Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD MATEMATIKA SEMESTER 1

PENELITIAN TINDAKAN KELAS  SD MATEMATIKA SEMESTER 1-Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan sejauh mana penggunaan media bangun ruang dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada kompetensi dasar “Menghitung luas permukaan bangun ruang” untuk siswa kelas VI SD Negeri. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui media bangun ruang dengan metode eksperimen. Jumlah siswa 16 (6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan). contoh judul ptk matematika sd kelas 6  Sumber data dari penelitian ini berasal dari peristiwa belajar-mengajar Matematika dengan kompetensi dasar “Menghitung luas permukaan bangun ruang” di dalam kelas, guru dan dokumen yang berupa daftar nilai siswa kelas VI tahun ajaran 2012/2013. download ptk sd kelas 6 semester 1 Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, tes dan pemberian tugas mengerjakan soal. Prosedur penelitian meliputi identifikasi masalah, analisis masalah, pernyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan pengamatan dan penyusunan laporan. Proses penelitian dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus diliaksanakan dalam 2 pertemuan yang meliputi tindakan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi download ptk matematika sd.


PTK KELAS 4 SD KESEBANGUNAN SEMESTER 1

PTK SD KELAS III MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PBL

LAPORAN PTK SD MATEMATIKA KENAIKAN PANGKAT GURU

PTK MATEMATIKA

CONTOH JUDUL PTK MATEMATIKA SD KELAS 6

CONTOH PTK SD MATEMATIKA LENGKAP 2013

CONTOH PTK MATEMATIKA SD KELAS 5 SEMESTER 2

CONTOH PTK MATEMATIKA SD III PERKALIAN DAN PEMBAGIAN

DOWNLOAD PTK TERKINI MATEMATIKA SD

CONTOH LENGKAP PTK MATEMATIKA SD FILE DOC

CONTOH PTK MATEMATIKA SD KELAS III KURIKULUM 2013

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK MATEMATIKA SD/MI KURTILAS DOC




Berdasarkan data nilai ulangan siswa telah terjadi peningkatan rata-rata nilai mulai dari sebelum tindakan perbaikan pembelajaran (pra siklus), Siklus I dan Siklus II. Rata-rata nilai sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilaksanakan adalah 67,5, setelah tindakan perbaikan pembelajaran pada Siklus I rata-rata nilai menjadi 74,06 dan 79,37 pada Siklus II dengan KKM 60 download ptk sd lengkap doc semester 1.

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA BANGUN RUANG DENGAN METODE EKSPERIMEN SISWA KELAS VI SEMESTER 1 SD NEGERI TAHUN AJARAN 2011/2012
Untuk Mendapatkan File Lengkap dalam bentuk Word SMS/WA 0856-42-444-991 

PTK Matematika Semester 1 Kurikulum 2013

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan pengajaran. Ada dua konsep kependidikan yang terkait, yaitu belajar (learning) dan pembelajaran (instruction). Konsep belajar berakar pada pihak peserta didik dan konsep pembelajaran berakar pada pihak pendidik. download ptk sd kelas 5 lengkap word  (Depdiknas, 2003)

Berbagai usaha perbaharuan kurikulum, perbaikan sistem pengajaran, dan peningkatan kualitas kemampuan guru merupakan beberapa upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Banyak hal yang dapat ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya adalah bagaimana cara menciptakan suasana belajar yang baik, mengetahui kebiasaan dan kesenangan siswa dalam belajar sehingga guru dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat dengan situasi dan kondisi di dalam kelas.

Permasalahan yang umum terjadi dalam pembelajaran di SD adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Hal ini telah dibuktikan dengan rata-rata ulangan harian per pokok bahasan Matematika selalu hasilnya rendah, apalagi pada pokok bahasan tentang bangun ruang. Siswa kelas VI SD I hanya memperoleh nilai rata-rata 65 dengan KKM 60 ptk sd kelas 5 doc.

