Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013-Kali ini kami menuliskan beberapa contoh laporan penelitian tindakan kelas (PTK) bidang studi Bahasa Indonesia untuk jenjang SMA, SMK, dan MA. File doc yang dapat di download. Penelitian tindakan kelas (PTK) Bahasa Indonesia untuk jenjang SMA atau MA merupakan PTK baru dengan kurikulum 2013.

CONTOH PROPOSAL PTK BAHASA INDONESIA SMA LENGKAP

PTK BAHASA INDONESIA

PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONEISA K13 WORD DOC

DOWNLOAD CONTOH JUDUL PTK BAHASA INDONESIA SMK KURIKULUM 2013

DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA SMA


CONTOH PTK MTs KELAS VII, VIII, DAN IX

CONTOH PTK SMP LENGKAP TERBARU

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMP KURIKULUM 2013

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMP DOC

Semestinya PTK Bahasa Indonesia ini dilakukan dengan tujuan ideal.Namun demikian, melakukan penelitian tindakan kelas, dalam hal ini adalah PTK Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena PTK menuntut fokus kita sebagai guru yang sudah sangat sibuk dengan pekerjaan akademik, administratif, maupun pekerjaan lainnya. Kami juga menyediakan jasa penyusunan pembuatan laporan PTK maupun PTS. Bersama tim yang kami miliki diharapkan kami mampu membantu Anda bapak atau Ibu guru dalam mengerjakan PTK SD, PTK SMP, dan PTK SMA.

Tulisan ini bermaksud memberikan inspirasi ide atau gagasan bagi para guru yang hendak melakukan penelitian PTK Bahasa Indonesia di tingkat SMA/MA/SMK. Berikut adalah contoh PTK Bahasa Indonesia untuk Anda jadikan sebagai acuan dalam membuat penelitian tindakan kelas:

Contoh PTK Bahasa Indonesia SMA Terbaru Kelas X, XI, dan XII

  • “PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN COOPERATIVE TEACHING AND LEARNING METHODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI  DI KELAS X.IPA.1 MAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018”
PTK Bahasa Indonesia SMA Kelas X


  • UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI PEMBELAJARAN MODEL PEMISAH (WITHDRAWAL) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PTK Bahasa Indonesia SMA Kelas XI

  • PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUKAN SURAT KABAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN PADA SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI TAHUN AJARAN 2017/2018
PTK Bahasa Indonesia SMA Kelas XII


Contoh PTK Bahasa Indonesia SMA Di Masa Pandemi Covid

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI “TEKS PROSEDUR” DI MASA PANDEMI COVID 19 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Pada masa pandemi covid 19 ini, pemerintah melalui mentri pendidikan beusaha semaksimal mungkin untuk mencari solusi dalam menjaga keberlangsungan pendidikan ditanah air kita ini.  Mulai dari mengeluarkan kebijakan belajar daring (Dalam Jaringan), memberikan bantuan baik faselitas pendukung seperti alat elektronik yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar daring, hingga memberikan subsidi kuota bagi guru maupun peserta didik. Pendidikan merupakan suatu aspek yang sangat penting untuk memajukan sumber daya manusia suatu bangsa dan negara dari ketertinggalan, baik dalam ilmu pengetahuan maupun  teknologi. Pendidikan adalah sebagai usaha membina dan mengembangkan pribadi manusia, baik menyangkut aspek ruhaniah dan jasmaniah (Muhammad Takdir Ilahi, 2012:25) ptk bahasa indonesia sma untuk kenaikan pangkat.

Berdasarkan Hasil observasi awal ketika peneliti mengamati pelaksanaan kegiatan belajar mengajar seperti biasanya dikelas XI IPA 1, menunjukkan bahwa model pembelajaran konvensional yang biasa digunakan di kelas XI IPA 1 masih kurang efektif, yang mana pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru hanya menerangkan materi dan siswa mendengarkan melalui platform media sosial yang digunakan. Kemudian peserta didik mencatat materi yang diberikan oleh guru. Media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran pun hanya buku teks dalam bentuk file PDF yang dikirim melalui whatsapp sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Sehingga kegiatan belajar nampak tidak begitu menarik bagi siswa. Mayoritas pelajar jarang turut serta aktif dalam mengajukan pertanyaan atau mengungkapkan opini, meskipun guru berkali-kali memerintah murid untuk menanyakan bila ada beberapa masalah yang kurang jelas. Di saat guru menanyakan tidak ada satu juga pelajar yang coba ajukan pertanyaan, pelajar cuman termenung. Lebih lanjut, banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, hal ini terlihat ketika guru memanggil beberapa nama siswa, namun siswa tersebut tidak kunjung menjawab, ptk bahasa indonesia sma masa pandemi.

