Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD PTK SD KELAS 6 IPS LENGKAP

DOWNLOAD PTK SD KELAS 6 IPS LENGKAP-Latar belakang masalah, UU-RI No. 20/2003, menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional antara lain menjadikan manusia yang cakap dan kreatif. Untuk itu pembelajaran memegang peranan penting yang menuntut guru mewujudkannya, melalui penciptaan situasi interaksi yang edukatif, antara lain dengan memanfaatkan sumber belajar, agar kompetensi siswa yang diharapkan dapat tercapai secara optimal. skripsi ptk ips sd  Untuk itu, dalam menerapkan konsep-konsep dasar dalam pembelajaran, guru perlu memilih sumber belajar yang tepat melalui penggunaan peta. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui penggunaan peta bagi siswa Kelas VI SD Negeri semester I tahun 2011- 2012 ptk ips sd word.

Jenis penelitian skripsi penelitian tindakan kelas sekolah dasar ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni perencanaan, implementasi tindakan dan observasi, refleksi download ptk ips sd. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN  sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik non tes yang meliputi teknik observasi dan teknik angket. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal, lembar observasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah diskriptif kuantitatif yang meliputi jumlah, mean, skor minimal-maksimal, persentase dan grafik/diagram ptk sd kelas VI ips.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan peta. Hal ini terlihat pada besarnya prosentase ketuntasan belajar dari kondisi awal 33,33%, naik menjadi 62,50% pada siklus I, ptk ips kelas 6 sd dan naik lagi menjadi 81,66% pada siklus II. Kenaikan ketuntasan ini signifikan karena kenaikan dari kondisi awal ke siklus I sebesar 29,17 %. Di lihat dari rata-rata kelas, juga terjadi kenaikan yakni rata-rata kelas pada kondisi awal 57,92, pada siklus I naik menjadi 69. Ini berarti terjadi kenaikan sebesar 11,08 atau 19,13 % . Sedangkan rata-rata kelas pada siklus II naik menjadi 81,66. Ini juga terjadi kenaikan sebesar 12,66 atau 18,35 %. Di lihat dari skor minimal terjadi kenaikan skor yakni pada kondisi awal skor minimalnya 25, naik menjadi 40 pada siklus I, dan 50 pada siklus II. Di lihat dari skor maksimal terjadi kenaikan skor pada kondisi awal 90 menjadi 100 baik pada siklus I maupun siklus II proposal ptk sd.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa dalam pembelajaran IPS, hendaknya guru menggunakan peta, untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan, sehingga manusia yang utuh baik aspek kognitif, afektif dan psikomotor dapat tercapai contoh proposal ptk ips pdf.

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI PENGGUNAAN PETA BAGI SISWA KELAS VI SDN SEMESTER I
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

PTK IPS SD Kelas 5 Doc

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa: bahwa ptk kelas 6 document “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, upaya yang dilaksanakan melalui pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, guru memegang peranan penting yang menuntut guru mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, sehingga tidak dapat ditawar lagi, kalau guru harus mengaktualisasikan kompetensinya secara profesional. Salah satu bentuk aktualisasi kompetensi guru nampak pada penciptaan pembelajaran dengan menumbuhkan situasi interaksi yang edukatif. Upaya ini dapat dilakukan antara lain dengan memanfaatkan sumber belajar yang relevan dengan kompetensi siswa yang akan dicapai. Untuk itu, dalam menerapkan konsep-konsep dasar dalam pembelajaran, guru perlu memilih sumber belajar yang tepat dan relevan melalui penggunaan peta ptk ips sd kelas 4 lengkap.
Peningkatan kualitas pendidikan melalui peningkatan kemampuan peserta didk dalam menguasai materi pelajaran yang diberikan oleh pendidik sangat dipengaruhi oleh sumber belajar yang digunakan. Sumber belajar yang dipergunakan dalam pendekatan pembelajaran yang secara luas diterima diseluruh dunia sebagai praktik terbaik (best practice) adalah Pendekatan Pembelajaran Aktif ptk ips sd kelas 6 pdf (DBE2-USAID, 2010). Pendekatan ini didasarkan pada prinsip bahwa cara belajar terbaik bagi peserta didik adalah dengan melakukan, dengan mengeksplorasi lingkungannya yang terdiri atas orang, hal, tempat dan kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari peserta didik (pembelajaran kontekstual). Selain itu, peserta didik belajar dari pengalaman langsung dan konkrit seperti, menulis, menanam bunga, mengukur benda, membaca buku, melihat/menyimak gambar, menggunakan peta atau membuat peta dan melakukan evaluasi atau penilaian. Keterlibatan aktif dengan benda dan gagasan ini mendorong peserta didik aktif berfikir untuk mendapatkan pengetahuan baru dan memadukannya denga pengetahuan yang sudah dimilikinya contoh ptk sd kelas 6. Keterlibatan aktif dengan lingkungan sosial dan fisik serta gagasan yang berkait dengan kehidupan nyata akan mendorong mahasiswa aktif berfikir untuk mendapatkan pengetahuan baru dan memadukannya dengan pengetahuan yang sudah dimilikinya. Untuk memfasilitasi pembelajaran aktif, guru harus menggunakan berbagai strategi yang aktif dan kontekstual, dengan melibatkan pembelajaran bersama (cooperative learning) dan mengakomodasi perbedaan jender dan gaya belajar masing-masing peserta didik. Hal tersebut bermanfaat untuk memaksimalkan kemampuan pembelajar dalam memahami hal baru dan dapat menggunakan informasi baru tersebut dalam kehidupan mereka sehari­hari. Pembelajaran aktif juga dapat mengangkat tingkat pembelajaran dari ketrampilan berfikir tingkat rendah (pengmatan, menghafal, dan mengingat informasi skripsi ptk ips sd, pengetahuan akan gagasan umum yakni tentang apa, dimana dan kapan) hingga keterampilan berfikir tingkat yang lebih tinggi (memecahkan masalah, analisis, sintesis, evaluasi yakni tentang bagaimana dan mengapa). Dengan demikian proses pembelajaran menjadi bermakna dan memiliki peranan yang sangat penting contoh ptk kelas 6 kurikulum 2013 lengkap.

