Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD CONTOH PTK PKN KELAS XII PEMBELAJARAN BRAINSTORMING

DOWNLOAD CONTOH PTK PKN KELAS XII PEMBELAJARAN BRAINSTORMING-Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada pelajaran PKn  mengenai pembelajaran Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia.Dalam upaya meningkatkan aktifitas belajar siswa, peneliti menerapkan Tekhnik Pembelajaran Brainstorming pada mata pelajaran PKn dengan materi Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, dengan harapan penerapan Tekhnik Pembelajaran Brainstorming dapat membuat siswa untuk selalu berpikir kritis dan terarah dalam memecahkan suatu masalah ptk pkn jadi. Metode ini merupakan suatu model dalam pembelajaran untuk menghasilkan banyak gagasan dari seluruh siswa dalam kelompok diskusi yang mencoba mengatasi segala hambatan dan kritik download contoh ptk sma. Berdasarkan hasil   penelitian maka dapat disimpulkan Ada perbedaan aktifitas siswa dan hasil belajar antara metode ceramah dengan Tekhnik Pembelajaran Brainstorming.Hasil penerapan Tekhnik Pembelajaran Brainstorming lebih baik daripada hasil penerapan metode ceramah yaitu rata-rata hasil nilai belajar siswa pada pra siklus sebesar 64,8,  pada siklus 1 sebesar 76,3, pada siklus 2 sebesar 79,4. Tekhnik Pembelajaran Brainstorming juga efektif dalam meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran. Pada pra siklus siswa sama sekali tidak aktif dalam pembelajaran, namun pada siklus 1 dari hasil pengamatan pada kegiatan siswa di peroleh rata rata nilai keaktifan siswa adalah 67,5 dan meningkat pada siklus 2 yaitu 82,4 ptk pkn sma pdf.

Kata kunci : Meningkatkan Aktifitas Siswa, Pembelajaran PKn, Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia Tekhnik Pembelajaran Brainstorming ptk pkn sma kelas xii

Latar Belakang Masalah
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Adapun fungsi mata pelajaran Kewarganegaraan di  sekolah adalah membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter, serta setia kepada bangsa  dan negaraIndonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945 ptk pkn sma 2020.
Selama ini sebagian besar guru dalam memberikan pelajaran PKn kepada siswanya dengan cara yang monoton, proses belajar mengajar yang hanya menggunakan metode ceramah menyebabkan materi pelajaran yang diperoleh siswa hanya sebatas wacana saja judul ptk pkn
. Siswa hanya duduk memperhatikan  penjelasan guru, tanpa diberi kesempatan untuk bertanya. Jika hal ini menjadi kebiasaan guru sehari-hari di sekolah, maka akan membentuk kebiasaan perilaku yang tidak baik  bagi anak, seperti kurang responsif, sulit mengajukan pendapat, dan bersifat pasif terhadap suatu hal. Sering kali terjadi dalam menjelaskan materi pelajaran PKn, guru biasanya hanya menggunakan sebuah buku sumber dan  LKS saja. Guru hanya  menjelaskan  materi pembelajaran apa yang tertulis pada buku sumber dan LKS tersebut ptk pkn sma untuk kenaikan pangkat.

Guru tidak memberi tambahan pengalaman atau pengetahuan lain. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, kelas didominasi oleh guru. Siswa hanya berperan sebagai pendengar setia saja. Akibatnya muncul berbagai tingkah laku siswa yang kurang baik diantaranya ada yang mengantuk karena tidak berminat sudah merasa bosan dan capek mendengarkan ceramah guru, ada yang pasif  terhadap penjelasan guru. 

PTK PKN SMA

Begitu selesai menjelaskan materi pelajaran, guru langsung memberi tugas kepada siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada LKS. Begitu mengerjakan, siswa mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan karena kurang atau tidak memahami maksud dari pertanyaannya. Perilaku guru yang seperti ini akan membawa dampak yang kurang baik bagi siswa. Terutama bagi siswa yang kemapuannya rendah, mereka akan memilih untuk diam dan akan berbuat yang menyimpang misalnya ramai, bergurau, serta tidak berminat mengikuti pelajaran, sehingga sikap-sikap seperti di atas dapat menyebabkan turunnya prestasi belajar siswa. Hal tersebutlah yang terjadi pada siswa kelas XII   SMA Negeri  contoh penelitian pkn.

Aktifitas siswa dalam belajar merupakan hal yang penting bagi siswa, karena keaktifan siswa dalam belajar mampu  menunjukan sejauh  mana antusias siswa terhadap suatu mata pelajaran. Pada mata pelajaran PKn khususnya materi Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia di ajarkan pada semster I, penyampaian materi sangat cocok apabila menerapkan tekhnik pembelajaran brainstorming.

Oleh sebab itu sebagai upaya meningkatkan aktifitas  siswa, peneliti menerapkan tekhnik pembelajaran brainsorming pada mata pelajaran PKn dengan  materi Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia, dengan harapan penerapan tekhnik pembelajaran brainstorming dapat membuat siswa untuk selalu berpikir kritis dan terarah dalam  memecahkan suatu masalah. Sedangkan bagi guru sendiri, penerapan tekhnik pembelajaran brainsorming akan memotivasi untuk lebih kreatif dan  inovatif dalam  menyiapkan bahan ajar. Sehingga ketika pembelajaran berakhir, siswa benar-benar memperoleh hasil belajar yang bermakna contoh ptk sma.

Post a Comment for "DOWNLOAD CONTOH PTK PKN KELAS XII PEMBELAJARAN BRAINSTORMING"