Kebanyakan siswa merasa jika materi bangun ruang merupakan materi yang sulit untuk dipelajari, padahal materi bangun ruang hanyalah membahas tentang menghitung volume bangun ruang dan menghitun jumlah luas seluruh sisi-sisi bangun ruang atau sering dikenal dengan istilah luas permukaan bangun ruang.

Faktor lain yang menyebabkan rendahnya hasil belajar Matematika adalah minat siswa untuk belajar Matematika sangat rendah. Hal itu terjadi karena ketika guru menyampaikan materi pembelajaran tidak disertai dengan media pembelajaan (alat peraga) justru hanya mengandalkan metode ceramah. Sehingga siswa tidak tertarik untuk mempelajari dan memahami materi contoh ptk sd kelas 4 Matematika. dengan sikap guru yang cenderung menggunakan metode pembelajaran yang bersifat monoton tanpa ada variasi dapat menimbulkan rasa kejenuhan bagi siswa dalam memperhartikan penjelasan dari guru.

Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, maka sudah sewajarnya jika seorang guru dituntut untuk menggunakan media dan metode pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran Matematika yang diajarkan.

Download Peneletian Tindakan Kelas  word document

BAB II
KAJ IAN PUSTAKA

2.1. Kajian Teori
2.1.1. Pengertian Luas Permukaan Bangun Ruang
Luas daerah permukaan bangun ruang adalah jumlah luas daerah seluruh permukaannya yaitu luas daerah bidang-bidang sisinya. download ptk sd word Pada pembelajaran Matematika di kelas V sudah dibahas tentang macam-macam bangun ruang yaitu kubus, balok, tabung, limas, prisma, kerucut dan bola. Akan tetapi, pada penelitian ini lebih difokuskan pada 3 bangun saja yaitu bangun kubus, balok dan tabung.

Ciri-ciri Kubus :
1. Jumlah bidang sisi ada 6 buah yang berbentuk bujur sangkar (ABCD, EFGH, ABFE, BCGF, CDHG, ADHE,)
2. Mempunyai 8 titik sudut (A, B, C, D, E, F, G, H)
3. Mempunyai 12 rusuk yang sama panjang (AB, CD, EF, GH, AE, BF, CG, DH, AD, BC, EH, FG)
4. Semua sudutnya siku-siku
5. Mempunyai 4 diagonal ruang dan 12 diagonal bidang (4 diagonal ruang = garis AG, BH, CE, DF 
12 diagonal bidang = garis ( AC, BD, EG, FH, AH, DE, BG, CF, AF, BE, CH, DG ) Volume (V) = s x s x s = s3
Luas permukaan = 6 x s x s = 6 s2
Keliling = 12 x s

Contoh PTK Matematika SD Lengkap Terbaru

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1. Setting dan Karakteristik Subjek Penelitian
3.1.1. Tempat Penelitian
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas VI SD ptk sd kelas 1 ipa pada semester 1 tahun ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran Matematika dengan materi pokok tentang bangun ruang contoh ptk matematika sd kelas 2.
Alasan yang mendasari penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Biyawak I, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka adalah hasil belajar Matematika siswa kelas VI di SD Negeri Biyawak I kurang memuaskan yaitu rata-rata ulangan harian siswa hanya mencapai nilai 65 dengan nilai KKM 60.
3.1.2. Waktu Penelitian
Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada :
a. Siklus I dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Oktober 2011 dengan alokasi waktu 2x35 menit ( 1 x pertemuan ) ptk matematika sd kelas 3.
b. Siklus II dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Nopember 2011 dengan alokasi waktu 2x35 menit ( 1 x pertemuan ).
3.1.3. Karakteristik Subjek Penelitian
Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Biyawak I Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka, semester I tahun 2011. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian sebanyak 27 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sedangkan mata pelajaran yang dijadikan fokus dalam penelitian adalah mata pelajaran Matematika dengan materi pokok bangun ruang ptk matematika sd kelas 4 pdf.
3.2. Variabel Penelitian
Variabel penelitian merupakan objek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian (Arikunto, 2002: 96). Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas atau variabel pengaruh dan variabel terikat atau variabel terpengaruh. Variabel bebas (variabel pengaruh) adalah variabel independent yang memungkinkan munculnya variabel-variabel lain, sedangkan variabel terikat (variabel terpengaruh) adalah variabel dependent yang merupakan akibat dari variabel bebas (Arnadi Arkan, 2008: 4).

