Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK IPA SD DENGAN MODEL PEMBEJARAN TERBARU

CONTOH PTK IPA SD DENGAN MODEL PEMBEJARAN TERBARU-Mengidentifikasi kegunaan ptk ipa fisika, ptk ipa biologi, ptk ipa kimia lengkap energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari, hanya mencapai 40%. Pada tahun pelajaran 2015/2016 siswa yang bernilai sama dan atau di atas KKM (>65) hanya 8 siswa. Jadi yang tuntas hanya 40% dengan rata-rata nilai sebesar 62,50, rendahnya hasil belajar di SDN 02 Tanjung Dalom disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: (1) pandangan siswa yang masih holistik atau global pada obyek tertentu; (2) minat siswa masih sangat rendah; (3) kurangnya media yang tepat dan membuat siswa tertarik pada pembelajaran IPA; (4) guru yang tidak menerapkan Pendekatan pembelajaran yang inovatif, konstruktif, dan terkesan statis; (5) keadaan kelas yang sering kacau karena kenakalan dan sikap usil siswa laki-laki. Masalah yang dirumuskan sebagai berikut: “Apakah dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa kelas VI SDN 02 Tanjung Dalom Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan Semester 2 Tahun 2015/2016” macam metode penelitian tindakan kelas contoh judul ptk ipa smp kurikulum 2013.

DOWNLOAD CONTOH PTK IPA SD FORMAT DOC

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD KURIKULUM 2013

CONTOH PTK IPA SD KELAS 4 KURIKULUM 2013

CONTOH PTK IPA SD KELAS 5 SEMESTER 2

CONTOH PTK IPA ENERGI LISTRIK KELAS 4 SD

DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS IPA SD

CONTOH PTK IPA SD KURIKULUM 2013 TERBARU DOC

DOWNLOAD PTK IPA KELAS 5 LENGKAP KURIKULUM 2013

DOWNLOAD PTK IPA KELAS VI SD LENGKAP K13

LAPORAN PTK SD IPA DOC UNTUK KENAIKAN GOLONGAN

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (classroom action research). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 02 Tanjung Dalom Kabupaten Way Kanan sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik observasi. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi jumlah, mean, skor minimal-maksimal, persentase, membandingkan dan grafik/diagram macam-macam model pembelajaran ptk ipa terpadu smp doc.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar IPA siswa tentang penghematan energi setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw. Hal ini nampak pada skor rata-rata yakni pada kondisi pra siklus sebesar 62,5, siklus I naik menjadi 65,5 dan pada siklus II naik lagi menjadi 73 pengertian metode penelitian tindakan kelas ptk ipa smp untuk kenaikan pangkat guru.

Implikasi penelitian adalah sebagai bahan pertimbangan guru untuk menerapkan model pembelajaran jigsaw pada pembelajaran IPA, sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai sehingga hasil belajar siswa mencapai optimal. Bagi peneliti di bidang pembelajaran dan asesmen, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pengembangan penelitian lebih lanjut ptk ipa smp kurikulum 2013 pdf.

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS VI SD SEMESTER 2 
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Metodologi Penelitian Tindakan Kelas

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran IPA diarahkan untuk meningkatkan metode ptk menurut para ahli kualitas pembelajaran IPA maka para ahli mengembangkan berbagai model pembelajaran yang dilandasi pandangan konstruktivisme dari Piaget. Pandangan tersebut berpendapat bahwa dalam proses belajar anak memperoleh banyak pengetahuannya sendiri dan memperoleh banyak pengetahuan di luar sekolah makalah metode penelitian tindakan kelas (Dahar dalam Nano Sutarno, 2007: 8,11). Oleh karena itu, setiap siswa akan membawa konsepsi awal mereka yang diperoleh selama berinteraksi dengan lingkungan dalam kegiatan pembelajaran. Implikasi dari pandangan konstruktivisme di sekolah ialah pengetahuan itu dapat dipindahkan secara utuh dari pikiran guru ke siswa. Namun secara aktif dibangun oleh siswa melalui pengalaman nyata. Model pembelajaraan IPA yang dikembangkan berdasarkan pandangan konstruktivisme ini memperhatikan dan mempertimbangkan pengetahuan awal siswa yang mungkin diperoleh dari luar sekolah ptk ipa smp kurikulum 2013 doc. Disarankan oleh Bell (dalam Nano Sutarno, 2007: 18,18) agar pertanyaan tentang metode penelitian tindakan kelas pengetahuan siswa yang diperoleh dari luar sekolah dipertimbangkan sebagai pengetahuan awal dalam sasaran pembelajaran, karena sangat mungkin terjadi miskonsepsi. Sebaliknya apabila guru tidak mempedulikan konsepsi atau pengetahuan awal siswa, besar kemungkinan miskonsepsi yang semakin kompleks ptk kenaikan pangkat mapel ipa smp.

