Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA SD

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA SD-Salam sejahtera bagi Bapak atau ibu guru semua! Apa kabar? Bersama postingan kali ini kami ingin membagikan contoh ptk bahasa indonesia. Bagi guru SD yang saat ini akan memulai membuat penelitian tindakan kelas Bahasa indoensia bisa mempelajari pembahasannya. Sudah sejak lama kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajaran sudah diganti menjadi Kurikulum 2013 (kurtilas). PTK Bahasa Indonesia yang admin bagikan sudah menggunakan kurikulum 2013 sekolah dasar terbaru. Jadi bagi anda yang menemukan blog ini bisa bisa menjadikannya sebagai referensi dalam pembuatan penelitian tindakan kelas SD.

Penerapan Model CTL dengan Menggunakan Media Whatsapp Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II SD Selama Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020/2021

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa indonesia melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan menggunakan media Whatsapp Group. Penelitian ini dilaksanakan di SD di semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 pada siswa kelas II yang berjumlah 6  siswa contoh ptk sd di masa pandemi covid 19. 

Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), Tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection). Teknik pengambilan data penelitian dikerjakan dengan metode pengamatan dan percobaan hasil belajar, dengan mengaplikasikan lembar pengamatan dan uji formatif. Teknik analitik data yang dipakai ialah analitik kuantitatif, kualitatif contoh judul ptk sd masa pandemi. 


Prosentase ketercapaian KKM siswa pada prasiklus yaitu 50%, siklus I meningkat menjadi 66,67%, dan siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas pada Pra Siklus adalah 57,00, siklus I meningkat menjadi 65,00 dan siklus II meningkat 81,00. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjang dengan uji perbedaan poin uji penilaian formatif download ptk sd masa pandemi contoh ptk pembelajaran daring sd. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan menggunakan media Whatsapp Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan menggunakan media Whatsapp Group telah berhasil meningkatkan hasil belajar Bahasa indonesia siswa sehingga layak untuk diterapkan di SD. 

Contoh PTK Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Doc

Berdasarkan observasi yang peneliti laksanakan pada siswa kelas I. Berdasarkan refleksi awal ptk bahasa indonesia sd kelas 6 dengan tim kolaborasi menunjukkan bahwa pembelajaran masih belum optimal. Siswa belum bisa menulis dengan bahasa yang baku dan kosakata baku. Siswa  seringkali  mencampurkan  bahasa  yang  mereka  gunakan  sehari-hari dan mencampurkan bahasa daerah mereka contoh judul ptk di masa pandemi covid-19.

Selain dari siswa, guru masih belum menggunakan model dan media pembelajaran yang download ptk bahasa indonesia sd menarik perhatian dan melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, sehingga siswa kurang bersemangat dalam kegiatan pembelajaran dan pembelajaran belum berpusat pada siswa melainkan pada guru contoh ptk daring sd.

Oleh karena itu ptk bahasa indonesia sd kelas 6 semester 1, tantangan bagi seorang guru untuk dapat menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan mampu meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Penggunaan berbagai macam model pembelajaran yang merangsang minat siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran sudah mulai banyak dilakukan di sekolah-sekolah swasta ada juga ptk bahasa indonesia kelas 4.

Salah satu   model   pembelajaran   yang   lebih   banyak   digunakan   adalah  metode pembelajaran pemodelan.. Hasil dari penelitian ini adalah Pada pra siklus  mendapatkan persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 45% dengan kualifikasi tidak tuntas, kemudian meningkat pada siklus I yaitu menjadi 65% dengan kualifikasi tidak tuntas dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85% dengan kualifikasi tuntas. Hasil penelitian dan pembahasan menjelaskan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari pra siklus sampai siklus II contoh proposal ptk pembelajaran daring.

CONTOH PTK SD BAHASA INDONESIA UNTUK JURNAL

PTK BAHASA INDONESIA

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

PENELITIAN TINDAKAN KELAS TEMATIK SD KELAS II DOC0

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS III LENGKAP

PTK BAHASA INDONESIA SD KELAS 4

CONTOH LAPORAN PTK BAHASA INDONESIA SD KURTILAS TERBARU

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SD LENGKAP DOC

Hasil penelitian tersebut telah mencapai tiga indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran pemodelan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas I. PTK bahasa Indonesia ini diberi judul "Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Pembelajaran Pemodelan Pada Peserta Didik Kelas I Tahun Ajaran 2016/2017” ptk masa pandemi pdf

Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas Contoh Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Indonesia SD. Semoga PTK SD ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kelas 3 SD.

Kami menyediakan file dalam bentuk word untuk judul di atas. File PTK Bahasa Indonesia SD yang kami bagikan lengkap dari Cover sampai lampiran. Jadi bapak/ibu guru bisa menjadikannya sebagai REVERENSI. Kami tidak mendukung PLAGIATISME.

4 comments for "CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA SD"