PTK IPS kelas 6 semester 1

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1 Kajian Teori
2.1.1 Hasil Belajar IPS
Menurut Romiszowski (Abdurrahman, 2003) ptk ips sd kelas 6 doc hasil belajar merupakan keluaran (outputs) suatu siswa pemrosesan masukan (inputs). Masukan dari sistem tersebut berupa bermacam-macam informasi, sedangkan keluarannya adalah perbuatan/ kinerja (performance). Perbuatan merupakan petunjuk bahwa proses belajar telah terjadi. Hasil belajar dapat dikelompokkan dalam dua macam: pengetahuan dan keterampilan. Pengetahuan terdiri dari empat kategori (1) pengetahuan tentang fakta, (2) pengetahuan tentang prosedur, (3) pengetahuan tentang konsep, (4) pengetahuan prinsip. Keterampilan juga terdiri dari empat kategori, yaitu (1) keterampilan untuk berfikir atau keterampilan kognitif, (2) keterampilan untuk bertindak atau keterampilan motorik, (3) keterampilan untuk bereaksi atau bersikap, (4) keterampilan berinteraksi download ptk sd kelas 6 lengkap.

John M. Keller (Abdurrahman, 2003) memandang hasil belajar keluaran dari suatu sistem pemrosesan berbagai masukan yang berupa informasi. Masukan tersebut dapat dikelompokan menjadi dua macam, yaitu masukan yang berasal dari pribadi (personal inputs) dan masukan yang berasal dari lingkungan (environmental inputs). Masuan pribadi terdiri dari empat macam, yaitu (1) motivasi, (2) harapan untuk berhasil, (3) inteligensi dan penugasan awal, (4) evaluasi kognitif. Masukan yang beraal dari lingkungan terdiri dari tiga macam, yaitu (1) rancangan dan pengelolaan motivasional, (2) rancangan dan pengelolaan kegiatan belajar, (3) rancangan dan pengelolaan ulangan penguatan. Kualitas masukan yang diperoleh siswa akan mempengaruhi keluaran yang bisa ditujukan siswa ptk kelas 6 document.

Dari beberapa pendapat para ahli tentang hasil belajar dapat diambil beberapa kata kunci, yaitu keluaran, masukan, pemrosesan, dan ranah. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah keluaran yang dapat ditunjukan siswa setelah melakukan kegietan memroses masukan yang diterima dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor yang bersifat elative menetap/ bertahan dan dapat diamati. Kegiatan memproses informasi dalam hal ini pada hakekatnya merupakan kegiatan belajar yang dilakukan siswa ptk ipa sd kelas 6 pdf.

