Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK MATEMATIKA SMP MTS DOC

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK MATEMATIKA SMP MTS DOC-Dapat Anda download langsung dari situs ini. File atau berkas yang Anda unduh berekstensi doc. Untuk membukanya, Anda memerlukan program Microsoft Word. Jika belum mempunyainya, Anda dapat mengunduhnya secara gratis. Kali ini kami mengelompokkan PTK SMP kelas IX dan MTs kelas VII berdasarkan mata pelajaran atau bidang studi, yaitu matematika. PTK  bidang studi matematika ini kami kompilasi. Kompilasi kami memudahkan Anda untuk memperoleh rujukan yang bermutu dalam menyusun penelitian tindakan kelas Anda.

Kali ini admin akan mengupload contoh penelitian tindakan kelas/PTK Matematika untuk SMP dan MTS. Anda dapat memilah mana judul yang sekiranya cocok dengan bagi Anda. Kemudian anda dapat langsung men-download ptk metematika smp. Cara mendownload sangat mudah. Klik saja judulnya dan otomatis contoh PTK  metematika MTs yang Anda pilih akan terdownload dengan lengkap.

Pembelajaran yang terjadi di sekolah masih didominasi guru sehingga pembelajaran yang dilakukan di sekolah kurang efektif. Sebagai pendidik harus mengetahui dan dapat membuat sebuah pembaharuan dalam dunia pendidikan agar dapat mengembangkan proses pembelajaran yang kondusif sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Penelitian seringkali menjadi momok bagi para guru di sela kesibukan mereka mengurusi pekerjaan mengajar dan kegiatan administratif yang sangat menyita waktu.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk SMP kelas VII dan MTS Kelas VIII merupakan kegiatan guru yang dilakukan untuk mengembangkan kariernya sebagai guru yang lebih berkualitas. Disamping untuk pengembangan karier, PTK matematik juga merupakan tuntutan profesi guru di Indonesia belakangan ini.

Download Contoh PTK Matematika SMP dan MTs Kurikulum 2013

  • “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pangkat Dan Bentuk Akar Melalui Pendekatan Scientific Di Kelas Ix C Smp Tahun Ajaran 2016/2017"


  • Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (TEAMS Games Tournament) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

  • Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (PAIKEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX.7 SMP N dalam Materi Pokok Sifat-Sifat Tabung, Kerucut Dan Bola Serta Menentukan Ukurannya
  • Meningkatkan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Pada Materi Pokok Perbandingan Bertingkat Kelas IX-F Semester Gasal SMP Negeri Tahun Pelajaran 2016/2017
  • Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (PAIKEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII-2 SMPN dalam Materi Pokok Penggunaan Keliling Dan Luas Segitiga Dan Segiempat Dalam Pemecahan Masalah Tahun Pelajaran 2015/2016

Contoh PTK Matematika SMP Di Masa Pandemi Covid

Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Fungsi Kuadrat Siswa Kelas IX-G SMP  Tahun Pelajaran 2020/2021”

DOWNLOAD KATALOG JUDUL PTK 2021

Masa Pandemi Corona Virus 19 (covid 19) ini membikin pelajaran yang harusnya dilakukan dengan tatap muka di depan kelas, tidak bisa dilakukan lagi, hal ini sebab adanya khawatiran makin menyebarnya covid-19. Persoalan dasar riset ini ialah bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Matematika lewat Mode pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS)? Adapun pokok masalahnya yaitu : 1) Bagaimana strategi penerapan pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) pada siswa kelas IX-G SMP? 2) Apakah hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada siswa kelas IX-G SMP?. Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMP tahun ajaran 2020/2021 pada bulan Oktober – Desember 2020 semester ganjil dengan jumlah siswa 35 siswa, ptk matematika smp kelas 7 8 9 lengkap.

Sistem yang dipakai dalam riset ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan, yakni tahapan rencana, penerapan, pengamatan dan refleksi. Instrument riset yang dipakai ialah peningkatan hasil belajar matematika, test hasil belajar, interviu, lembar pengamatan, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Pencarian data dilaksanakan dengan test hasil belajar, lembar pengamatan, dan interviu. Data hasil belajar yang terkumpul dikaji dengan memakai analitis kuantitatif dan data hasil pengamatan dikaji dengan analitis kualitatif, ptk matematika smp masa pandemi.

Dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil dari tes awal siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 72,60 atau sebesar 48,57%. Setelah diterapkan Model pembelajaran SSCS hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil skor rata- rata siswa pada siklus I sebesar 79,86 atau sebesar 71,43%. Sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 87,23 atau sebesar 94,29%. Hal ini memperlihatkan sudah teraih hasil belajar pelajar secara klasikal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan terhadap hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada siswa kelas VIII SMP, ptk matematika smp 2022.

Key Word: Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS), Hasil Belajar

Pendidikan merupakan salah satu komponen kehidupan yang paling penting dalam sejarah peradaban manusia. Pendidikan sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa dan Negara. Jika dalam sebuah negara kualitas pendidikannya baik, maka suatu negara dapat mencapai sebuah kemajuan dalam teknologinya. Suatu negara tinggi rendah kualitas pendidikannya dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu proses pendidikan, salah satunya adalah proses pembelajaran yang berlangsung di kelas khususnya mata pelajaran matematika.

Matematika merupakan mata pelajaran yang terstruktur dalam proses pembelajarannya, terorganisasi, dan berjenjang, artinya mata pelajaran yang dapat menghubungkan antara materi satu dengan yang lainnya. Selain untuk belajar memahami konsep, matematika memiliki banyak hal yang muncul dari hasil proses pembelajarannya. Matematika berperanan besar dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) supaya sanggup hadapi rintangan zaman globalisasi.

Salah satu tujuan dari mata pelajaran matematika siswa dituntut untuk mampu dalam memahami materi. Maka dari itu, pemahaman materi menjadi hal terpenting, bahkan sebagai jantungnya matematika. Pemahaman materi yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh siswa meliputi. Siswa dalam menyelesaikan permasalahan soal matematika menggunakan kemampuan pengalaman serta keterampilan yang dimiliki sebelumnya, ptk matematika smp terbaru.

Berdasarkan hasil wawancara yang penulis lakukan Bersama teman sejawat diperoleh informasi bahwa masih ditemui berbagai permasalahan dalam pembelajaran matematika, diantaranya siswa masih beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit dimengerti dan menakutkan, sehingga secara tidak langsung siswa menjadi kurang termotivasi untuk belajar matematika. Proses belajar matematika masih menggunakan pembelajaran yang pasif. Selain itu, beberapa dari siswa masih kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh pendidik dan kurangnya kreativitas siswa dalam menggali informasi secara mandiri. Dapat dilihat ketika siswa diberi permasalahan soal cenderung memberikan jawaban yang sama, dan terkadang hanya mengikuti langkah-langkah yang ada di buku paket atau cara yang telah ada.

Contoh PTK Matematika SMP Kurikulum Prototype atau Prototipe 2022 Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP) 

Dilihat dari hasil observasi penulis melalui pemberian tes soal yang diberikan kepada siswa masih tergolong sangat rendah. Masih banyak siswa yang belum mampu dalam memahami materi, terlihat dari cara siswa mengerjakan soal, yakni beberapa dari siswa langsung menjawab pertanyaan tanpa melakukan langkah-langkah dalam memahami materi matematis yaitu tidak menulis apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal yang diberikan. Beberapa dari siswa ada yang sudah dapat menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal, namun siswa tersebut belum dapat membuat rencana penyelesaian dengan benar. Rencana penyelesaian yang dibuat siswa pasti berbeda-beda ada yang benar, hampir benar, dan ada juga yang salah karena pemahaman setiap siswa berbeda. Setelah merencanakan pemahaman materi sebagian siswa langsung menjawab soal tanpa memeriksa kembali jawaban apakah jawaban itu sudah benar atau belum. Terlihat siswa langsung mengumpulkan jawaban yang sudah diperoleh. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor ini lah yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa SMP, PTK Matematika SMP Kurikulum Prototype.

