Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

3 LANGKAH AGAR PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK SMP TETAP EFEKTIF

3 LANGKAH AGAR PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK SMP TETAP EFEKTIF -Perbedaan signifikan pasti dirasakan oleh tenaga pendidik dan para siswa SMP setelah adanya kebijakan sistem daring ini. Mereka pun harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya dalam pembelajaran video agar tetap efektif ketika memahami mata pelajaran. 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan agar Pembelajaran Video Tetap Efektif 

Adaptasi dengan adanya pembelajaran online ini tentunya dirasakan secara tiba-tiba oleh beberapa siswa SMP bahkan para orang tua. Banyak di antara mereka yang mengaku bahwa belajar tanpa tatap muka seperti ini dirasa kurang efektif. Inilah penjelasannya agar mata pelajaran tetap mudah dipahami: 

1. Memahami Sistem yang Digunakan 

Dalam membagikan materi dan tugas kepada siswa, tentu saja guru akan menggunakan beberapa platform seperti e-mail, Google Class maupun aplikasi keluaran sendiri dari sekolah. Hal ini perlu diperhatikan agar pembelajaran tetap efektif bagi keduanya. 
Para siswa baik SD, SMP dan SMA diharuskan untuk memahami bagaimana tata cara penggunaannya. Biasanya, pengoperasian berdasarkan platform yang digunakan juga berbeda-beda sehingga tampilan saat guru membagikan materi atau tugas baru pun juga bisa saja tidak sama. 

2. Menyiapkan Fasilitas Pendukung 

Setelah menentukan aplikasi yang akan digunakan selama pembelajaran video secara online, maka selanjutnya ialah menyiapkan fasilitas penunjang seperti laptop atau komputer, gadget, akses internet serta materi pelajaran. 
Para orang tua seharusnya mengetahui kebutuhan fasilitas penunjang anak-anaknya selama pembalajaran secara online. Meskipun biaya paket data internet dirasa cukup mahal, namun hal ini perlu dilakukan untuk mendukung efektifitas belajar melalui video ataupun softfile.

3. Memperhatikan Jadwal 

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan jadwal agar tidak terganggu kegiatan sehari-hari. Meskipun pembelajaran lewat video atau sekedar softfile ini bisa dilakukan dimana saja, namun para siswa SMP harus menyesuaikan dengan aktivitas rutinnya. 
Para siswa harus menyisihkan jadwal pembelajaran ini agar tidak disambi dengan kegiatan sehari-hari. Terlebih apabila mereka perlu membantu keperluan di rumah, tentu saja wajib dipikirkan ulang agar tidak mengganggu kelas online. 
Ketiga hal tersebut perlu dilakukan agar pembelajaran video tetap berjalan efektif bagi kedua pihak baik guru maupun siswa SMP. Meskipun kebijakan ini dirasa cukup tiba-tiba, namun semua pelaksana dalam sistem pendidikan harus ikut andil supaya kelas secara daring berlangsung sesuai harapan. 

Post a Comment for "3 LANGKAH AGAR PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK SMP TETAP EFEKTIF "