Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD PTK PKN SD FORMAT DOC LENGKAP

DOWNLOAD LENGKAP CONTOH  PTK PKN SD FORMAT DOC-Ketemu kembali dengan blog kami saat ini, admin akan berikan beberapa contoh PTK (penelitian tindakan kelas) bidang studi pendidikan kewarganegaraan (PKn) untuk Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kami berikan tulisan ini untuk keperluan Anda bapak atau ibu guru SD menyusun PTK untuk kepentingan kenaikan pangkat atau kepentingan lainnya.

Kami berharap PTK PKn SD pada tulisan ini lebih memudahkan Anda dalam menyusun penelitian tindakan kelas nantinya. Jika Anda hendak mencari contoh judul dan isi lengkap PTK SD Anda dapat mendownloadnya di sini klik pada link download katalog judul. Referensi tentang PTK bahasa indonesia SD ini lengkap dari cover sampai lampiran serta file yang kami berikan sudah berformat word document atau doc. Yang bisa Anda sesuikan dengan kebutuhan Anda.

DOWNLOAD CONTOH PTK PKN SD KURIKULUM 2013 DOC

DOWNLOAD CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD

CONTOH PTK PKN SD KELAS 5 KURIKULUM 2013

DOWNLOAD CONTOH PTK SD PKN LENGKAP KELAS V

PENELITIAN TINDAKAN KELAS SD PKN KURIKULUM 2013

CONTOH PTK PKN KELAS 5 SD LENGKAP DOC

PTK PKN LENGKAP

PTK PPKN

PTK SD PKN UNTUK KENAIKAN GOLONGAN GURU

Banyak sekali referensi mengenai PTK ini yang tersedia di internet yang bisa digunakan salah satu contoh untuk melakukan penelitian. Tetapi juga ada sumber yang tidak bisa kita download dengan sempurna karena hanya pancingan untuk meng-klik iklan. Karena itulah kami ingin berbagi dan bertujuan untuk memudahkan Anda dengan memberikan berbagai contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PKn yang sudah lengkap siap download. Postingan kali ini sangat mempermudah bagi Anda dalam melakukan pemilihan karena disajikan berdasarkan satu mata pelajaran yaitu Pendidikan kewarganegaraan SD. Di bawah ini adalah beberapa contoh PTK PKn SD untuk acuan Anda..

Download Contoh Lengkap PTK PKn Kurikulum 2013

  • PENGGUNAAN STRATEGI INDEX  CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL  BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn  DENGAN TEMA MENGENAL SIMBOL-SIMBOL  PANCASILA  DALAM LAMBANG NEGARA PADA PESERTA DIDIK  KELAS 2017/2018

  • PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI KEBERAGAMAN EKONOMI DI KELAS VI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA BERMAIN DI LINGKUNGAN KU SUB TEMA 1 BERMAIN DI LINGKUNGAN RUMAH PEMBELAJARAN 6 KELAS II DENGAN METODE BERMAIN PERAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn TEMA BUMIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS VI SD TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Contoh PTK PKN/PPkn SD Di Masa Pandemi Covid

Peningkatan Hasil Belajar Tematik dengan Muatan PKn Tema Perkembangan Teknologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Siswa Kelas III SD Negeri Tahun Pelajaran 2019/2020”
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas III B SD Negeri, contoh ptk pkn sd kelas 4 lengkap. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang sudah dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Design riset ini memakai mode Kemmis dan McTaggart yang terdiri dalam rencana, penerapan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas III B SD Negeri, pada semester II tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar tematik muatan PPKn tema perkembangan teknologi melalui model pembelajaran TTW. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi, ptk pkn sd kelas 5 doc. Data hasil penelitian ini dikaji dengan tehnik deskriptif kualitatif untuk menganalisa hasil pengamatan, deskriptif kuantitatif untuk menganalisa hasil penilaian.

Pembelajaran tes dengan menggunakan metode TTW dapat meningkatkan hasil belajar tematik muatan PPKn tema perkembangan teknologi pada siswa kelas III B SD Negeri. Peningkatan hasil belajar tematik muatan PPKn tema perkembangan teknologi siswa kelas III B SD Negeri dapat dilihat dari nilai tes siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II yang meningkat. Nilai rata-rata nilai pada siklus I sebesar 73,65 meningkat menjadi 83,91 pada siklus II. Pada siklus I nilai tes siswa kelas III B SD Negeri nampak suatu perbedaan dengan hasil siklus I. Dari 23 siswa hanya 18 siswa saja (78,26%) yang mendapat nilai sesuai KKM. Kemudian setelah tindakan siklus II meningkat menjadi menjadi 23 siswa (100%). Penggunaan model pembelajaran TTW pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 70 dan ketuntasan klasikal sebesar 85% sehingga proses pembelajaran menggunakan metode TTW berhasil.
Kata Kunci: Model Think Talk Write, Hasil Belajar, contoh ptk pkn kelas 1 sd

Aktivitas pembelajaran sebagai aktivitas interaksi edukatif yang penuh arti tanpa kehampaan. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut ditanamkan sejumlah norma kedalam setiap peserta didik sebagai bekal hidup di masa depan.

Aktivitas pembelajaran sebagai satu keadaan yang disengaja dibuat oleh guru untuk membelajarkan peserta didik. Proses pembelajaran sebagai kombinasi dua elemen manusia yang sama-sama lengkapi dengan manfaatkan bahan pelajaran sebagai medianya untuk bertindak dengan maksimal hingga arah pembelajaran yang telah ditetapkan bisa terwujud.

