswa kelas III yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ). Dalam proses kegiatan belajar mengajar yang berlangsung, suasana di kelas terlihat tidak kondusif. Banyak siswa yang tidak fokus terhadap materi pelajaran. Bahkan tidak ada siswa yang bertanya mengenai materi yang diajarkan kepada guru. Setelah diadakan tes formatif hasil yang dicapai tidak seperti yang diharapkan contoh proposal ptk sd kelas 3 kurikulum 2013.
Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  telah dilaksanakan dapat disimpulkan sebagai berikut : Siswa menjadi lebih antusias dan termotivasi dalam belajar matematika. Pada kelas III semester I SD Negeri 52/IVyang berjumlah 23 siswa ternyata dari siklus ke siklus hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dari 21,74%  siswa yang tuntas  menjadi 56,52%  pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 100%. Dengan penerapan Metode Kerja Kelompok Dan Media Gambar dalam pembelajaran, dapat meningkatkan hasil  belajar siswa  kelas  III semester genap SD  Negeri 52/IV Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan prosentase ketuntasan 100% contoh ptk sd kelas 3.

Kata Kunci : Metode Kerja Kelompok, Media Gambar, Hasil Belajar
Nama Seklah : SDN 52/IV 
Tema/Tematik: Pertanian
Kelas/Semester: 3 (Tiga)/2 (Dua)
Alokasi waktu : 3 Minggu

KOMPETENSI DASAR
PKN : 4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan contoh ptk tematik kelas 3 sd kurikulum 2013.
IPS : 2.2 Memahami pentingnya semangat kerja
IPA : 4.2 Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
4.3 Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
5.2 Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
Matematika : 3.1 Mengenal pecahan sederhana
Bahasa Indonesia : 5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
8.1 Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar contoh ptk sd kelas 3 k 13
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik contoh proposal ptk matematika kelas 3 sd


Post a Comment for "CONTOH PTK TEMATIK PERTANIAN UNTUK KELAS 3 SD"