Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH JUDUL PTK MATEMATIKA SD KELAS 6

CONTOH JUDUL PTK  MATEMATIKA SD KELAS 6-Latar belakang permasalahan adalah nilai rata-rata ulangan harian baru mencapai 56,11 dengan tingkat ketuntasan sebesar 35% Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika melalui kerja kelompok dan media gambar pada siswa kelas VI SD Negeri Pungangan 01 tahun pelajaran 201 1/2012 ptk matematika MI Kelas 6.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kerja kelompok dan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Pungangan 01 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang tahun pelajaran 201 1/2012 sejumlah 17 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskripsi yang meliputi data penyajian data, dan penerikan kesimpulan contoh ptk matematika kelas 6 semester 2.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode kerja kelompok dan media gambar pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI contoh ptk kelas 6 kurikulum 2013 SD Negeri Pungangan 01 tahun pelajaran 2011/2012. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah siswa yang pada ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal hanya 11 siswa (35%), dan pada siklus I naik menjadi 6 siswa (65%) serta pada siklus II naik lagi dan dapat mencapai 17 siswa (100%) pada.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PUNGANGAN 01 SEMESTER 2
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

Kumpulan Judul PTK matematika 

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang Masalah
Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran sulit dan membosankan. Hal ini sesuai pendapat Setiawan (2008: 24) contoh judul ptk ipa smp yang mengatakan bahwa pandangan umum terhadap matematika merupakan mata pelajaran yang sukar dan menjemukan. Pandangan ini berpengaruh pada psikologis siswa, sebelum materi matematika diberikan sehingga penguasaan konsep tidak dapat maksimal. contoh judul ptk sd kurikulum 2013
Demikian juga pada pengolahandata merupakan salah satu materi penting dalam matematika yang dianggap sukar contoh ptk matematika sd. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep yang ada .Mereka berpendapat pengolahan data merupakan pelajaran yang sukar selain itu bahwa pengelolaan pembelajaran untuk materi pengolahan data di lapangan masih banyak dijumpai berbagai kesulitan dan kendala, baik dari segi pengeloalaan pembelajaran dari guru maupun dari sisi pemahaman siswa.
Di samping itu, model pembelajaran matematika yang diterapkan oleh beberapa guru cenderung monoton. Diawali dari menerangkan materi, memberi contoh, memberi latihan soal dan diakhiri memberikan pekerjaan rumah (PR) contoh judul proposal ptk pgsd. Proses pembelajaran yang monoton tersebut menyebabkan motivasi dan minat siswa mengikuti pelajaran menurun. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan tersebut dominasi guru sangat kuat. Hal ini sesuai pendapat Abba (2000: 2) yang mengatakan bahwa kebanyakan guru menggunakan model, pembelajaran yang bersifat konvensional dan banyak didominasi guru, sehingga mengakibatkan keaktifan siswa rendah judul ptk matematika.

Hal di atas berdampak hasil belajar matematika pada siswa kelas VI semester 1 SD Negeri ......... Kecamatan ....... Kabupaten ........... tahun pelajaran 2011/2012 masih rendah.Nilai rata-rata ulangan harian baru mencapai 56,11 dengan tingkat ketuntasan sebesar 35%. Rendahnya hasil belajar siswa kelas VI tersebut dikarenakan dalam mengelola pembelajaran guru belum menerapkan model pembelajaran yang tepat serta tidak melibatkan aktivitas belajar siswa secara penuh.Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel 1.1 berikut ini.

Kumpulan Judul Penelitian Tindakan Kelas

BAB II
KAJIAN PUSTAKA


2.1. Kajian Teori
2.1.1. Belajar
Banyak ahli yang memberi pengertian tentang belajar yang berbeda-beda. Prof.Dr Oemar Hamalik (2003:27) memberikan penjelasan bahwa belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman contoh judul ptk matematika. Menurut pengertian ini, belajar merupakan suatu proses, sutu kegiatan dan bukan merupakan suatu prestasi atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat akantetapi lebih luas dari pada itu, yakni mengalami. Ada pula taksiran lain tentang belajar yang meyatakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan.

Pengertian belajar yang cukup komprehensif diberikan oleh Bell Gradler dalam Udin S. Winataputra (2007: 1.5) yang menyatakan bahwa belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam kompetensi, keterampilan dan sikap judul pkp matematika kelas 4.

Belajar yang efektif sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor kondisional yang ada. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi belajar menurut Oemar Hamalik (2003: 32) meliputi kegiatan, penggunaan dan ulangan, latihan, suasana yang menyenangkan, asosiasi, pengalaman masa lampau, kesiapan minat dan usaha judul ptk matematika sd kurikulum 2013, fisiologis, serta intelegensi. Kegiatan belajar tidak selalu lancar baik belajar formal maupun non formal, pasti ada kesulitan atau hambatan yang kita sebut masalah belajar. Masalah belajar dihadapi oleh setiap orang yang melakukan kegiatan belajar. Adapun yang dimaksud dengan masalah belajar menurut Max Darsono (2001:62) ialah berbagai problema yang menghambat atau mengganggu proses atau pencapaian tujuan belajar. Masalah belajar yang tidak segera tertanggulangi akan mengakibatkan kesulitan belajar bagi siswa kelak. Menurut Winarno Surakhmad (1998: 47) kesulitan-kesulitan umum yang dihadapi oleh siswa yang belajar adalah tidak cukupnya pengetahuan mereka mengenai cara-cara belajar .Agar interaksi benar-benar dapat berjalan dengan lancar guru harus menanamkan kebiasaan pada murid-murid agar memiliki keterampilan untuk belajar sendiri serta belajar dalam kesatuan kelompok yang berdiri sendiri judul ptk sd k13.

