Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMP DOC

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMP DOC-Penelitian tindakan kelas (PTK) Bahasa Indonesia SMP/MTs kali ini kami sajikan beberapa contoh penelitian tindakan kelas (PTK) bidang studi Bahasa Indonesia khusus untuk SMP kelas VII. Kami berikan tulisan ini untuk keperluan Anda bapak atau ibu guru SMP menyusun PTK untuk kepentingan kenaikan pangkat atau kepentingan lainnya. Penelitian pada bidang sastra lebih melibatkan aspek kualitatif, penelitian tindakan kelas Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII akan lebih banyak melibatkan aspek kuantitatif. Sebagai contoh, peningkatan model pembelajaran tertentu terhadap prestasi siswa harus dijelaskan dalam bentuk angka.

PTK SMP BAHASA INDONESIA KURANGNYA MINAT BACA ANAK

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMP CERITA FABEL KELAS 7

Referensi tentang PTK bahasa indonesia SMP yang kami upload lengkap dari cover sampai lampiran serta file yang kami berikan sudah berformat word document atau doc. Yang bisa Anda sesuikan dengan kebutuhan Anda. Banyak dijumpai referensi mengenai PTK bahasa indonesia smp kelas IX yang tersedia di internet yang bisa digunakan salah satu pemicu inspirasi untuk melakukan penelitian. Pekerjaan meneliti membutuhkan konsentrasi yang cukup menguras. Melakukan penelitian tindakan kelas melibatkan pekerjaan observatif dan klerikal yang menuntut fokus dan konsistensi. Kesibukan mengajar dan pekerjaan administratif lainnya juga berpotensi untuk mendistorsi fokus kita dalam melakukan PTK SD, PTK SMP, dan PTK SMA.

CONTOH PTK MTs KELAS VII, VIII, DAN IX

CONTOH PTK SMP LENGKAP TERBARU

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013

CONTOH PROPOSAL PTK BAHASA INDONESIA SMA LENGKAP

PTK BAHASA INDONESIA

PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONEISA K13 WORD DOC

DOWNLOAD CONTOH JUDUL PTK BAHASA INDONESIA SMK KURIKULUM 2013

DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA SMA

Tetapi juga banyak sekali file ptk bahasa indonesia atau sumber yang tidak bisa kita download dengan sempurna. Karena itulah kami ingin berbagi dan bertujuan untuk memudahkan Anda dengan memberikan berbagai contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bahasa indonesia yang sudah siap download. Kuncinya adalah pada niat dan fokus kita dalam melakukan PTK Bahasa Indonesia nantinya. Niat sebagai titik awal dari perjalanan menyusun PTK seringkali terdistorsi oleh rasa enggan dalam diri kita mengingat beban pekerjaan kita yang sudah sangat berat. Beban mengajar dan pekerjaan administratif lainnya seringkali membuat niat kita menyusun PTK menjadi terganggu ptk bahasa indonesia smp kurikulum 2013 doc.

Postingan kali ini sangat mempermudah bagi Anda dalam melakukan pemilihan karena disajikan berdasarkan satu mata pelajaran yaitu bahasa indonesia SMP dan MTS. Nah, berikut contoh judul-judul PTK bahasa indonesia SMP untuk Anda. Silahkan disimak:.

PTK Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013

  • PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KURANGNYA MINAT BACA ANAK PADA SISWA KELAS VII SMP TAHUN AJARAN 2017/2018


  • PENINGKATAN MINAT BACA SISWA TENTANG FABEL MELALUI MEDIA EBOOK DI KELAS VII A SMP NEGERI TAHUN AJARAN 2017/2018

  • PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBUAT IKLAN, SLOGAN DAN POSTER PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Meningkatan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Teknik Bercerita (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 9 SMP N Tahun Pelajaran 2016/2017)

Contoh PTK Bahasa Indonesia SMP Di Masa Pandemi Covid

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE MEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER PADA SISWA KELAS VIII SMPN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan materi teks iklan, slogan, dan pada pelajar kelas VIII SMPN di semester satu tahun pelajaran 2020/2021 dengan pemakaian media google meet di periode Pandemi Covid 19.

