Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK PKN KELAS 5 SD LENGKAP DOC

CONTOH PTK PKN KELAS 5 SD LENGKAP DOC-Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang PKn Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas V Semester I” adalah adanya beberapa masalah ptk sd kelas 5 doc yang sering dihadapi guru antara lain : (1) Kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal PKn masih rendah, (2) Kurangnya keberanian bertanya atau menanggapi pertanyaan, dan (3) Nilai rata-rata kelas untuk pelajaran PKN 50,00. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Permasalahannya adalah apakah melalui metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar PKn? contoh ptk sd kelas 5 kurikulum 2013 Maka tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas enam SD melalui metode Inkuiri.

Jenis Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melaksanakan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun hasil dari contoh ptk pkn kelas 2 sd penelitian tindakan kelas ini yaitu (a) Hasil belajar meningkat, sebelum diadakan tindakan siswa yang mencapai nilai ≥ KKM hanya 6 anak, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 10 anak dan pada Siklus II menjadi 24 anak. (b) Pada kegiatan belajar mengajar sudah mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan kerja sama dalam kelompok pada Siklus I sekitar 60% (masuk dalam kategori cukup), sedangkan pada siklus II naik menjadi 90 % (masuk dalam kategori sangat baik ). ptk sd kelas 5 doc (b)

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK PKN SD FORMAT DOC

DOWNLOAD CONTOH PTK PKN SD KURIKULUM 2013 DOC

DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD

CONTOH PTK PKN SD KELAS 5 KURIKULUM 2013

DOWNLOAD CONTOH PTK SD PKN LENGKAP KELAS V

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD PKN KURIKULUM 2013

PTK PKN LENGKAP

PTK PPKN

PTK SD PKN UNTUK KENAIKAN GOLONGAN GURU

Keberanian bertanya atau menanggapi pertanyaan pada Siklus I sekitar 60% (masuk dalam kategori cukup), dan pada siklus II naik menjadi 90 % ( masuk dalam kategori sangat baik ). download ptk sd kelas 5 lengkap word Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penggunaan metode inkuiri meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VI Semester I SD Negeri Bawang Kabupaten Batang pada pelajaran PKndownload ptk sd lengkap doc.


UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V SEMESTER 
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Proposal PTK PKn Kelas 5 Lengkap

BAB I
Pendahuluan

1.1. Latar Belakang Masalah
Tugas guru yang utama adalah mengajar, yaitu menyampaikan atau mentransfer ilmu kepada anak didiknya. Oleh karena itu seorang guru Sekolah Dasar (SD) judul ptk pkn SD dituntut untuk menguasai semua bidang studi. Namun hasil perolehan nilai beberapa mata pelajaran dalam kenyataannya masih ada yang belum memenuhi standar, tidak terkecuali untuk mata pelajaran PKN. Berdasarkan pengalaman peneliti hal ini disebabkan oleh, teknik mengajar yang masih relatif monoton. Sejauh ini pembelajaran PKN di kelas mayoritas masih dilaksanakan dengan metode ceramah. Hal ini tidak menutup kemungkinan menyebabkan interaksi belajar mengajar yang lebih melemahkan motivasi belajar siswa.

Motivasi belajar tidak akan terbangun apabila siswa masih merasa kesulitan dalam menerima pelajaran PKN, PKN dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Sehingga jangan disalahkan apabila disetiap jam pelajaran PKN siswa cenderung merasa enggan dan malas. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu ada solusi dalam  ptk pkn smp kelas 4 5 6 pdf penyampaian mata pelajaran PKN dengan menggunakan berbagai cara yang menarik yang ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Sunardi (2006:13) menyarankan untuk mengupayakan agar pelajaran PKN menyenangkan anak, sampaikan materi yang sudah dikenal anak hingga anak percaya diri.

Pembelajaran PKN haruslah lebih berkembang, tidak hanya terfokus pada kebiasaan dengan strategi atau urutan penyajian sebagai berikut: diajarkan definisi, diberikan contoh-contoh dan diberikan latihan soal. Dalam latihan soal sebaiknya dihadapi bentuk soal cerita yang mungkin terkait dengan terapan PKN atau kehidupan sehari-hari (Guntur Sumilih 2002:103).

Memperhatikan uraian di atas keadaan yang sama dialami juga oleh siswa SD Negeri Jatitujuh I Kabupaten Majalengka semester satu tahun pelajaran 2013 / 2014, siswa masih merasa kesulitan, takut dan kurang berani bertanya ptk pkn SD 2017 terhadap hal-hal yang belum dipahami, sementara itu peneliti kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Keadaan ini jika dibiarkan maka nilai pelajaran PKN akan semakin menurun dan gagal dalam memperoleh nilai ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Untuk mengatasi masalah tersebut seorang guru harus mampu memberikan motivasi terhadap siswa melalui pengelolaan kelas yang menarik dan melibatkan siswa dalam menemukan konsep.

