Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK MATEMATIKA SD/MI KURTILAS DOC

DOWNLOAD LENGKAP  CONTOH PTK MATEMATIKA SD/MI KURTILAS DOC-Pembelajaran yang terjadi di sekolah masih didominasi guru sehingga pembelajaran yang dilakukan di sekolah kurang efektif. Sebagai pendidik harus mengetahui dan dapat membuat sebuah pembaharuan dalam dunia pendidikan agar dapat mengembangkan proses pembelajaran yang kondusif sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. 

Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK Matematika) menggunakan kurikulum 2013 (kurtilas) untuk sekolah dasar/SD dan madrasah ibtidaiyah/MI merupakan kegiatan akademik guru yang dilakukan untuk mengembangkan kariernya sebagai guru yang lebih berkualitas. Disamping untuk pengembangan karier, PTK matematika juga merupakan tuntutan profesi guru di Indonesia belakangan ini. Guru dituntut untuk aktif dan kreatif membimbing peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik.

Penelitian tindakan kelas SD/MI bidang studi matematika ini dapat Anda download langsung dari situs ini. File atau berkas yang Anda unduh berekstensi doc. Untuk membukanya, Anda memerlukan program Microsoft Word. Jika belum mempunyainya, Anda dapat mengunduhnya secara gratis. Kali ini kami mengelompokkan PTK SD/MI berdasarkan mata pelajaran atau bidang studi, yaitu matematika. PTK Sekolah Dasar/SD/MI untuk bidang studi matematika ini kami kompilasi. Kompilasi kami memudahkan Anda untuk memperoleh rujukan yang bermutu dalam menyusun penelitian tindakan kelas SD.

Download Contoh PTK Matematika SD/MI Kurikulum 2013

  • "PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENGURANGAN BILANGAN DALAM BENTUK SOAL CERITA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III.B MI . KECAMATAN .  KABUPATEN . TAHUN PELAJARAN 2016/2017"


  • Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pengukuran Pada Siswa Kelas II Semester 1 SD Negeri 3 Tahun Ajaran 2011/2012. Kata kunci : Pemanfaatan alat peraga benda konkrit, ketrampilan dan kemampuan peserta didik, hasil belajar matematika.

  • Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Aritmatika Sosial Dengan Menggunakan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas III SDN Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata Kunci : Metode Simulasi, Hasil Belajar Siswa.
  • Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Manipulatif Kertas Manila Siswa Kelas 4 Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 SDN Tahun 2015/2016. Kata kunci: Hasil belajar Matematika, Media Manipulatif, Pecahan.
  • Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Strategi Belajar Kooperatif Tipe TPS dengan Alat Bantu Benda Konkret Pada Pelajaran Matematika Kelas VI SDN Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Benda Konkret.

Contoh PTK Metematika SD Di Masa Pandemi Covid

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI APLIKASI WHATSAPP


Kementerian Agama Republik Indonesia memberikan alternatif pembelajaran melalui aplikasi Whatsapp, dimana guru melakukan proses belajar mengajar melalui pembuatan kelas via group whatsapp siswa sebagai langkah evaluasi terhadap metode-penggunaan aplikasi yang telah dilakukan. Peneliti menggunakan group aplikasi Whatsapp sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Program sekolah ini dilaksanakan dengan cara guru memberikan materi berupa foto, pesan suara, videocall melalui group whatsapp kepada siswa untuk memberikan pembelajaran, dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi anak didik. Keputusan memakai cara pembelajaran ini pun diamini oleh wali siswa, supaya anak mereka mendapatkan mata pelajaran langsung dari guru mereka contoh ptk sd masa pandemi covid-19.

Dalam sebuah proses pembelajaran, khususnya pembelajaran tematik siswa harus memiliki motivasi belajar dan aktif agar dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan mudah karena materi tematik memuat materi-materi yang memang membutuhkan konsentrasi dan perhatian. Apabila dalam sebuah pembelajaran siswa tidak termotivasi dan terlibat secara aktif, maka guru akan mengalami kesulitan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi tematik khususnya tema panas dan perpindahannya subtema kalor di sekitar kita. Guru dapat memilih penggunaan aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, yakni dengan menggunakan aplikasi Whatsapp. Melalui penggunaan aplikasi Whatsapp yang ini siswa akan dapat lebih termotivasi dalam belajar karena tetap bisa berkomunikasi secara langsung dengan guru sehingga materi bisa diserap dengan mudah dan sesuai dengan kondisi pandemi saat ini contoh ptk sd di masa pandemi.