Riset ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membutuhkan waktu empat bulan minimum 2 siklus. Subyek pada kajian ini ialah 44 pelajar kelas VIII SMPN. Tehnik penghimpunan data hasil belajar pelajar dengan tehnik test. Tehnis analasis data ialah analitis data kuantitatif, yakni rerata nilai test hasil belajar pelajar.

Dari hasil kajian ini ialah jika dengan penggunaan media google meet bisa tingkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks iklan, slogan, dan pada pelajar kelas VIII SMPN, yang ditunjukkan berupa hasil belajar pelajar pada prasiklus prosentase tercapainya KKM 43,18% selanjutnya bertambah pada siklus I menjaadi 61,36% dan bertambah kembali pada siklus II jadi 88,64% dan nilai rerata kelas pada pra siklus nilai rerata pelajar ada pada angka 60,68 dengan 19 pelajar yang tuntas dari 44 pelajar. Pada siklus I nilai rerata kelas sejumlah 71,82 dengan 27 pelajar yang tuntas dari 44 pelajar, hasil ini belum capai persyaratan minimum ketuntasan ≥75, hingga perlu dilakukan siklus II. Pada Siklus II nilai rerata kelas pelajar telah capai persyaratan minimum ketuntasan ≥75% yakni pada angka 83,52 dengan 29 pelajar yang tuntas atau 88,64% dari 44 pelajar dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi teks iklan, slogan, dan poster.

Dapat disimpulkan penelitian ini adalah dengan menggunakan media google meet benar-benar efektif menambah hasil belajar pelajar pada pelajaran Bahasa Indonesia materi teks iklan, slogan, dan poster, hingga patut untuk diaplikasikan di SMPN.

Kata Kunci: bahasa Indonesia, google meet, hasil belajar

Pendidikan maerupakan segala pengaruh yang diusahakan sekolah kepada siswa yang diberikan kepadanya agar kedepannya siswa itu mempunyai kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh terhadap hubungan serta tugas sosial mereka (Mudyahardjo: 2010). 

Sarana dan prasarana di SMPN, sudah dapat dikatakan memadai. Pada mapel Bahasa Indonesia, sekolah telah memiliki buku-buku, dan fasilitas internet yang memadai sebagai pendukung kegiatan pembelajaran dimasa pandemi covid 19. 

Guru mata pelajaran Bahasa Indonsia di kelas VIII SMPN, telah melakukan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonsia dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran dimasa pandemi covid 19. Dari beberapa cara/media yang diaplikasikan, hasil belajar siswan kebanyakan belum memperlihatkan mencapai Persyaratan Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah, yakni ≥75.

Hasil belajar pelajar yang didapat pelajar dipandang mulai dari ranah kognitif, afektif, sampai psikomotor. Namun berdasarkan hasil observasi, terdapat suatu kekurangan yang ada dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks iklan, slogan, dan poster dimasa pandemi covid 19 pada siswa kelas VIII SMPN,  yaitu kurangnya keinginan drai siswa untuk mencari tahu informasi mengenai materi yang akan dipelajari. Disamping itu, kemampuan memecahkan persoalan siswa kurang dieksploitasi, maka tingkat potensi pemecahan permasalahan pelajar masih kurang. Murid kurang mengerti bagaimana cara dalam menuntaskan permasalahan.

Contoh PTK Bahasa Indonesia Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP) Kurikulum Prototype atau Prototipe

Implementasi proses pembelajaran dalam rangka pencapaian hasil belajar pelajar memang dibutuhkan beragam mode pembelajaran, sistem dan media evaluasi yang sesuai karakter tiap mata pelajaran. Selama ini lebih banyak sistem pembelajaran dan pendekatan pembelajaran baru yang dipandang lebih dapat untuk menampung dan memaksimalkan potensi dan karakter yang dipunyai murid yang pada akhirnya secara signifikan bisa memeberikan hasil belajar yang lebih bagus ptk bahasa indonesia Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP).