PTK Matematika SD Kelas 1,2,3,4,5, dan 6

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1. Deskripsi Kondisi Awal
Sebelum diadakan penelitian pada tahap awal terlebih dahulu diadakan pengamatan terhadap subjek. Pengamatan berupa pelajaran biasa tanpa media pembelajaran sebanyak 1 kali pertemuan, selanjutnya diakhir pertemuan diadakan tes evaluasi dalam menghitung luas permukaan bangun ruang untuk yang pertama kali guna mendapatkan data tentang kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan ptk matematika sd kelas 1.

Metode dalam penelitian yang dilakukan terhadap upaya peningkatan hasil belajar siswa bidang studi Matematika difokuskan pada kompetensi dasar menghitung luas permukaan bangun ruang. Pada penelitian ini ditemukan ptk matematika sd kelas 6 doc data yang menunjukkan hasil belajar siswa dalam menghitung luas permukaan bangun ruang kurang memuaskan sehingga dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari tabel yang ada di bawah ini download ptk matematika sd :

Hasil analisis dari tabel 4.1 menunjukkan bahwa dari 27 siswa yang belum tuntas ada 8 siswa. Dari tabel tersebut juga dapat dilihat ketepatan siswa dalam menggunakan rumus yang baik 69 % dan yang cukup 31 %. Keterampilan menghitung yang baik 44 %, cukup 31 % dan kurang 25 %. Sedangkan dalam keruntutan menurunkan rumus yang baik 50 %, cukup 25 % dan kurang 25 % judul ptk matematika sd. 

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto,Suharsimi.201 0. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.Jakarta
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Kurikulum Tin gkat Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar. Jakarta.
Depdiknas. 2007. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.
Nur Aksin. 2007. Gemar Matematika 6 untuk kelas VI SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan. contoh proposal ptk matematika sd kelas 2
Rahmanelli. 2005. Skolar Jurnal Kependidikan. Vol 6. Nomor 2. Padang. UNP
Udin. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardhani,dkk. 2007 . Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )

Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / 1
Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi : 3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
Kompetensi Dasar : 3.1 Menghitung luas bangun ruang (kubus, balok dan tabung) 
Indikator : 3.1.1 Menentukan rumus luas bangun ruang.
3.1.2 Menghitung luas bangun ruang.
I. Tujuan Pembelajaran
- Melalui bimbingan guru dan alat bantu media bangun ruang, siswa dapat menentukan rumus luas bangun ruang dengan tepat.
- Melalui penjelasan guru, siswa dapat menghitung luas permukaan bangun ruang dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility ).
II. Materi Ajar
Bangun Ruang (Kubus, Balok dan Tabung)  contoh ptk sd kelas 5 kurikulum 2013
a. Kubus
Gambar Bangun Kubus dan Jaring-Jaring Bangun Kubus Ciri-ciri Kubus :
1. Jumlah bidang sisi ada 6 buah yang berbentuk bujur sangkar (ABCD, EFGH, ABFE, BCGF, CDHG, ADHE,) contoh judul ptk sd kurikulum 2013
2. Mempunyai 8 titik sudut (A, B, C, D, E, F, G, H)
3. Mempunyai 12 rusuk yang sama panjang (AB, CD, EF, GH, AE, BF, CG, DH, AD, BC, EH, FG) Semua sudutnya siku-siku
4. Mempunyai 4 diagonal ruang dan 12 diagonal bidang (4 diagonal ruang = garis AG, BH, CE, DF
12 diagonal bidang = garis ( AC, BD, EG, FH, AH, DE, BG, CF, AF, BE, CH, DG )
Volume (V) = s x s x s = s3
Luas permukaan = 6 x s x s = 6 s2 ptk sd kelas 5 doc
Keliling = 12 x s 

Post a Comment for "PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD MATEMATIKA SEMESTER 1"