Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK MATEMATIKA SMA MATERI POKOK LOGIKA KTSP

CONTOH PTK MATEMATIKA SMA MATERI POKOK LOGIKA KTSP-Penelitian ini membahas Quantum Teaching dan tutor sebaya terhadap hasil belajar pada materi pokok logika matematika. Penelitian ini, bertujuan contoh ptk matematika untuk meningkatkan hasil belajar dengan metode Quantum Teaching dan tutor sebaya dalam kelompok kecil pada materi pokok logika matematika di Kelas X-1 SMA Negeri 1 Hinai tahun pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik Kelas X-1 SMA Negeri 1 Hinai. Obyek penelitian ini adalah di  SMA Negeri 1 Hinai. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil yaitu Kelas X-1 yang berjumlah 33 peserta didik yang terdiri dari 8 putra dan 25 putri. donwload ptk sma Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi terbuka, dokumentasi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar yaitu nilai rata-rata kelas 74 dengan ketuntasan belajar klasikal 75%.

Pada penelitian tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Masing-masing siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. PTK berfokus pada kelas atau pada proses pembelajaran yang terjadi di kelas, pada input (silabus, materi, dan lain-lain) ataupun output (hasil belajar). ptk sma terbaru Pada tahap pra siklus sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik 69,9 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,25%. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik mencapai 87,64 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. Kemudian pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 90,82 dengan ketuntasan belajar klasikal 93%. contoh ptk kurikulum 2013 Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik ptk kurtilas lengkap yang dari tahap siklus II mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi keluarga penelitian tindakan kelas terbaru yang tidak mendukung dan karena memang daya ingat atau tingkat intelektualitas yang kurang. download ptk matematika doc Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok logika matematika Kelas X-1 SMA Negeri 1 Hinai Tahun pelajaran 2016/2017.

JUDUL PTK SMA MATEMATIKA TERBARU

PTK MATEMATIKA

PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATEMATIKA SMA KURIKULUM 2013

DOWNLOAD CONTOH PTK MATEMATIKA SMK SMA TERBARU K13

DOWNLOAD CONTOH PTK MATEMATIKA SMA DOC KURIKULUM 2013

Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat proposal judul ptk memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, sekolah) di SMA Negeri 1 Hinai untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dan dapat memberikan dorongan atau motivasi belajar kepada peserta didik agar bisa berprestasi dan menjadi proposal ptk matematika yang terbaik.


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE QUANTUM TEACHING DAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL PADA MATERI POKOK LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS X-1 SMAN 1 HINAI KECAMATAN HINAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Latar Belakang
Suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila ada perubahan tingkah laku pada peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Tugas guru sebagai pendidik sangat menentukan ptk sma kelas XI doc berhasil atau tidaknya dalam menciptakan suatu kegiatan belajar mengajar untuk terciptanya hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu, seorang guru dituntut mempunyai wawasan yang luas tentang pemilihan strategi belajar mengajar, sehingga memudahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Matematika merupakan salah satu bagian dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Standar contoh ptk K13 lengkap Nasional Pendidikan. Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, baik aspek terapannya maupun aspek penalarannya, mempunyai peranan yang penting dalam upaya penguasaan ilmu dan teknologi. Ini berarti bahwa sampai batas tertentu matematika perlu dikuasai oleh segenap warga Negara Indonesia, baik penerapannya maupun pola pikirnya. Pemilihan bagian-bagian dari matematika tersebut perlu sesuai dengan antisipasi tantangan masa depan. Matematika juga salah satu ilmu yang memberikan kerangka berpikir logis universal pada manusia. Di samping itu juga merupakan satu alat bantu yang urgen atau penting bagi perkembangan berbagai disiplin ilmu lainnya di era globalisasi sekarang ini. Oleh karena itu, tidak berlebihan kalau matematika ditempatkan sebagai Mathematics is King as Well as Good Servant. Pada umumnya manusia di seluruh dunia download ptk kurikulum 2013 kelas XII itu mengimplementasikan ilmu matematika pada kehidupan kesehariannya di berbagai bidang.

Di beberapa sekolah, Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap susah dan membosankan oleh kebanyakan peserta didik. Hal ini terjadi karena kebanyakan guru dalam menyampaikan materi menggunakan metode yang monoton tanpa ada inovasi untuk merubah image yang sudah melekat pada pikiran peserta didik tersebut. Dalam kegiatan belajar mengajar, para guru cenderung langsung menyampaikan materi dengan metode pembelajaran yang sama tanpa memperhatikan suasana kelas apakah sudah nyaman atau belum. Sedangkan pada peserta didik sendiri, mereka ptk dalam bentuk pdf kebanyakan takut bertanya pada guru tentang materi pelajaran yang belum mereka pahami. Kedua kejadian tersebut akan menjadikan minimnya aktivitas peserta didik dan pemahaman materi yang telah disampaikan oleh guru atau pendidik ptk sma doc.

Berdasarkan kenyataan di lapangan, para guru masih kurang perhatian dengan masalah yang dialami peserta didik tersebut, dan baru akan ada tindakan ketika peserta didik sudah duduk di Kelas X-1. Hal ini juga terjadi di SMA Negeri 1 Hinai. Sebagaimana paparan dari salah seorang guru matematika di sana, bahwa nilai rata-rata ulangan bab Logika Matematika peserta didik Kelas X-1 tahun pelajaran 2016/2017 masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk mata pelajaran matematika yaitu kurang dari 70, padahal nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah adalah 74 ptk wor terbaru.

Di Kelas X-1 SMA Negeri 1 Hinai, para peserta didik cenderung takut bertanya tentang soal atau materi yang belum dipahami kepada guru sehingga tujuan pembelajaran kurang tercapai dengan maksimal. Selain itu, contoh ptk materi logika metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga suasana kelas agak membosankan. Maka perlu adanya tindakan kelas untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dari latar belakang di atas maka kiranya perlu ada tindakan berkenaan dengan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dan efektif dengan materi pelajaran yang disampaikan. Metode pembelajaran yang contoh ptk matematika ktsp ditawarkan adalah penggunaan metode pembelajaran Quantum Teaching pada saat penyampaian materi dan penggunaan tutor sebaya dalam kelompok kecil saat menyelesaikan soal-soal pada materi pokok logika matematika. Dengan menerapkan metode Quantum Teaching diharapkan peserta didik merasa nyaman dan senang ketika guru menyampaikan materi sehingga tingkat pemahaman peserta didik lebih optimal, dan dengan penggunaan tutor donwload ptk KTSP sebaya pada saat menyelesaikan soal diharapkan peserta didik dapat lebih aktif dan tidak sungkan mengajukan pertanyaan karena yang jadi tutor adalah temen sebaya yakni peserta didik yang lebih pintar di kelas itu sendiri.

Post a Comment for "CONTOH PTK MATEMATIKA SMA MATERI POKOK LOGIKA KTSP"