Hasil survei yang telah dilakukan, menunjukkan nilai rata-rata kelas untuk materi IPA hanya mencapai 60 % Pada tahun ajaran 2015/2016 siswa yang bernilai sama dan atau di atas KKM (~65) hanya 8 siswa. Jadi yang tuntas hanya 40 % dengan rata-rata nilai sebesar 62,5 Rendahnya hasil belajar di SDN 02 Tanjung Dalom disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: (1) pandangan siswa yang masih holistik atau global pada obyek tertentu; (2) minat siswa masih sangat rendah; (3) kurangnya media yang tepat dan membuat siswa tertarik pada pembelajaran  contoh ptk ipa smp 2019; (4) guru yang tidak menerapkan model pembelajaran yang inovatif, konstruktif, dan terkesan statis; (5) keadaan kelas yang sering kacau karena jumlahnya banyak contoh penelitian tindakan kelas didominasi siswa laki-laki. Kondisi ini merupakan masalah yang perlu dicarikan pemecahannya. Salah satu langkah awal yang perlu dipersiapkan dalam usaha mensukseskan pembelajaran adalah dengan menentukan metode pembelajaran yang tepat yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa. Model Pembelajaran Jigsaw adalah model pembelajaran dimana siswa diajak untuk dapat berfikir kritis dan mencari solusi untk dapat emecahkan masalah yang dihadapi. Untuk itu, guru hendaknya berupaya melakukan perubahan pembelajaran dengan mengaktifkan siswa agar hasil belajar siswa menjadi meningkat. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk melakukan penelitian yang berjudul “ Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Bagi Siswa Kelas VI SDN 02 Tanjung Dalom Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan Semester 2 Tahun 2015/2016 “ pengertian jenis penelitian tindakan kelas ptk ipa smp kelas 9 kurikulum 2013.

Langkah-Langkah dan Sistematika menyusun PTK

BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1 Kajian Teori
2.1.1 Pembelajaran IPA
a. Latar Belakang Pembelajaran IPA
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan haanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip­prinsip saja tetap juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didk untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. unsur unsur penelitian tindakan kelas ptk biologi sma pdf


Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) didefinisikan sebagai kumpulan pengetahuan yang tersusun secara terbimbing. Hal ini sejalan dengan kurikulum KTSP (Depdiknas RI No. 22, 2006) bahwa “IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsIPAaja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan”. Selain itu IPA juga merupakan ilmu yang bersifat empirik dan membahas tentang fakta serta gejala alam. Fakta dan gejala alam tersebut menjadikan pembelajaran IPA tidak hanya verbal tetapi juga faktual. Hal ini menunjukkan bahwa, hakikat IPA sebagai proses diperlukan untuk menciptakan pembelajaran IPA yang empirik dan faktual langkah langkah metode penelitian tindakan kelas.

Contoh PTK SD Kelas 6

BAB III
METODE PENELITIAN


3.1. Setting dan Karakteristik Subyek Penelitian
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas untuk mata pelajaran IPA yang dilaksanakan pada siswa kelas VI SDN 02 Tanjung Dalom Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 contoh ptk biologi lengkap dengan lampiran.
SDN 02 Tanjung Dalom berdasarkan lokasi termasuk wilayah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI sebanyak 18 siswa. Kondisi sosial ekonomi orang tua/wali siswa sangat beragam, ada yang sangat mampu, ada yang cukup tetapi tidak sedikit yang ekonomi orang tua/wali siswa sangat lemah. Pekerjaan orang tua/wali siswa ada yang pegawai, pengusaha, sampai buruh pabrik, banyak juga yang tani. Bahkan tidak sedikit pula yang hanya buruh tani. Tidak semua wali siswa peduli terhadap pendidikan. Ada beberapa prestasi yang diraih oleh siswa SDN 02 Tanjung Dalom Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan terutama di tingkat kecamatan baik di bidang akademik maupun non akademik skripsi ptk biologi sma pdf.
Penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subyek penelitian yang sangat sesuai dengan profesi. Alasan lain karena SDN 02 Tanjung Dalom merupakan di Gugus yang perlu perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Download PTK SD Lengkap Doc

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


4.1. Deskripsi Pra Siklus
Kegiatan belajar mengajar sebelum pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Guru dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah. Karena metode yang digunakan masih belum tepat, akibatnya siswa menjadi jenuh, tidak tertarik terhadap pelajaran, ramai sendiri di dalam kelas sehingga mengakibatkan siswa tidak dapat menguasai pelajaran yang telah disampaikan guru.
Kondisi pembelajaran seperti itu berdampak pada hasil belajar siswa kelas VI SDN 02 Tanjung Dalom pada mata pelajaran IPA, sebelum siklus I (pra Siklus) banyak siswa yang belum mencapai KKM yaitu 65 jurnal ptk biologi sma pdf.

Berdasarkan data di atas dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang mendapat nila 80 – 100 sejumlah 15 % atau 3 siswa, yang mendapatkan nilai 70 – 79 sejumlah 25% atau 4 siswa, dan yang mendapat nilai 60 – 69 sebanyak 35% atau sebanyak 6 siswa, yang mendapat nilai 50-59 sebanyak 20% atau sebanyak 4 siswa, sedangkan yang mendapat nilai 0 – 49 sebanyak 5% atau sebanyak 1 siswa.
Dari hasil tes tersebut di atas, sebagian besar siswa belum mencapai ketuntasan belajar hanya sebagian kecil yang mencapai ketuntasan belajar. 40% dari 18 siswa atau 7 siswa.
Data ketuntasan belajar pada kondisi awal dapat diketahui pada tabel di bawah ini penelitian tindakan kelas bidang studi biologi.

DAFTAR PUSTAKA

Anu, A. 2004. Korelasi Antara Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SMA N 1 Pabelan Kabupaten Semarang. Tesis.(tidak diterbitkan). Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pasca Sarjana. UKSW. Salatiga.
februari 2010. 16.00)
Arikunto, Suharsini.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi (Model-model Pen gajaran Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dimyati, dkk. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Erman, Suherman. 1993. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka. Depdikbud.

Post a Comment for "CONTOH PTK IPA SD DENGAN MODEL PEMBEJARAN TERBARU"