Dengan adanya permasalahan ini, guru/peneliti berusaha untuk menyelesai kan permasalahan tersebut, agar tidak mengganggu peroses kegiatan belajar mengajar. Untuk itu guru/peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi “Teks Prosedur” di Masa Pandemi Covid 19 Tahun Pelajaran 2020/2021, ptk bahasa indonesia sma daring”

Setelah dilakukan tindakkan, maka didapatkanlah kesimpulan bahwa Model Pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1. Hal ini terlihat pada data-data yang didapatkan selama melakukan tindakan. Pada siklus 1 nilai rata-rata peserta didik meningkat hingga mencapai 80,48. Sedangkan presentase ketuntasan peserta didik mencapai 80,95%. Pada tahap siklus II menunjukkan bahwa, hasil peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 semakin maksimal, hingga mencapai lebih dari 75% siswa lulus dalam tes. Nilai rata-rata siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri mengalami peningkatan hingga mencapai 86,90. Sedangkan presentase ketuntasan peserta didik masih mencapai 90,48%.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Picture and Picture,  XI IPA 1, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, SMA Negeri 

Contoh PTK Bahasa Indonesia SMA Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP) Kurikulum Prototype atau Prototipe 2022

Pada masa pandemi covid 19 ini, pemerintah melalui mentri pendidikan beusaha semaksimal mungkin untuk mencari solusi dalam menjaga keberlangsungan pendidikan ditanah air kita ini.  Mulai dari mengeluarkan kebijakan belajar daring (Dalam Jaringan), memberikan bantuan baik faselitas pendukung seperti alat elektronik yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar daring, hingga memberikan subsidi kuota bagi guru maupun peserta didik. Pendidikan merupakan suatu aspek yang sangat penting untuk memajukan sumber daya manusia suatu bangsa dan negara dari ketertinggalan, baik dalam ilmu pengetahuan maupun  teknologi. Pendidikan sebagai usaha membangun dan meningkatkan individu manusia, baik tersangkut faktor ruhaniah dan jasmaniah (Muhammad Takdir Ilahi, 2012:25). Berdasar Undang-Undang Republik Indonesia Bab I Pasal 1 No. 20 Tahun 2003 mengenai mekanisme pendidikan nasional disebut jika: Pendidikan ialah usaha sadar dan terencana untuk merealisasikan suasanabelajar dan proses pembelajaran supaya pelajar dengan aktif meningkatkan kekuatan dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan ,pengendalian diri, personalitas, kepandaian, adab mulia, dan ketrampilan yang dibutuhkan dirinya, masyarakat, negara dan bangsa (Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, 2003:2) contoh ptk bahasa indonesia sma kelas x Prototype atau Prototipe 2022.

Melalui proses belajar dalam lembaga pendidikan baik, formal maupun non formal, dapat merubah pola kehidupan manusia ke arah lebih baik. Pendidikan akan sanggup melahirkan manusia mempunyai potensi dan kreatif. Proses pendidikan yang bagus akan hasilkan buah pikiran cemerlang untuk mendapat kehidupan lebih pantas. Pendidikan sebagai keperluan mutlak yang perlu dikembangkan searah dengan tuntutan pembangunan. Tuntutan ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, download ptk bahasa indonesia sma kelas xii kurikulum Sekolah Penggerak (KSP).

Untuk mewujudkan keinginan ini, pemerintahan sudah memutuskan arah nasional pendidikan Indonesia seperti tertera dalam UU Republik Indonesia Bab II Pasal 3 Nomor 20 Tahun 2003 mengenai mekanisme pendidikan Nasional.Arah pengajaran nasional dirumuskan seperti berikut:
Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang MahaEsa, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu, sehat, cakap,kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis sertabertanggung jawab dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa (Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003:5).

Pendidikan juga merupakan suatu proses kegiatan pembelajaran pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan oleh pendidik melalui sebuah proses yang dinamakan proses pembelajaran. Pembelajaran ialah suatu peralihan sikap dan sebagai hasil praktek yang diulang-ulang. Pembelajaran bermakna jika subyek belajar harus dibelajarkan bukan diajarkan. Subyek yang diartikan ialah pelajar atau disebutkan pembelajar yang menjadi pusat aktivitas belajar. Pelajar sebagai subyek belajar dituntut untuk aktif cari, menemukan, menganalisa, merangkum, pecahkan permasalahan, dan mengaitkan satu permasalahan (Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa, 2013:18), ptk bahasa indonesia sma kelas xi.