Whatsapp menitikberatkan pada efisiensi proses belajar mengajar. Penggunaaan aplikasi Whatsapp akan mempermudah peserta didik untuk menyerap materi pelajaran, serta bertanya dengan pengajar secara langsung contoh judul ptk di masa pandemi covid-19. Tidak hanya itu, pengajar juga dapat menambahkan referensi bahan ajar yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar siswa sehingga peserta didik juga dapat menambah wawasannya, serta akan sangat mempermudah pengajar untuk melakukan pengawasan dalam penguasaan materi peserta didik. Namun demikian, penerapan penggunaan aplikasi Whatsapp memiliki banyak keterbatasan yang hanya bisa dilakukan dengan pembelajaran secara tatap muka di kelas. Lemahnya kualitas dan kontrol terhadap penggunaan aplikasi Whatsapp, memungkinkan siswa belum mampu secara mandiri mengelolanya. Dalam pembelajaran tatap muka pun memiliki banyak kelemahan, karena pembelajaran tatap muka cenderung membuat siswa pasif dan mudah jenuh. Oleh karena itu, solusi alternatifnya adalah dengan penggunaan aplikasi aplikasi Whatsapp dengan penugasan dengan memanfaat group Whatsapp sehingga kelas lebih terkontrol. Siswa juga lebih termotivasi dalam belajar contoh ptk di masa pandemi covid-19.

Contoh PTK Matematika SD Kurikulum Prototype atau Prototipe 2022 Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP) 

Sebelum melakukan penelitian, peneliti mengadakan perhatikan secara khusus dahulu pada hari Sabtu, 23 Januari di kelas V. pada dikala pembelajaran tematik tema panas dan perpindahannya subtema kalor di sekitar kita berlangsung secara daring. Menurut hasil perhatikan dan wawancara individu dengan salah satu siswa kelas V, ditemukan beberapa problem yang terjadi di kelas V yakni kurangnya perhatian, ketertarikan, kesiapan siswa selama pembelajaran berlangsung, hal ini ditunjukkan terhadap kelas V sebelum penelitian yang memperlihatkan dari 36 siswa yang hadir dalam pembelajaran daring dapat diketahui bahwa tingkat absensi masih belum optimal serta motivasi belajar cenderung kurang, hal ini dilihat dari sikap siswa yang melakukan tugas tidak berhenti sebelum selesai melakukan sebesar 66,67%, siswa ulet dalam menghadapi kesulitan dan tidak lekas putus impian dikala menemui soal susah sebesar 64,58%, memperlihatkan ketertarikan terhadap mata pembelajaran tematik sebesar 59,03%, lebih bahagia bekerja mandiri dikala melakukan soal-soal yang diberi oleh guru sebesar 68,75%, dapat mempertahankan pendapatnya atau dapat dikatakan tidak gampang tergoda oleh jawaban teman dikala melakukan soal-soal dari guru sebesar 61,81%, bahagia mencari dan mengatasi problem soal-soal sebesar 68,75%, dengan hasil skor rata-rata sebesar 64,93% contoh ptk pembelajaran daring sd. Pelaksanaan pembelajaran kelas V memperlihatkan bahwa pengerjaan pembelajaran secara dominan belum terkonsentrasi pada peserta ajar. Pendidik umumnya memakai pidato dalam pembelajaran yang membuat siswa bosan sehingga motivasi belajar siswa menjadi rendah, hal ini berarti pendidik belum memakai teknik pembelajaran yang bervariasi contoh ptk sd kelas 6 daring, PTK Matematika SD Kurikulum Prototype. 

Dari beberapa siswa kelas V yang peneliti wawancara, beberapa mengaku sulit untuk memahami materi dan beberapa mengaku tidak membaca buku pelajaran dan berlatih soal di rumah sehingga motivasi belajar siswa rendah yang menyebabkan hasil belajar para siswa pun rendah, diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik berada dalam kategori rendah karena siswa yang lulus KKM hanya 17 dari 36 siswa di kelas V ptk pembelajaran daring matematika, PTK Matematika Kurikulum Prototipe 2022.


Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas Download Contoh ptk  Sd/MI Matematika Doc lengkap. Semoga PTK Matematika Sd/Mi ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

12 comments for "DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK MATEMATIKA SD/MI KURTILAS DOC "