Sebagai seorang guru peneliti telah berusaha membuat proses pembelajaran yang bisa menghantarkan peserta didik pada tujuan. Peneliti sudah berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang dapat mengantarkan peserta didik pada tujuan penelitian sudah berusaha menciptakan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan bagi peserta didik ptk pkn kelas 5 sd semester 1. Peneliti juga mengetahui jika proses pemelajaran yang tidak menyenangkan untuk peserta didik akan mengakibatkan proses pembelajaran tidak selaras yang sekaligus jadi hambatan terwujudnya arah pembelajaran.

Contoh PTK PKn SD Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP) Kurikulum Prototype atau Prototipe 2022

Tetapi usaha penelitian dalam mengatur aktivitas pembelajaran sejauh ini hasilnya belum sesuai keinginan peneliti. Karena lewat pelajaran belum sukses dikuasai dengan maksimal oleh murid. Karena kesuksesan aktivitas pembelajaran diperlihatkan dengan dikuasainya materi pembelajaran oleh pelajar. Terwujudnya tujuan pembelajaran itu bisa diukur lewat test hasil belajar.Temuan di lapangan tempat peneliti bertugas menunjukkan adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan.

ptk pkn sd masa pandemi  Pada studi awal untuk pembelajaran tematik muatan PPKn tema perkembangan teknologi menunjukkan tingkat penguasaan siswa kurang optimal. Pada studi awal melalui tes formatif pembelajaran PPKn tema Perkembangan Teknologi sub tema perkembangan teknologi produksi pangan menunjukan rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yaitu dari 23 siswa kelas III B baru 11 siswa atau 47,83% yang mencapai tingkat penguasaan materi yang ditunjukkan dengan perolehan nilai tes formatif 70 atau lebih. Apabila ini dibiarkan, akan berdampak kurang baik bagi proses dan hasil belajar siswa selanjutnya kurikulum sekolah penggerak. Sadar akan keadaaan itu, peneliti coba lakukan usaha perbaikan pembelajaran lewat penelitian tindakan kelas (PTK) kurikulum prototype.

Berdasar rincian itu, peneliti mengetahui betapa pentingnya identifikasi itu dan refleksi diri, hingga kita mengetahui beberapa kekurangan sejauh ini. Hakekat pelajaran PPKn sebagai produk dan proses. Berdasarkan hakekat tersebut dalam proses pembelajaran dituntut agar hasil belajar siswa dapat memenuhi hakekat tersebut, sebagai produk diharapkan setelah kegiatan pembelajaran selesai siswa memahami pengetahuan tentang fakta-fakta, konsep-konsep dan pengertian PPKn. Sebagai proses sesudah pembelajaran selesai murid diharap bisa meningkatkan keahlian-keterampilan dan beberapa sikap yang dibutuhkan untuk capai pengetahuan itu proposal pkn sd kurikulum prototipe 2022.

Peneliti telah berusaha dengan segenap kemampuan yang peneliti miliki untuk mengelola kegiatan pembelajaran PPKn dalam mencapai tujuan pembelajaran. Saat proses pembelajaran berjalan peneliti sudah mengemukakan konsep-konsep dengan begitu jelas dengan beberapa tahapan yang sistematis. Dengan penuh semangat peneliti menerangkan materi dengan beberapa contoh yang peneliti tuliskan di papan tulis. Anak-anak duduk dengan tenang dengarkan keterangan guru. Mereka juga terlihat benar-benar mengikuti proses pembelajaran, sampai proses pembelajaran usai tidak satu juga anak-anak menanyakan. Peneliti telah meyakini jika anak-anak sudah memahami materi yang peneliti berikan kurikulum KSP sekolah penggerak.

Setelah itu peneliti berunding dengan supervisor untuk mengenali beberapa kekurangan dari pembelajaran yang sudah peneliti kerjakan sejauh ini. Hasil dialog terkuak dengan adanya permasalahan seperti berikut : contoh ptk sd kurikulum 2013
1. Penguasaan siswa terhadap materi pelajaran rendah.
2. Siswa tidak tertarik dengan metode yang digunakan guru.
Berdasarkan hasil diskusi dengan teman sejawat dan identifikasi masalah ditemukan beberapa faktor penyebab mengapa minat dan prestasi siswa dalam pembelajaran PPKn rendah, hal tersebut menyebabkan siswa sulit dalam memahami pembelajaran tematik muatan PPKn pada tema perkembangan teknologi dengan kompetensi dasar menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar. Faktor penyebabnya adalah sebagai berikut : download ptk pkn kelas 6 sd
1. Topik atau materi pelajaran yang diberi guru kurang memikat didalami pelajar.
2. Metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi kurang bervariasi.
3. Keterbatasan media yang dimiliki sekolah.
4. Bapak ibu Guru kurang memberikan penguatan atau pujian atas prestasi akademik dan tingkah laku sosial mereka.
Dengan memperhatikan akar masalah tersebut di atas, atas saran supervisor, saya memilih alternatif pemecahan masalah melalui penerapan metode Think Talk Write dengan harapan:
1. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang nyata tentang makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
2. Siswa memperoleh pengalaman belajarnya sendiri tentang makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar download ptk pkn kelas 3 sd.

Terima kasih telah berkunjung di blog Kami yang membahas Download Contoh Lengkap PTK PKn sd Format doc Contoh PTK PKn Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP). Semoga PTK pendidikan kewarganegaraan SD/MI ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

2 comments for "DOWNLOAD PTK PKN SD FORMAT DOC LENGKAP"