PTK  IPS Kelas 6 document

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Setting dan Karakteristik Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri .............. Kabupaten ............, pada semester I tahun 2011-2012 contoh ptk kelas 6 kurikulum 2013.
Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri ............ Kecamatan ............ Kabupaten ............ Tahun Pelajaran 2011/2012 ptk ips sd kelas 6 lengkap. Dengan jumlah siswa 24 anak terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan dengan karakteristik sekolah ini berada di desa kondisi belajar rendah disebabkan latar belakang yang berekonomi menengah ke bawah. Dari data kelas VI, 1 siswa orang tuanya sebagai PNS, 2 siswa orang tuanya sebagai karyawan swasta, 2 siswa orang tuanya sebagai pedagang, dan 19 siswa orang tuanya sebagai buruh harian lepas. Sekolah ini berada di desa, tempat belajar diding tembok, lantai ubin, alat mengajar menggunakan buku- buku pelajaran yang relevan, atlas, peta, globe dan papan tulis ptk sd kelas 6 ips.

Pemilihan kelas dan sekolah tempat penelitian ini sesuai dengan tugas pokok penulis sebagai guru di sekolah dan kelas yang dimaksud. Hal ini memudahkan dalam pelaksanaan penelitian karena penulis tidak harus meninggalkan tugas pokoknya selama penelitian dilakukan dan manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh siswa dan sekolah yang dimaksud download ptk sd kelas 6 doc.

3.2 Variabel Penelitian
1. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yang merupakan variabel terikat Y adalah hasil belajar. Hasil belajar adalah besarnya skor yang diperoleh siswa dari hasil tes, hasil tugas (pekerjaan rumah/PR), diskusi dan angket.
2. Variabel tindakan dalam penelitian ini yang merupakan variabel pengaruh X adalah penggunaan peta. Penggunaan peta pada pembelajaran tentang kenampakan alam wilayah Indonesia dan negara-negara tetangga dengan menggunakan peta ASEAN dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Menyimak peta yaitu siswa mengamati gambar yang ada ptk ips sd kelas 6 pdf
misalnyalokasi suatu tempat, kota, gunung, laut, danau, batas-batas
negara, dan bangunan penting, hasil-hasil pertanian contoh ptk ips sd kelas 6 doc.
2. Menggunakan peta yaitu siswa dapat menunjukan letak suatu kota.
3. Membuat peta yaitu siswa membuat peta dengan benar.
4. Mengevaluasi peta yaitu siswa dapat menunjukkan kelemahan peta yang ada download ptk ips kelas 6.

Contoh PTK SD Kelas 6

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1 Diskripsi Kondisi Awal
Penelitian ini di lakukan di SD Negeri ............ Kecamatan ............ Kabupaten ............ siswa kelas VI yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Sebelum penelitian dilakukan, dalam pembelajaran IPS guru lebih sering menggunakan metode kombinasi antara ceramah, Tanya jawab, dan penugasan. Metode lain seperti diskusi juga digunakan walaupun jarang . Peneliti belum pernah menggunakan peta contoh ptk kelas 6 kurikulum 2013.

Model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Untuk materi Kenampakan Alam Wilayah Indonesia dan Negara-negara Tetangga guru cukup menerangkan saja . Untuk menambah pengetahuan siswa guru menugaskan siswa membaca materi yang sesuai pada buku paket. Dengan kondisi pembelajaran seperti tersebut ternyata motivasi, keaktifan, hasil belajar IPS siswa relatif rendah. Untuk mengetahui motivasi belajar, penilaian siswa terhadap mata pelajaran yang bersangkutan, serta pendapat siswa tentang pembelajaran yang dilakukan, peneliti memberikan angket untuk diisi siswa. Hasil dari angket tersebut dapat dilihat pada tabel 4.1
Hasil Angket tentang Penilaian Siswa Terhadap Mata Pelajaran dan Proses

DAFTAR PUSTAKA

Arif Yulianto Sri Nugroho, dkk. 2008. IPS. Kelas 6. Yogyakarta: Intan Pariwara ptk ips sd kelas 6 kurikulum 2013
Arikunto, Suharsini. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Angkasa.
Bayu Dwi Mulyanto. 2010. Menggunakan Media Peta pada siswa kelas V di SDN Bonomerto 2 Kecamatan Suruh Kabupaten Semerang Semester I Tahun Pelajaran 2009-2010. Salatiga: UKSW.
Jonh M Keller (Aburrahman).2003 ptk kelas 6 document kurikulum 2013.
Kemmis, S. dan Mc Taggart, R . 1988. The Action Research Planner. 3 rd ed. Victoria, Australia: Deakin University
Maman Sukmana, dkk.2007. Ilmu Pengetahuan Sosial 6.Bandung: Sarana Panca Karya Nusa download ptk ips kelas 6 sd kurikulum 2013.
Nana Bermana, dkk. 2007.Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 6. Bandung: Sarana Panca Karya Nusa.
Permendiknas.2008. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Romiszowski (Abdurrahman).2003

2 comments for "DOWNLOAD PTK SD KELAS 6 IPS LENGKAP"