Judul PTK Matematika SD

BAB III
METODE PENELITIAN


3.1. Setting dan Karakteristik Subjek Penelitian
3.1.1. Setting Penelitian
Pelaksanaan penelitian mata pelajaran matematika adalah siswa kelas VI semester 2 SD Negeri ........ Kecamatan Kabupaten ptk matematika sd kelas 1 doc tahun pelajaran 2011/2012. Adapun waktu dilaksanakannya penelitian adalah mulai bulan Maret sampai dengan April 2012.
Pelaksanaan penelitian pembelajaran dilaksanakan dengan jadwal seperti pada tabel 3.1 berikut.
3.1.2. Karakteristik Subjek Penelitian
Penelitian pembelajaran dilaksanakan di SD Negeri judul ptk yang menarik Kecamatan Kabupaten Siswa kelas VI ini terdiri dari 17 siswa yang terbagi menjadi 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.Sekolah terletak di daerah pedesaan yang sebagian penduduknya bekerja sebagai petani, buruh tani, TKI dan TKW.Kehidupan yang cenderung statis dan dukungan orang tua yang sangat minim terhadap perkembangan pendidikan anak-anaknya serta fasilitas belajar yang kurang memadai.
Latar belakang kelas ini sebagai tempat penelitian adalah karena alasan berikut:
1. Sesuai dengan materi pokok yang ada.
2. Peneliti adalah guru kelas VI, hal ini memudahkan peneliti dalam melaksanakan pen elitian.
3. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama semester I, kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika ini sangat rebdah.

Judul Penelitian Tindakan Kelas

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


4.1. Deskripsi Kondisi Awal
Pembelajaran pada prasiklus ini, penulis menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu dengan metode ceramah download ptk sd word. Guru mengawali pembelajaran dengan salam, dan memotivasi siswa, lalu meyampaikan materi. Selama pembelajaran berlangsung, guru menyampaikan materi sementara siswa mendengarkan, dan sesekali guru memberikan pertanyaan dengan maksud agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran. Tetapi guru sangat dominan dan memegang kendali penuh atas pembelajaran yang sedang berlangsung. Sehingga alur pembelajaran banyak dari atas ke bawah atau dengan kata lain informasi hanya searah yang menyebabkan interaksi antara siswa dengan guru kurang aktif judul ptk matematika sd
Interaksi antar siswa juga kurang karena dibatasi oleh domonasi guru. Siswa dalam belajar tidak ada bimbingan dari guru, siswa belajar sendiri setelah mendapatkan ceramah dari guru. Secara individu siswa belajar tanpa adanya alat peraga atau contoh penyelesaian soal. Di akhir pembelajaran guru langsung memberikan tugas kepada siswa

download ptk sd lengkap doc.
Pada minggu pertama bulan Maret 2011 diadakan evaluasi. Hasil evaluasi ini merupakan hasil belajar dari pembelajaran yang dilakukan secara konvensional, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, dan dalam menyampaikan materi guru menggunakan metode ceramah. Setelah selesai pembelajaran dilakukan evaluasi hasil belajar. Dari hasil evaluasi yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran tersebut menunjukkan dari 17 siswa, yang memperoleh nilai di atas KKM baru sejumlah 6 siswa (35%) dengan rata-rata nilai yang diperoleh 56,11.
Berdasarkan hasil observasi hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri ...........Kecamatan ...... sebelum dilaksanakan penelitian pada awal semester I tahun pelajaran 2011/2012, banyak siswa yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika. Hal tersebut mempengaruhi perolehan nilai ulangan siswa. Setiap evaluasi banyak siswa yang memperoleh di bawah KKM judul ptk matematika kurikulum 2013. KKM yang ditetapkan adalah 60, sehingga banyak siswa yang mengikuti program remidial. Hasil evaluasi sebelum diadakan tindakan penelitian dapat dijelaskan pada tabel 4.1 berikut ini.


DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006 Standar Isi. Jakarta: BSNP download ptk sd kelas 6 lengkap word
Hera Lestari Mikarsa, dkk. 2007. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: UT
IGAK Wardhani. Kuswaya Wihardit. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UT Karso, dkk. 2007. Pendidikan Matematika I. Jakarta: UT
Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Men gajar. Jakarta: Bumi Aksara
Max Darsono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Pres
S Nasution.2000.Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Men gajar. Jakarta: Bumi Aksara

Post a Comment for "CONTOH JUDUL PTK MATEMATIKA SD KELAS 6"