Berdasarkan hal tersebut siswa diharapkan termotivasi dan senang melakukan serangkaian kegiatan belajar yang menarik dan bermakna sehingga proses kegiatan belajar tercapai di masa pandemi covid 19 ini. Agar proses kegiatan belajar mengajar tercapai tentunya juga harus didukung oleh pemilihan metode dan model pembelajaran yang tepat pula. Dengan demikian keberhasilan pembelajaran tercapai dengan baik. Untuk terwujudnya satu aktivitas pembelajaran karena itu benar-benar diperlukan satu implementasi mode pembelajaran. Penerapan model adalah suatu model yang diperaktekkan atau diterapkan pada siswa, salah satunya adalah model Picture and Picture, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis teks prosedur.

Model Picture and Picture merupakan salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Mode Picture and Picture adalah mode pembelajaran yang memakai gambar hingga bisa mengundang perhatian pelajar, khususnya pelajar kelas II yang menyenangi beberapa hal yang imaginatif. Menurut Suprijono model pembelajaranPicture and Picture merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar yang dipasangkan dan diurutkan menjadi urutan yang logis (Suprijono, Agus,  2011:125). Adapun salah satu kelebihan dari model pembelajaran Picture and Pictureadalah siswa dapat menangkap materi ajar lebih cepat karena guru menunjukkan gambar-gambar dari materi yang ada. 

Berdasarkan Hasil observasi awal ketika peneliti mengamati pelaksanaan kegiatan belajar mengajar seperti biasanya dikelas XI IPA 1, menunjukkan bahwa model pembelajaran konvensional yang biasa digunakan di kelas XI IPA 1 masih kurang efektif, yang mana pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru hanya menerangkan materi dan siswa mendengarkan melalui platform media sosial yang digunakan. Kemudian peserta didik mencatat materi yang diberikan oleh guru. Media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran pun hanya buku teks dalam bentuk file PDF yang dikirim melalui whatsapp sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Sehingga kegiatan belajar nampak tidak begitu menarik bagi siswa. Mayoritas pelajar jarang turut serta aktif dalam mengajukan pertanyaan atau mengungkapkan opini, meskipun guru berkali-kali memerintah pelajar untuk menanyakan bila ada beberapa masalah yang kurang jelas. Di saat guru menanyakan tidak ada satu juga pelajar yang coba ajukan pertanyaan, pelajar cuman terdiam. Lebih lanjut, banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, hal ini terlihat ketika guru memanggil beberapa nama siswa, namun siswa tersebut tidak kunjung menjawab. 

Guru juga menjumpai banyak siswa yang bersikap malas, tidak percaya diri dalam mengerjakan soal-soal latihan dan hasil belajar sangat tidak memuaskan. Persoalan itu memperlihatkan jika pelajar kurang aktif saat pembelajaran berjalan, seperti di saat diskusi kelompok, mengajukan pertanyaan, mengerjakan pekerjaan, dan memerhatikan keterangan dari guru. Pelajaran bukan hanya dapat terwujud dengan mendengarkan dan menulis saja, masih perlu keterlibatan pelajar dalam aktivitas lain, seperti bertanya, mengerjakan tugas individu atau kelompok, mengerjakan tugas rumah, dan berani ajukan diri dalam berpendapat atau menerangkan suatu hal yang disuruh oleh guru. Ini terkait dengan mode yang diaplikasikan oleh guru pada proses pembelajaran itu.

Model konvensional yang sering diterapkan guru SMA Negeri termasuk juga diri peneliti, kurang meningkatkan hasil belajar siswa, termasuk juga hasil belajar untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diempu oleh peneliti. Oleh karenanya, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dengan menggunakan media yang menarik selama proses pembelajaran, seperti penggunaan media gambar dalam pembelajaran. 

Dengan mencermati uraian yang dipaparkan diatas, peneliti mencoba menerapkan model Picture and Picture dalam kegiatan belajar mengajar di kelas XI IPA 1 SMA Negeri, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia agar dapat tercapai dengan baik dan membuat siswa aktif belajar. 

Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas Download Contoh PTK Bahasa Indonesia SMA/MA Kurikulum 2013, contoh ptk bahasa indonesia sma terbaru. Semoga PTK Bahasa Indonesia SMA/MA ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

12 comments for "DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013"