Salah satunya langkah yang bisa dipakai untuk tingkatkan hasil belajar pelajar di masa pandemi covid 19 ialah pemakaian media google meet pada pelajaran Bahasa Indonesia materi teks iklan, slogan, dan poster. Menurut Ronal Anderson, (1987: 104) mengemukakan mengenai beberapa tujuan dari pembelajaran memakai media google meet yakni meliputi tujuan kognitif, afektif, dan psikomotor.

Dengan begitu dalam pembelajaran yang memakai media google meet menuntut keaktifan pelajar secara optimal dalam memecahkan persoalan untuk mendapat informasi. Berdasar masalah- masalah yang ditemui oleh pelajar kelas VIII SMPN, periset mengaplikasikan pemakaian media google meet di periode pandemi Covid 19 akan menolong perbaikan proses pembelajaran untuk tingkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks iklan, slogan, dan poster di kelas itu ptk bahasa indonesia smp doc.

Sepanjang proses pembelajaran online, banyak kendala yang ditemui guru atau pelajar. Salah satunya kendala yang ditemui yakni pelajar kerap alami kesusahan dalam mendalami perintah dari guru. Apa lagi perintah itu cuman berbentuk tulisan yang umumnya dikirim lewat WhatsApp atau pesan singkat. Oleh karenanya guru dituntut untuk manfaatkan tehnologi yang ada supaya proses pembelajaran bisa terwujud saat pembelajaran online. Untuk capai proses pembelajaran yang dimaksud media yang bisa dipakai dalam mensiasati pembelajaran daring satu diantaranya yakni dengan memakai media google meet download ptk bahasa indonesia smp kelas 7 8 9.

Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII SMPN, siswa sering kali memilih untuk bersikap acuh ketika mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini tentu menjadi masalah bagi guru. Oleh karena itu,  guru diharapkan untuk dapat memberikan suasana belajar Bahasa Indonesia yang inovatif agar para siswa mampu mengikuti kegiatan belajar dengan baik dimasa pandemi covid 19 ini. 

Dari uraian tersebut, maka selaku guru Bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN, dengan latar belakang dari masalah-masalah yang dihadapi para siswa dalam proses mempelajari Bahasa Indonesia pada materi teks iklan, slogan, dan poster diambil kesimpulan untuk dilakukannya perbaikan proses pembelajaran dengan menggunakan media google meet di masa pandemi Covid 19 untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi teks iklan, slogan, dan poster  siswa kelas VIII SMPN contoh ptk bahasa indonesia tahun pelajaran 2022.


Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas Download Lengkap Contoh Ptk bahasa indonesia sd doc, judul ptk bahasa indonesia smp Kurikulum Prototype atau Prototipe. Semoga PTK bahasa indonesia SMP/MTS ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

10 comments for "DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMP DOC"

  1. Tlong sy mau download ptk bin k13 untuk jdi refrensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kunjungannya pak Herman Zuhdi Silahkan Hubungi ADMIN untuk lebih jelasnya

      Delete
  2. Tolong pencerahannya untuk PTK dengan judul UPAYA PENINGKATANHASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PUISI RAKYAT MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA SMP KELAS VII.

    ReplyDelete
  3. Tolong pencerahannya untuk PTK dengan judul UPAYA PENINGKATANHASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PUISI RAKYAT MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA SMP KELAS VII.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. KTSP ADA KURIKULUM 2013 JUGA ADA SILAHKAN HUBUNGI ADMIN

      Delete
  5. tlg admin brp jasa 2 ptk bindo smp k13

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa WA admin untuk lebih jelasnya, terimakasih

      Delete