PTK PKn Kelas 5 doc

BAB II
Kajian Pustaka

2.1. Kajian Teori
2.1.1. Hakekat PKn
Pendidikan kewarganegaraan adalah sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan, watak dan karakter warganegara yang demokratis dan bertanggung jawab ptk pkn SD k13.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelajaran PKn dalam rangka “nation and character building” :
Pertama : PKn merupakan bidang kajian kewarganegaraan yang ditopang berbagai disiplin ilmu yang releven, yaitu: ilmu politik, hukum, sosiologi, antropologi, psokoliogi dan disiplin ilmu lainnya yang digunakan sebagai landasan untuk melakukan kajian-kajian terhadap proses pengembangan konsep, nilai dan perilaku demokrasi warganegara.

Kedua : PKn mengembangkan daya nalar (state of mind) bagi para peserta didik. Pengembangan karakter bangsa merupakan proses pengembangan warganegara yang cerdas dan berdaya nalar tinggi. PKn memusatkan perhatiannya ptk pkn SD untuk kenaikan pangkat pada pengembangan kecerdasan warga negara (civic intelegence) sebagai landasan pengembangan nilai dan perilaku demokrasi.

Ketiga : PKn sebagai suatu proses pencerdasan, maka pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah yang lebih inspiratif dan partisipatif dengan menekankan pelatihan penggunaan logika dan pealaran. Untuk menfasilitasi pembelajaran PKn ptk pkn SD tentang norma yang efektif dikembangkan bahan pembelajaran yang interaktif yang dikemas dalam berbagai paket seperti bahan belajar tercetak, terekam, tersiar, elektronik, dan bahan belajar yang digali dari ligkungan masyarakat sebagai pengalaman langsung (hand of experience) pdf laporan ptk pkn.

Keempat: kelas PKn sebagai laboratorium demokrasi. Melalui PKn, pemahaman sikap dan perilaku demokratis dikembangkan bukan semata-mata melalui „mengajar demokrasi” (teaching democracy), tetapi melalui metode pembelajaran yang secara langsung menerapkan cara hidup secara demokrasi (doing democracy). Penilaian bukan semata-mata dimaksudkan sebagai alat kedali mutu tetapi juga sebagai alat untuk memberikan bantuan belajar bagi siswa sehingga lebih dapat berhasil dimasa depan. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh termasuk portofolio siswa dan evaluasi diri yang lebih berbasis kelas. download ptk sd kelas 5 lengkap word

Contoh PTK PKn Kelas V lengkap

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1. Setting dan Karakteristik Subjek Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri ptk sd kelas 5 doc
 Kabupaten Batang semester satu tahun pelajaran 2013 / 2014, dari kota kecamatan berjarak kurang lebih 2 km. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N Bawang Kabupaten Batang semester satu tahun pelajaran 2013 / 2014, sebanyak 20 siswa. Latar belakang orang tua wali murid sebagian pedagang, sebagian lagi wiraswasta, dan sebagian besar petani contoh judul ptk sd kurikulum 2013.
3.2. Waktu Penelitian
Di bawah ini skema waktu penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis
Perencanaan Tindakan Observasi Refleksi

Download PTK Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V doc

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1. Deskripsi Hasil Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari satu tindakan yang diwujudkan dalam download ptk sd word satu kali pertemuan pembelajaran yang lamanya 2 x 35 menit. Jadi pada penelitian tindakan kelas ini diadakan proses pembelajaran sebanyak dua pertemuan. Sebagai gambaran penulis melakukan penilaian pra siklus terhadap peserta didik dengan hasil yang bisa dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel 4.1.
Hasil Pra siklus PKn Kelas V Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014 SD N Bawang Kec. Blado, Kab. Batang
Dari tabel diatas maka bisaptk k13 kelas 5  diketahui ketuntasan hanya mencapai 55 % ( nilai sama dengan KKM atau di atasnya ~70 ), dari 20 responden 11 anak (55 %) tuntas dan 9 anak ( 45 % ) tidak tuntas.
Selanjutnya untuk lebih jelasnya bisa di lihat dengan grafik sebagai berikut

DAFTAR PUSTAKA

Dahar, Ratna Wilis, 1988, Teori-Teori Belajar, Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud, Jakarta.
Degeng, S Nyoman,1989,Taksonomi Variabel ,IKIP Malang, Malang download ptk sd kelas 5.
Depdikbud, 2002, Pendekatan Kontekstual, Balai Pustaka, Jakarta
Dimyati Dkk,2002, Belajar Dan Pembelajaran, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Haryanto, 2003, Sains Untuk SD Kelas VI, Erlangga, Jakarta download ptk sd lengkap doc
Mulyasa, 2003, Kurikulum Berbasis Kompetensi, PT Rosda Karya, Bandung
Puskur, 2003, KD Sains SD, http://www.puskur. net/inc/sd/PengetahuanAlam .pdf.
Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek, PT. Rineka ptk sd kelas 5 pkn

Post a Comment for "CONTOH PTK PKN KELAS 5 SD LENGKAP DOC"