Proses belajar matematika di SMP, model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik yang sekaligus merupakan peneliti pada proses pembelajaran dirasa masih kurang tepat. Siswa terlihat kurang aktif dalam proses belajar matematika, cenderung hanya mendengar dan mencatat yang disampaikan oleh pendidik sehingga pembelajaran hanya berarah satu arah saja, belum sepenuhnya mengerti tentang konsep dan model matematika sehingga dalam memahami materi matematika pada soal yang telah guru berikan, siswa terlihat kesulitan dalam mengerjakannya dan siswa juga kurang aktif atau kurang berani untuk bertanya setelah guru menyampaikan materi, PTK Matematika SMP Kurikulum Prototipe.

Adapun permasalahan-permasalahan di atas mengindikasikan bahwa kemampuan siswa SMP Kelas IX-G dalam memahami materi pada umumnya masih rendah. Maka perlu diterapkannya pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa PTK Matematika Kurikulum Prototipe, mendorong siswa menggali informasi secara mandiri dan mengembangkan kegiatan siswa dalam meningkatkan komunikasi dan interaksi sesama siswa. Pemilihan model pembelajaran juga sangat diperlukan guna menentukan akan keberhasilan dan tingkat penguasaan siswa terhadap suatu pelajaran,.

Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan di atas maka perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat dikembangkan pendidik dalam upaya mengembangkan pemahaman materi siswa. 
Berhubungan dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, peneliti mengharapkan suatu perubahan berupa inovasi dalam pembelajaran matematika. Inovasi pembelajaran yang dibutuhkan adalah perubahan model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan menyenangkan dalam belajar matematika sehingga dapat menumbuhkan pemahaman materi siswa.

PTK Matematika SMP Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP), Model pembelajaran yang digunakan untuk proses pemahaman materi salah satunya adalah model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Model ini dapat membuat proses belajar menjadi aktif dan menyenangkan bagi siswa. Model ini terdiri dari empat fase, adapun tujuan dari masing-masing fase tersebut adalah mengidentifikasi masalah (fase search), merencanakan dan melaksanakan penyelesaian masalah (fase solve), menuliskan solusi masalah yang diperoleh (fase create), mensosialisasikan solusi masalah (fase share).

Model SSCS memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi ide secara mandiri, mengharuskan siswa mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian yang sistematis, serta mengharuskan siswa untuk aktif dalam berdiskusi selama proses pembelajaran dan tentunya pembelajaran ini memberikan kesan pembelajaran yang lebih dirasakan oleh siswa. Selain itu, kreativitas belajar siswa tentunya akan berpengaruh terhadap pemahaman materi matematis siswa.

Rendahnya hasil belajar dimungkinkan tidak hanya disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang aktif yang masih diterapkan di sekolah tetapi juga disebabkan oleh faktor lain yang mampu mempengaruhi hasil belajar. Faktor lain yang harus juga diperhatikan oleh guru karena dapat mempengaruhi pemahaman materi adalah kreativitas belajar matematika siswa. Neuman menjelaskan bahwa kreativitas dianggap sebagai kekuatan pendorong dibalik inovasi. Setiap siswa memiliki tingkat kreativitas belajar yang berbeda. Model pembelajaran tertentu mungkin cocok untuk tingkat kreativitas belajar tertentu tetapi belum untuk tingkat kreativitas belajar yang lain.

Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas Download Contoh ptk Matematika SMP dan MTs lenkap doc, PTK Matematika SMP 2022. Semoga PTK Matematika SMP ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)..

10 comments for "DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK MATEMATIKA SMP MTS DOC"

  1. terimakasih banyak atas diperbolehkan saya mendownload file saudara..semoga Allah S.W.T. memberikan kemudahan dalam mendapatkan rezeki yang halal dan semoga saudara lebih berkarya untuk kemaslahatan bangsa ini..Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Amin Amin... Terimakasih Bapak Sukisno Atas kunjungannya

      Delete
  2. Terimakasih ,semoga Alloh memberi kemudahan bagi anda, karena telah memberi kemudahan bagi orang lain/pembaca( contoh2 ptk yg dibutuhkan )
    Mungkin ada yg referensiutk dftr pustaka th terbaru 2015,2016 ,2017)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Terimakasih untuk kunjungannya Pak Yusmadi Yunus

      Delete
  4. Mas, semoga barokah....... Filenya.... Rejekinya makin lancar.... Amin

    ReplyDelete
  5. Apakah sudah expired? Saya coba buka tidak bisa

    ReplyDelete